Apakah Anda sudah membaca artikel sebelumnya tentang konten evergreen yang manfaatnya bagus untuk meningkatkan traffic website secara lifetime? Jika belum, Anda bisa membacanya terlebih dahulu. Kemudian, baca juga Trik Menulis Artikel Evergreen yang Bisa Mendatangkan Traffic Tinggi. Kalau sudah, baru kembali ke artikel ini untuk mencari tahu, tema konten evergreen agar traffic web meningkat tahun ini

 

Pada artikel yang Redcomm knowledge sediakan kali ini, akan disertai pula dengan berbagai contoh tema konten evergreen yang perlu Anda tuliskan tahun ini. Tujuannya, agar traffic website semakin tinggi dan semakin membuka peluang mendatangkan konversi dan meningkatkan penjualan.

 

Sekilas Tentang Konten Evergreen untuk Website Bisnis

Konten evergreen merupakan artikel populer atau halaman permanen yang ada di dalam situs, tak terkecuali situs bisnis digital marketing agency yang Anda miliki. Jenis konten ini akan dengan konsisten menyumbangkan traffic ke website. Sebab, dalam artikel tersebut terdapat jawaban yang memang dicari oleh pengguna internet sepanjang waktu. 

 

Konten evergreen juga cocok untuk website berbagai industri, baik itu business to business (B2B) atau business to consumer (B2C). Nah, supaya bisa membuat konten evergreen, Anda harus mengetahui apa saja topik konsisten yang disukai oleh para pengunjung di website Anda. Kemudian, Anda harus segera menuliskannya, sehingga setelah di-publish, para pembaca bisa mencari artikel tersebut.

 

Strategi untuk Menemukan Topik Konten Evergreen yang Bisa Meningkatkan Trafik

Di bawah ini adalah strategi yang bisa dimanfaatkan jika Anda bersama tim digital marketing agency Indonesia ingin menemukan topik konten evergreen yang sesuai.

 

 

  1. Lakukan Riset Kata Kunci

Melakukan riset kata kunci bukan hanya bagus untuk search engine optimization atau SEO saja, namun bisa menunjukkan minat terhadap topik yang ada hubungannya dengan industri atau bisnis Anda. Nantinya, riset kata kunci bukan hanya menunjukkan jumlah terperinci dari para pengguna yang menelusuri istilah-istilah tersebut. Ya, Anda juga jadi bisa tahu kapan mereka menelusurinya. 

 

Dari hasil riset keyword, lakukan pula analisis long tail keyword, agar pengembangan konten evergreen Anda semakin luas dan bisa menjangkau lebih banyak audiens. Selain itu, juga akan sangat manjur dalam mendapatkan posisi di SERP atau mesin pencari besar seperti Google. Satu lagi, cari tahu pula, apakah kata kunci yang sudah Anda dapatkan tersebut merupakan topik bahasan sepanjang tahun dan berulang, atau hanya pada momen tertentu. 

 

Contoh:

  • Keyword utama: digital marketing
  • Long tail keyword: pengertian digital marketing, tips strategi digital marketing efektif, digital marketing agency terbaik, cara kerja digital marketing, jasa digital marketing, digital agency khusus marketing, dan sebagainya. 
  • Time: sepanjang tahun.

 

  1. Melakukan Riset Kompetitor

Menyalin atau meniru konten milik kompetitor adalah hal yang terlarang. Namun, Anda bisa memanfaatkan konten pesaing untuk mendapatkan ide dalam membuat konten evergreen. Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk melakukan riset SEO dari kompetitor. Misalnya saja, seperti Moz, Ahrefs, dan Majestic. Tool yang dipilih akan menunjukkan halaman mana dari situs pesaing yang mendapatkan backlink terbanyak, traffic, dan sebagainya.

 

Lihat apa saja poin penting yang ada dalam artikel tersebut dan temukan kelemahan yang tidak disadari oleh kompetitor. Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan. Jika halaman yang pesaing tulis sudah sangat baik dan informatif, coba cari bagian mana dari artikel tersebut yang sebenarnya masih perlu dikembangkan. 

 

Akan tetapi, jika terdapat banyak kesalahan pada artikelnya, Anda punya kesempatan untuk membuat konten evergreen yang lebih baik untuk website digital business Anda. Pakailah kata kunci yang paling ideal dan tepat, sehingga hasilnya bisa membuat traffic meningkat dan kunjungan ke situs web pun jadi lebih banyak.

 

Contoh

 

 

  1. Siapkan Halaman Tanya Jawab untuk Pertanyaan Umum

Membiasakan bekerja menggunakan long tail keywords akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk artikel yang ditulis. Salah satu kata kunci long tail yang bisa Anda terapkan adalah pertanyaan dari pembaca Anda. Oleh karena itu, membuat konten evergreen bertema questions and answers (Q&A) di website Anda. 

 

Lalu, berikan jawaban dalam bentuk artikel atas semua pertanyaan yang sering atau yang paling umum ditanyakan pelanggan pada bisnis Anda. Karena bisa jadi calon konsumen atau pengunjung lain pun memiliki pertanyaan yang sama. Maka, temukan menemukan beberapa pertanyaan tersebut, dan buatkan artikel mendetail mengenai jawabannya. Ini merupakan salah satu tema konten evergreen yang akan selalu dicari dan dibuka pelanggan yang baru mengunjungi situs Anda. Jangan lupa, lakukan optimasi konten secara berkala.

 

  1. Lakukan Pencarian Terkait

Saat Anda menelusuri topik konten yang selalu menarik, kelak Anda bisa saja menemukan beberapa topik yang volume pencarian atau competition-nya rendah. Ini bisa disebabkan karena tidak banyak yang ingin menuliskan tema tersebut. 

 

Nah, ketika Anda melihat peluang pada topik tersebut, namun tak cukup mendapatkan informasi dari fitur penelusuran. Anda bisa melihat pada bagian bawah halaman dari hasil mesin pencari, ada bagian yang tertulis ‘pencarian terkait dengan’ disertai munculnya beberapa frasa yang bisa jadi pertanyaan serupa, namun lebih bervariasi. Anda bahkan bisa menemukan beberapa yang lebih spesifik.

 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda sedang menyiapkan konten evergreen. Membuat konten bagus memang memerlukan riset yang cukup dalam. Karena bisa saja Anda sudah menemukan beberapa topik yang paling memenuhi syarat dari konten evergreen yang dibahas sebelumnya, namun belum memiliki cukup data dan informasi yang akan membantu Anda memiliki konten yang everlasting.

 

 

Anda harus ingat jika traffic yang dimiliki bukan hanya berhubungan dengan tipe konten yang Anda punya, tetapi juga berhubungan dengan seberapa bagus Anda bisa membuat konten pada situs web dan seperti apa peringkatnya di mata Google?

 

Apabila Anda ingin membuat konten yang sangat kompetitif, maka perhatikan semua artikel yang sudah tayang, baik itu untuk membuat konten evergreen atau bukan. Sebab, Anda harus menulis dengan bagus dan selengkap mungkin. Bahaslah topik tersebut secara mendalam agar bisa membuat pembaca merasa jika apa yang mereka butuhkan ada dalam artikel yang Anda dan tim digital agency Jakarta rancang.

 

Jika perlu, masukkan banyak referensi dan grafik yang menarik. Kemudian pilih gambar terbaik yang bisa dicantumkan, memakai keyphrase, dan juga sinonimnya. Membuat konten evergreen untuk website ini memang sangat menantang. Teruslah berlatih hingga Anda terbiasa membuatnya. Anda juga bisa bekerja sama dengan tim digital marketing agency Jakarta untuk menemukan konten evergreen terbaik bagi situs Anda.