Dewasa ini, keamanan website memang menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Hal tersebut karena kemajuan teknologi membuat sejumlah orang yang tidak bertanggung jawab dengan mudah dapat mengambil alih website Anda. Anda perlu waspada terhadap hacker yang mengintai, sehingga perlu melakukan peningkatan pada keamanan web Anda agar tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

 

Inilah Tips Meningkatkan Keamanan Website

Pada salah satu artikel di Redcomm Knowledge sudah pernah dijelaskan tentang pentingnya meningkatkan keamanan website demi mewaspadai serangan hacker. Sementara pada artikel kali ini, Anda bisa mengetahui hal-hal baru yang perlu dilakukan untuk bisa memastikan website Anda, terutama website bisnis, selalu dalam keadaan aman.

 

Website security sejatinya merupakan istilah untuk menghindari dan mengatasi berbagai jenis serangan yang dapat mengganggu keamanan pada website. Adapun sejumlah upaya yang dapat dilakukan agar website tetap dalam keadaaan aman, antara lain:

 

 

  1. Install SSL

Tips meningkatkan keamanan website yang pertama adalah dengan cara menginstall Secure Socket Layer (SSL). Perlu dipahami, SSL merupakan sebuah protokol keamanan yang dapat melakukan enkripsi antara client dengan server. Maka, dengan penggunaan SSL tidak akan ada pihak lain yang dapat menggunakan suatu website kecuali pemiliknya. 

 

Jika website tidak memiliki SSL, maka informasi yang diterima client dari server berupa plaintext akan sangat mudah dibaca oleh para hacker. Sebaliknya, apabila website sudah menggunakan SSL, maka setiap informasi tersebut akan dienkripsi dan diacak. Otomatis, para oknum yang tidak bertanggung jawab akan sangat sulit sekali jika ingin melakukan hacking.

 

  1. Jangan Malas Melakukan Update pada Website

Pada dasarnya, website selalu mengalami pembaruan. Tujuannya tidak hanya untuk meningkatkan performa melainkan juga dapat memperkuat sistem keamanan website. Itu sebabnya, Anda perlu rajin mengecek informasi pembaruan. Jika ada versi terbaru, sebisa mungkin Anda segera melakukan update pada website. Sebab, website versi lama tentu tidak akan terlalu dijamin lagi keamanannya.

 

  1. Pakai Password yang Unik

Password menjadi salah satu hal yang dapat berpengaruh pada keamanan website Anda. Oleh karena itu, pastikan password yang digunakan unik, kuat, dan tidak mudah ditebak. Sebaiknya buatlah password dari kombinasi huruf dan angka, tetapi jangan sekali-kali menggunakan tanggal lahir. Terakhir, catatlah password tersebut di tempat aman agar tidak perlu mengatur ulang jika sewaktu-waktu Anda lupa.

 

 

  1. Lakukan Backup Data dan File Secara Berkala

Hakikatnya, pihak provider dari hosting domain telah menyediakan layanan backup secara berkala. Meski demikian, tidak ada salahnya jika Anda juga melakukan hal itu secara rutin. Setidaknya, ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga keamanan aplikasi web. Anda pun tidak perlu merasa repot harus melakukannya secara manual karena Anda bisa melakukannya dengan bantuan plugin yang dapat bekerja secara otomatis. 

 

  1. Gunakan File .htaccess

File .htaccess adalah jenis file yang dikembangkan oleh Apache HTTP Server. File tersebut berfungsi untuk mengatur data-data yang ada pada website Anda. Umumnya, file tersebut tersimpan pada bagian root direktori dari website Anda. Menariknya, penggunaan file tersebut juga dapat membantu meningkatkan keamanan website Anda.  

 

  1. Gunakan Antivirus Terbaik

Pada kenyataanya, kelima tips yang telah dibahas sebelumnya sulit untuk bekerja secara maksimal manakala file yang diunggah memiliki virus. Maka, sebagai antisipasi untuk hal tersebut, Anda bisa menggunakan antivirus untuk mengecek kondisi file sebelum diunggah ke website.

 

 

Ada berbagai antivirus yang bisa digunakan seperti Kaspersky Total Security, BitDefender Antivirus Plus, dan ESET Smart Security Premium. Masing-masing antivirus tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Silakan pilih sesuai dengan yang Anda butuhkan.

 

Jika Anda masih belum tahu mana cara terbaik dan efektif untuk meningkatkan keamanan website, Anda bisa menghubungi Tim Redcomm. Redcomm adalah digital marketing agency Jakarta yang menjadi salah satu pemenang Agency of The Year 2020 untuk Asia Pacific. Ini adalah penghargaan Gold ke-3 yang diterima Redcomm selama 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2018. Ada lebih dari 500 brand yang telah ditangani Redcomm sehingga bisa dipastikan Tim Redcomm memiliki pengalaman mumpuni dalam membantu kebutuhan Anda sebagai pemilik Perusahaan.

 

Demikian sejumlah tips meningkatkan keamanan website. Pastikan Anda melakukan semua hal tersebut setidaknya sebagai upaya agar website Anda tidak mudah diretas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.