Jika sebelumnya media sosial lebih sering digunakan hanya untuk berinteraksi antara satu pengguna dan pengguna lainnya, maka saat ini fungsi sebagai jejaring pertemanan tersebut telah mengalami perubahan. Berbagai fitur terbaru telah dikembangkan oleh masing-masing developer di tiap media sosial, bahkan fitur-fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk melakukan promosi dan memasarkan produk maupun jasa secara online

 

Salah satu media sosial yang sudah banyak digunakan para pelaku usaha sebagai media promosi online adalah Facebook. Berbagai jenis usaha, mulai dari usaha kecil, menengah, bahkan brand besar, masih banyak yang menggunakan Facebook untuk meningkatkan penjualan. Hal ini karena Facebook telah dilengkapi dengan Facebook Ads yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Masalahnya, tidak semua orang mengenal dengan baik fitur iklan yang tersedia di Facebook. 

 

Mengenal Facebook Ads dan Fitur-fiturnya

Facebook Ads adalah fitur atau layanan yang disediakan Facebook untuk menemukan audiens yang tepat bagi produk maupun jasa yang ditawarkan melalui iklan berbayar. Dengan memanfaatkan Facebook Ads ini, jangkauan promosi bisa meraih pasar yang lebih luas dan audiens yang tepat sasaran. 

 

 

Untuk bisa memanfaatkan Facebook Ads dengan maksimal, maka Anda perlu tahu berbagai fitur yang tersedia di dalamnya, seperti Ad (materi iklan), Ads Manager (halaman untuk pengaturan iklan), Billing Manager (riwayat pembayaran dan sumber dana iklan), Campaign (kampanye atau iklan yang Anda jalankan), dan masih banyak fitur lainnya. 

 

Agar penggunaan Facebook Ads memberi hasil yang maksimal dan bisa menciptakan transaksi, Anda perlu menerapkan jurus jitu setting Facebook Ads agar tepat sasaran.

 

Jurus Jitu Setting Facebook Ads Tepat Sasaran 

Menargetkan Audiens

Setting Facebook Ads yang perlu dilakukan untuk pertama kali adalah menentukan target audience yang sesuai dengan produk bisnis Anda. Tujuannya tentu saja agar promosi tersebut bisa benar-benar terbaca dan diketahui oleh orang-orang yang mungkin memang membutuhkan, bergerak di bidang yang sama, sesuai usia, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan iklan tidak sia-sia. 

 

 

Contohnya, Anda hendak menawarkan properti atau hunian modern menggunakan iklan di Facebook. Saat menentukan target audiens, Anda bisa membidik keluarga muda, para profesional milenial, pekerjaan yang mapan, usia produktif, dan memiliki kemungkinan untuk membeli properti, baik sebagai investasi maupun untuk tempat tinggal. 

 

Dengan melakukan pengaturan audiens ini, pesan iklan yang Anda buat bisa sampai dengan baik kepada orang-orang yang memiliki persentase lebih besar untuk melakukan transaksi, minimal mereka mengetahui informasi dan kemungkinan bisa jadi membagikan ulang informasi tersebut kepada orang-orang terdekat mereka yang membutuhkan. 

 

Pengaturan Biaya Iklan

Dalam melakukan promosi di Facebook Ads, Anda juga harus mampu memperhitungkan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan dengan hasil yang mungkin didapat. Semakin besar biaya iklan yang Anda sediakan, semakin besar pula peluang terciptanya transaksi. Minimal jangkauan pasar yang lebih luas dengan target iklan yang tepat sasaran bisa benar-benar dicapai. 

 

Untuk melakukan setting dan pengaturan biaya iklan, Anda bisa masuk ke Billing Manager. Pengisian saldo di Billing Manager ada banyak cara, mulai dari melakukan transfer dari rekening bank, pembayaran dengan kartu kredit, atau bisa pula melakukan top-up Facebook Ads melalui pihak ketiga yang bekerja sama dengan Facebook. 

 

Anda juga bisa melakukan pembatasan pada biaya iklan harian yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jika setting audiens maupun target pasar ternyata hasilnya tak sesuai harapan, Anda bahkan bisa menghentikan tayangan iklan untuk sementara, atau membuat iklan baru dengan pengaturan yang lebih baik. 

 

 

Post yang Menarik

Jurus jitu setting Facebook Ads agar tepat sasaran berikutnya adalah membuat konten atau postingan yang menarik. Postingan yang menarik, interaktif, dan informatif akan mengundang orang yang melihat iklan muncul dan kemudian membuka iklan tersebut. Sampai pada tahap iklan itu akhirnya dibaca audiens yang ditargetkan, sebenarnya iklan itu sudah tepat sasaran. Selanjutnya tinggal bagaimana agar iklan dapat mempengaruhi dan mendorong pembaca untuk melakukan pembelian. 

 

Postingan di Facebook agar menarik dan bisa menciptakan transaksi, bisa dibuat dalam berbagai bentuk storytelling, dengan infografis atau image yang mendukung, bahkan jika memungkinkan buatlah video yang memiliki tingkat viral yang tinggi. 

 

Selain itu, ada baiknya Anda membuat atau mengunggah iklan promosi yang dapat memudahkan pengunjung untuk memahami produk maupun jasa yang ditawarkan. Buat juga spesifik alias sedetail mungkin agar saat sekali lihat, orang langsung paham dan tertarik untuk membeli.

 

Lakukan Evaluasi Berkala

Jurus jitu setting Facebook Ads tepat sasaran yang berikutnya perlu Anda lakukan adalah evaluasi setiap iklan secara berkala. Coba perhatikan apakah biaya yang dikeluarkan untuk iklan memberi hasil yang sesuai harapan? Jika tidak, cari tahu penyebabnya dan lakukan perbaikan pengaturan pada proses pemasangan iklan berikutnya. Pastikan Anda melakukan iklan secara maksimal agar peluang bisnis bisa meningkat pesat. 

 

Praktikkan jurus jitu setting Facebook Ads tepat sasaran ini setiap hari. Ibarat pepatah, semakin sering melakukannya, Anda akan semakin terbiasa, bahkan bisa menjadi semakin ahli dalam menggunakan Facebook Ads.