knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Jurus Jitu Settin...

Jurus Jitu Setting Facebook Ads Tepat Sasaran

09 Aug  · 
4 min read
 · 
eye 9.662  
Social Media

Jurus Jitu Setting Facebook Ads Tepat Sasaran

Facebook Ads menjadi salah satu platform iklan digital paling efektif karena mampu menjangkau audiens yang luas dan spesifik. Dengan catatan, Anda tahu cara setting Facebook Ads yang efektif dan tepat sasaran. Tanpa membuang waktu, simak penjelasannya di bawah ini.

Fitur Facebook Ads yang Penting

Facebook Ads adalah layanan pemasangan iklan berbayar yang disediakan Facebook dan bisa digunakan oleh para pemilik bisnis untuk melakukan promosi dan pemasaran di Facebook dan Instagram.

Namun sebelum bisa melakukan pengaturan dan pemasangan iklan berbayar menggunakan Facebook Ads, Anda harus tahu dulu fitur-fitur pentingnya supaya bisa menggunakannya dengan baik dan efektif. 

Beberapa fitur utama Facebook Ads, antara lain:

  • Ad (materi iklan).
  • Ads Manager (halaman untuk pengaturan iklan).
  • Billing Manager (riwayat pembayaran dan sumber dana iklan).
  • Campaign (kampanye atau iklan yang Anda jalankan)

Lalu ada pula fitur Facebook yang berkaitan dengan pengaturan, pengelolaan, dan menjalankan iklan di Facebook, seperti:

  • Audience Targeting.
  • Ad Formats.
  • Placement Options.
  • Budget and Bidding.
  • Performance Tracking and Reporting.
  • Ad Optimization Tools.
  • Creative Hub.
  • Lead Generation Ads.

Pelajari dan cari tahu cara kerja masing-masing fitur terlebih dahulu ya. Kalau sudah paham, baru Anda bisa mulai melakukan setting dan pengaturan iklan berbayar di Facebook.

Cara Setting Facebook Ads Step by Step

1. Tentukan Tujuan Kampanye

Semua tindakan dan implementasi strategi promosi dan pemasaran sudah seharusnya punya tujuan yang ingin dicapai. Hal ini sama seperti yang Neil Patel bahas di salah satu artikelnya. Tanpa tujuan yang jelas, strategi iklan dan hasil yang ingin dicapai juga jadi tidak jelas.

Jadi kalau sudah mantap nih mau langsung memasang iklan berbayar di Facebook Ads, Anda perlu masuk dulu ke Ads Manager. Lalu, klik +Create yang ada di sebelah kiri atas untuk memulai campaign iklan Anda.

Selanjutnya akan muncul halaman pop-upChoose a campaign objective”. Nah, Anda harus memilih dan menentukan tujuan pemasangan iklan yang mau Anda lakukan. 

Apakah untuk awareness (kesadaran merek), traffic (meningkatkan traffic), engagement (keterlibatan), leads, mempromosikan aplikasi, atau sales.

2. Penargetan Audiens

Setelah menentukan tujuan, selanjutnya Anda perlu menentukan target audiens yang sesuai dengan produk bisnis Anda. 

Tujuannya tentu saja agar promosi yang Anda lakukan bisa benar-benar terbaca dan diketahui oleh orang-orang yang mungkin memang membutuhkan, bergerak di bidang yang sama atau sesuai usia.

Dengan cara ini, biaya yang Anda keluarkan untuk pemasangan iklan tidak sia-sia. 

Nah, di Facebook Ads, sudah tersedia lho fitur penargetan audiens yang bisa langsung Anda pilih sesuai kebutuhan iklan, yaitu:

  • Penargetan audiens berdasarkan demografi berarti Anda perlu menentukan usia, jenis kelamin dan lokasi target audiens.
  • Jika penargetan audiens berdasarkan minat dan perilaku, maka identifikasi hobi dan kebiasaan belanja audiens.
  • Kalau sudah punya data pelanggan yang lengkap dan mau melakukan kampanye retargeting, pilih saja custom audience.

Contohnya, Anda hendak menawarkan properti atau hunian modern menggunakan iklan di Facebook. 

Saat menentukan target audiens, Anda bisa membidik keluarga muda, para profesional milenial, pekerjaan yang mapan, usia produktif, dan memiliki kemungkinan untuk membeli properti, baik sebagai investasi maupun untuk tempat tinggal. 

Dengan melakukan pengaturan audiens ini, pesan iklan yang Anda buat bisa sampai dengan baik kepada orang-orang yang memiliki persentase lebih besar untuk melakukan transaksi.

Jika pun tidak membeli, minimal mereka mengetahui informasi yang Anda bagikan, dan kemungkinan bisa jadi membagikan ulang informasi tersebut kepada orang-orang terdekat mereka yang membutuhkan. 

3. Memilih Format Iklan

Pemilihan format iklan yang tepat juga sangat penting bagi kesuksesan iklan yang Anda pasang. Facebook Ads menawarkan berbagai pilihan format iklan, seperti:

  • Gambar tunggal, jika Anda ingin format iklan yang sederhana, namun efektif.
  • Dalam bentuk video yang menarik dan interaktif.
  • Format carousel memungkinkan Anda menayangkan beberapa gambar atau video dalam satu iklan.
  • Untuk Anda yang iklannya berupa video pendek dari susunan beberapa gambar, bisa memilih format slideshow.

Pilih format yang paling sesuai dengan konten Anda dan yang dapat menarik perhatian audiens. Menurut Buffer, iklan video memiliki tingkat keterlibatan 2,3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan format lainnya.

4. Mengatur Anggaran dan Jadwal

Dalam melakukan promosi di Facebook Ads, Anda juga harus mampu memperhitungkan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan dengan hasil yang mungkin didapat. 

Semakin besar biaya iklan yang Anda sediakan, semakin besar pula peluang terciptanya transaksi. Minimal jangkauan pasar yang lebih luas dengan target iklan yang tepat sasaran bisa benar-benar Anda capai. 

Untuk melakukan setting dan pengaturan biaya iklan, berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke Billing Manager
  • Pengisian saldo di Billing Manager ada banyak cara, mulai dari melakukan transfer dari rekening bank, pembayaran dengan kartu kredit, atau bisa pula melakukan top-up Facebook Ads melalui pihak ketiga yang bekerja sama dengan Facebook. 

Anda juga bisa melakukan pembatasan pada biaya iklan harian yang disesuaikan dengan kebutuhan. 

Jika setting audiens maupun target pasar ternyata hasilnya tak sesuai harapan, Anda bahkan bisa menghentikan tayangan iklan untuk sementara, atau membuat iklan baru dengan pengaturan yang lebih baik. 

Selain itu, atur juga jadwal kampanye dengan menentukan tanggal mulai dan berakhirnya iklan, serta jam tayang yang optimal. 

Untuk hasil yang lebih efektif, boleh juga mengikuti saran dari Mailchimp, yaitu menggunakan anggaran harian saja sehingga Anda bisa lebih efektif dalam mengelola pengeluaran dan biaya iklan.

5. Buat Konten Iklan yang Menarik

Jurus jitu setting Facebook Ads agar tepat sasaran berikutnya adalah membuat konten atau postingan yang menarik. 

Postingan yang menarik, interaktif, dan informatif akan mengundang orang yang melihat iklan muncul dan kemudian membuka iklan tersebut. 

Sampai pada tahap iklan itu akhirnya dibaca audiens yang ditargetkan, sebenarnya iklan itu sudah tepat sasaran. 

Selanjutnya tinggal bagaimana agar iklan dapat mempengaruhi dan mendorong pembaca untuk melakukan pembelian. 

Postingan di Facebook agar menarik dan bisa menciptakan transaksi, bisa dibuat dalam berbagai bentuk storytelling, dengan infografis atau image yang mendukung. Jika memungkinkan, buatlah video yang memiliki tingkat viral yang tinggi. 

Cara lain, unggah iklan promosi yang dapat memudahkan pengunjung untuk memahami produk maupun jasa yang ditawarkan. 

Informasinya lebih spesifik lebih baik agar audiens bisa langsung paham, kemudian tertarik, dan akhirnya melakukan pembelian.

6. Meluncurkan Iklan

Sebelum meluncurkan iklan, Anda perlu memastikan dulu semua elemen iklan telah diperiksa dengan teliti. 

Setelah yakin semuanya sudah benar, klik “Luncurkan” untuk memulai kampanye iklan Anda.

Sampai di sini, tugas Anda belum selesai ya karena Anda masih perlu melakukan pelacakan kinerja iklan secara berkala melalui Facebook Ads Manager.

7. Melakukan Pelacakan dan Analisis

Gunakan alat analitik seperti Facebook Ads Manager untuk melacak performa iklan, termasuk jangkauan, klik, dan konversi. 

Mengintegrasikan Facebook Ads dengan Google Analytics juga bagus lho sehingga Anda bisa mendapatkan data yang lebih lengkap.

Data tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan iklan secara berkala demi meningkatkan Return on Investment (ROI).

8. A/B Testing

A/B testing adalah cara yang efektif untuk membandingkan dua versi iklan dan menentukan mana yang lebih efektif. 

Buat dua versi iklan dengan perbedaan kecil, seperti teks atau visual, lalu luncurkan kedua iklan tersebut kepada audiens yang sama. 

Analisis hasilnya dan pilih versi yang memberikan performa terbaik.

9. Menyusun Laporan Kinerja

Setelah kampanye selesai, buat laporan kinerja yang mencakup jangkauan, interaksi, dan konversi. 

Data ini penting untuk mengevaluasi keberhasilan kampanye dan menentukan strategi selanjutnya.

Dalam proses evaluasi dan analisis keberhasilan kampanye, coba perhatikan apakah biaya yang dikeluarkan untuk iklan memberi hasil yang sesuai harapan? 

Jika tidak, cari tahu penyebabnya dan lakukan perbaikan pengaturan pada proses pemasangan iklan berikutnya. 

Pastikan Anda melakukan pemasangan iklan secara maksimal agar peluang bisnis bisa meningkat pesat. 

 

Praktikkan jurus jitu setting Facebook Ads tepat sasaran ini setiap hari. Ibarat pepatah, semakin sering melakukannya, Anda akan semakin terbiasa, bahkan bisa menjadi semakin ahli dalam menggunakan Facebook Ads. Kalau butuh bantuan, langsung hubungi Kontak Redcomm ya.

Sebagai digital agency dan digital marketing agency Indonesia, Redcomm sudah berpengalaman dalam menjalankan berbagai digital campaign di media sosial serta membantu lebih dari 500 brand mencapai sukses dalam kampanye digital yang mereka selenggarakan.

Bahkan Redcomm mampu menghasilkan ROI dari pemasangan iklan yang tertarget. Jadi tunggu apa lagi? Langsung kontak tim Redcomm Indonesia.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER