1. Realtime
Anda bisa memeriksa matriks realtime website menggunakan fitur ini. Caranya: masuk ke menu Realtime → Overview. Saat ada pengunjung yang membuka web Anda, device atau aplikasinya akan terekam langsung.
Data yang bisa Anda lihat dalam fitur ini, antara lain:
- Jumlah user yang sedang membuka situs Anda saat itu.
- Pembagian pengguna berdasarkan perangkat yang digunakan, apakah menggunakan desktop atau smartphone.
- Data page view per detik dan per menit, top referral, top keyword, top locations, dan top active pages.
Semua data di atas bisa Anda lihat dengan mudah karena tampilan Google analytics memang user friendly. Jika ingin tampilan yang lebih lengkap, masuk saja ke submenu yang tersedia pada bagian realtime untuk mempelajari lebih lanjut.
2. Audience Demographics
Anda bisa mengetahui siapa saja yang mengunjungi website dan dari mana asal mereka dengan melihat pada bagian audience demographics. Bahkan Anda bisa tahu topik bahasan yang diminati pengunjung website. Caranya, masuk ke Audience → Overview.
Pada fitur menu ini, Anda bisa menemukan data, seperti:
- Jumlah pengguna dan sesi untuk masing-masing pengguna selama berada di dalam website.
- Banyaknya tayangan halaman dan jumlah halaman yang dibuka per pengguna.
- Bounce rate yang merupakan dampak dari keseluruhan aktivitas pengunjung di website Anda.
Jika ingin mengetahui jenis kelamin dan usia dari audiens, cukup klik Audience → Demographics. Sementara, kalau Anda juga ingin tahu tentang topik yang audiens sukai, bisa memilih Audience → Interests.
3. Visitor Behaviour
Visitor behavior atau perilaku pengunjung menjadi tempat untuk memetakan interaksi pengunjung dengan konten yang ada di situs bisnis Anda. Cukup masuk ke Audience → Behaviour.
Pada bagian ini, Anda bisa melihat seperti apa respons audiens untuk tiap halaman website. Beberapa data penting yang perlu Anda tahu, antara lain:
- Data pengunjung baru vs pengunjung lama.
- Engagement, frekuensi, dan keterkinian.
- Kualitas sesi, dan kemungkinan konversi.
4. Overall Traffic
Aspek lain yang penting untuk Anda ketahui dari data di analitik Google, yaitu jumlah traffic website dalam jangka waktu tertentu, serta seberapa populer website Anda di mata pengguna internet.
Hanya saja, Anda perlu tahu bahwa ada perbedaan antara jumlah traffic dengan jumlah pengunjung unik. Keduanya berbeda. Untuk jumlah pengunjung unik, hitungannya adalah berapa kali halamannya dibuka pengunjung.
Jadi, ketika seorang pengunjung membuka halaman Anda sampai 20 kali, maka itu akan dihitung juga. Secara detail, Anda bisa melihat pada menu Acquisition → All Traffic. Nanti di bawahnya ada banyak pilihan, seperti treemaps, channel, source, dan juga referrals.
5. Sumber Traffic atau Traffic Source
Banyak cara untuk menemukan website Anda, dimulai dari mengetikkan alamat website di address bar, melalui mesin pencari, lewat iklan, atau melalui backlink di website lain.
Nah, perjalanan pengguna untuk sampai ke website Anda bisa dilacak dengan menggunakan Google Analytics, sekaligus mengevaluasi sumber traffic website.
Data analitik juga bagus digunakan sebagai bahan pertimbangan ketika Anda hendak membuat strategi untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Ingin melihat traffic website secara lengkap? Anda tinggal klik Acquisition → All Traffic → Channels.
6. Kecepatan Website
Pada banyak artikel di Redcomm Knowledge, sebenarnya sudah sering disebutkan kalau kecepatan website memegang peranan besar untuk menentukan kinerja situs web secara keseluruhan.
Jika proses loading website cepat, maka website Anda memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari Google, keyword yang dibidik bisa mendapatkan ranking bagus, mendatangkan lebih banyak pengunjung, dan memperbesar kemungkinan terjadinya konversi.
Anda bisa memeriksa kecepatan website dengan cara klik Behaviour → Site Speed. Apabila ingin tampilan yang lebih simple, maka pilih saja menu Ringkasan atau Overview.
Setelah tahu manfaat, istilah, dan cara membaca data di Google Analytics, pastinya Anda juga ingin tahu perilaku pengunjung yang mengunjungi situs web bisnis Anda itu seperti apa, kan? Kalau iya, cari tahu dulu Indikator di Google Analytics untuk Analisis Behaviour Pengunjung Website.
Jika masih ada hal yang ingin Anda tahu, seperti cara meningkatkan kualitas website bisnis dan menambah traffic ke website, berdiskusi dan bekerja sama saja dengan digital marketing agency Indonesia atau digital marketing agency Jakarta yang memiliki tim profesional dan berpengalaman dalam bidang creative agency websites, internet marketing services, search engine marketing, local advertising, dan sebagainya.