knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

9 Alasan Bisnis Butuh Landing Page yang Powerful. Cek di Sini!

10 Sep  · 
2 min read
 · 
eye 130  
Website & Aplikasi

Alasan Bisnis Butuh Landing Page

Landing page adalah halaman web yang khusus digunakan untuk menawarkan produk atau layanan bisnis dengan tujuan meningkatkan penjualan. 

Dalam artikel ini, Anda bisa mencari tahu, kenapa sih bisnis butuh landing page dan apa saja manfaatnya bagi bisnis?

9 Alasan Landing Page Penting Bagi Bisnis

1. Meningkatkan Konversi Pengunjung Menjadi Pelanggan

Data menunjukkan kalau penggunaan landing page yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan konversi pengunjung menjadi pelanggan hingga 80% lebih tinggi dibandingkan halaman web biasa.

Hal ini bisa terjadi karena landing page memang dibuat dengan tujuan spesifik, yaitu mengubah pengunjung menjadi pelanggan. 

Fokusnya jelas dan tidak ada informasi yang tidak relevan, yang bisa mengalihkan perhatian pengunjung.

Contohnya: ketika seseorang mengklik iklan Facebook yang menawarkan e-book gratis, mereka harus diarahkan ke landing page khusus yang hanya berisi formulir untuk mengunduh e-book tersebut, bukan ke halaman beranda yang ramai dengan informasi lain.

Untuk bisa meningkatkan konversi, pastikan juga semua elemen landing page sudah lengkap ya, seperti headline yang menarik, menggunakan Call to Action yang jelas, dan desain website yang responsif

Hal ini sesuai dengan yang Unbounce ungkapkan tentang Call to Action (CTA) harus persuasif dan ditempatkan di tempat strategis, sehingga dapat meningkatkan konversi hingga 80%.

2. Efisien Mengumpulkan Leads Berkualitas

Landing page memungkinkan Anda mengumpulkan data penting tentang calon pelanggan melalui formulir yang mereka isi. 

HubSpot dalam salah satu artikelnya yang mengulas tentang Landing Page Statistics juga menyebutkan hal ini. 

Katanya, landing page dengan formulir sederhana memiliki tingkat pengisian 10-15% lebih tinggi dibandingkan formulir yang rumit.

Misalnya, Anda menawarkan sesuatu yang bernilai seperti e-book atau webinar gratis. Agar bisa mendapatkan penawaran tersebut, pengunjung harus mengisi formulir. 

Nah, berikutnya Anda mendapatkan data mereka. Cara ini memungkinkan Anda menentukan benchmarking dengan data sendiri untuk menyelenggarakan strategi digital marketing.

Tinggal lakukan filter untuk menarik leads berkualitas tinggi yang memiliki ketertarikan lebih besar terhadap produk atau layanan Anda. Ini membantu tim penjualan fokus pada prospek yang paling potensial.

3. Memperkuat Brand dan Meningkatkan Kesadaran Produk

Ingin memperkuat identitas merek dan meningkatkan kesadaran produk? Gunakan landing page

Namun pastikan Anda menerapkan desain yang konsisten dengan branding, pesan yang kuat, dan CTA yang efektif. Ini menjadi cara efektif untuk memperkuat posisi brand di benak konsumen. 

Hal tersebut sudah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan Marketing Sherpa. Dalam penelitian tersebut menunjukkan kalau landing page yang disesuaikan dengan elemen branding meningkatkan pengenalan merek hingga 46%.

Mengapa konsistensi elemen branding dengan landing page penting? Jika target pasar Anda adalah Gen Z, maka ini perlu mendapatkan fokus perhatian penuh dari Anda, mengingat Gen Z sangat sensitif terhadap otentisitas brand.

4. Mengoptimalkan Kampanye Iklan

Landing page yang sesuai dengan kampanye iklan yang Anda jalankan, seperti Google Ads atau Facebook Ads, memastikan pengunjung yang mengklik iklan Anda langsung diarahkan ke halaman yang relevan.

Maka mau tidak mau Anda memang harus membuat dan menyediakan landing page sehingga dapat mengoptimalkan kampanye iklan, sekaligus meningkatkan kemungkinan konversi dan menurunkan biaya per konversi (CPC).

5. Dapat Data dan Insights

Melalui landing page, Anda dapat mengumpulkan data penting dari pengunjung, seperti email, preferensi, dan perilaku. 

Data ini dapat digunakan untuk analisis lebih lanjut, segmentasi audiens, dan pengembangan strategi pemasaran yang lebih baik.

6. Pesan yang Spesifik dan Terfokus

Anda jadi lebih mudah dalam menyampaikan pesan pemasaran yang spesifik dan terfokus jika menggunakan landing page. Bahkan Anda bisa menyesuaikannya dengan target audiens atau tujuan kampanye tertentu. 

Tidak seperti homepage, landing page tidak memiliki banyak distraksi, sehingga pesan utama dapat audiens terima dengan jelas, bahkan lebih mampu mendorong mereka melakukan tindakan sesuai yang Anda harapkan.

7. Membangun Brand Awareness dan Kepercayaan

Landing page dengan desain yang konsisten dan pesan yang selaras dengan brand identity membantu membangun kesadaran dan kepercayaan terhadap brand Anda. 

Gen Z, khususnya, sangat peka terhadap konsistensi dan keaslian brand yang mereka temui secara online.

8. Meningkatkan User Experience

Dengan desain yang clean, navigasi yang sederhana, dan CTA yang jelas, landing page meningkatkan pengalaman pengguna, membuat mereka lebih nyaman, dan terdorong untuk melakukan tindakan yang diinginkan.

9. Mengukur Efektivitas Kampanye Secara Akurat

Landing page memungkinkan pengukuran yang lebih akurat terhadap efektivitas kampanye marketing. 

Anda dapat melacak berbagai metrik penting, seperti conversion rate, sumber traffic, dan waktu yang dihabiskan audiens di halaman.

Semua data tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran bisnis Anda di masa depan.


Landing page yang dirancang dengan baik adalah salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran digital. 

Tak hanya untuk promosi dan pemasaran, namun melalui landing page Anda bisa mengumpulkan leads berkualitas, memperkuat brand awareness, dan pada akhirnya meningkatkan konversi dan penjualan. 

Nah, sudahkah website bisnis Anda memiliki landing page? Jika belum, hubungi Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER