Sebagai pemilik website, terutama Anda yang menerapkan digital marketing websites, tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan jika ingin mendapatkan banyak pengunjung atau traffic setiap hari. Karena dengan banyak pengunjung yang didapat, Anda berkesempatan untuk lebih banyak lagi mendapatkan konversi pembelian dari produk atau layanan Anda. 

 

Selain itu, dengan banyaknya lalu lintas pengguna masuk ke situs Anda, maka hal tersebut bisa membuka jalan bagi Anda untuk melakukan pemasangan iklan di website. Otomatis, keuntungan atau pendapatan Anda pun dapat semakin bertambah. Oleh karena itu, saat Anda membuat website digital companies, pelajari hal-hal penting seperti cara membuat tampilan situs Anda menarik. 

 

Di saat yang sama, pelajari pula mengenai behaviour pengunjung website Anda. Karena dengan mengetahuinya, Anda jadi mendapatkan informasi yang lebih detail terkait pengunjung website yang bisa jadi adalah calon pelanggan potensial. Dari data tersebut nantinya Anda bisa mendapatkan ide untuk menyajikan informasi lain yang dibutuhkan oleh pengunjung. 

 

 

Indikator di Google Analytics untuk Analisis Behaviour Pengunjung Website

Nah, untuk mengetahui perilaku pengunjung web, Anda membutuhkan tools. Salah satunya yang gratis dan bisa Anda gunakan adalah akun Google analytics. Tools ini dapat membantu Anda dalam menganalisis behaviour audience. Agar lebih mudah memahami rangkaian data yang disajikan di dalam Google analytic, berikut beberapa indikator atau pilihan menu yang perlu Anda ketahui.  

 

  1. Periksa Behaviour Flow Report

Ada bagian pada Google analytics yang seringkali diabaikan oleh para pemilik website yang juga pengguna Google analytics, yaitu behaviour flow report. Padahal dari bagian inilahAnda bisa mempelajari perilaku pengunjung. Data yang disajikan dalam behaviour flow report memungkinkan Anda mempelajari pergerakan pengunjung yang datang ke website Anda, mulai dari halaman yang pertama kali mereka datangi hingga halaman terakhir yang kemudian mereka tinggalkan. 

 

Bagaimana cara menemukan behaviour flow report pada akun Google analytic yang Anda miliki? Pertama, Anda perlu masuk ke akun Google analytic yang Anda miliki, lalu pilih reporting tab, dan klik menu behaviour flow report yang ada pada sidebar. Dengan menganalisis perilaku pengunjung, Anda bisa mengetahui halaman mana yang terakhir kali dikunjungi sebelum mereka meninggalkan website Anda. Bukalah halaman tersebut dan perhatikan seluruh elemen yang ada, siapa tahu ada hal-hal yang perlu Anda perbaiki.

 

 

  1. Ketahui Sumber Traffic Populer

Pengunjung website bisa saja mengetahui website Anda dari berbagai sumber, seperti dari media sosial, mesin pencari, dan lain sebagainya. Google analytic juga mampu menjadi sumber informasi terkait dari mana traffic paling populer berasal. Data ini bisa Anda lihat pada bagian akuisisi

 

Informasi mengenai sumber traffic penting untuk Anda ketahui dan pelajari karena inilah yang nanti perlu Anda maksimalkan penggunaannya untuk membuat website Anda semakin populer. Misalnya sumber traffic berasal dari Facebook, maka Anda perlu lebih rajin lagi mempublikasikan web maupun konten di media sosial tersebut demi meningkatkan kedatangan pengunjung sehingga traffic semakin tinggi. 

 

Behavior Pengunjung menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam pengembangan website karena Anda bisa mengetahui mana yang disukai dan tidak disukai oleh pengunjung website Anda. 

 

 

  1. Like & Share Konten Populer

Biasanya behavior pengunjung juga bisa dilihat dari konten yang paling populer di website Anda, di mana pengunjung lebih banyak melakukan like & share pada konten tersebut dibandingkan dengan yang lainnya. Dari data ini, Anda bisa melihat kecenderungan minat yang dimiliki oleh pengunjung website sehingga Anda bisa memperbanyak konten yang berkaitan dengan isu tersebut.

 

Untuk membuat konten di web menjadi lebih populer, Anda juga perlu menyesuaikan tampilan website dengan tampilan yang disesuaikan dengan behavior pengunjung berdasarkan konten populer. Trik lainnya, Anda bisa menyajikan kolom khusus untuk menampilkan konten yang sedang trending atau banyak dibuka oleh para pengunjung saat ini. Tujuannya, untuk mempermudah para pengunjung lain yang memiliki minat sama bisa langsung menemukan konten yang sedang trending.