Apakah Anda sedang mencari cara membuat feed Instagram jadi terlihat keren? Bagi Anda pemilik toko online dan menggunakan Instagram sebagai media promosi, pasti mau Instagram feed terlihat menarik dan membuat orang betah untuk melihat-lihat. Alasan berikutnya, feed yang tertata rapi dan menarik berpotensi menarik perhatian lebih banyak calon pelanggan dan memperbesar peluang terjadinya penjualan. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin membuat akun Instagram untuk portofolio, personal branding, atau kebutuhan lain.

 

Rahasia mendapatkan lebih banyak follower, meningkatkan penjualan, atau promosi laris manis pun sama. Karena sering yang terjadi, tampilan Instagram feed yang kurang menarik dan berantakan membuat pengikut Anda jadi malas untuk melihat maupun berinteraksi. Beberapa hal lain yang membuat akun Instagram Anda tak menarik, seperti konten kurang jelas, caption dibuat asal-asalan, dan foto / video kurang bagus.

 

 

Feed Instagram Jadi Keren dengan 5 Langkah

Menguasai ilmu fotografi untuk menghasilkan foto yang bagus bisa menjadi modal utama bagi Anda yang ingin tampilan feed Instagram terlihat menarik. Selain itu, lengkapi kemampuan tersebut dengan membuat video, edit video, efek video editing, dan desain grafis. Semua kemampuan ini juga akan mendukung Anda dalam menerapkan social media campaign yang lebih baik. 

 

Maka, alangkah baiknya Anda mulai belajar dan menambah pengetahuan mengenai cara mengambil gambar atau foto yang bagus, memahami sudut pengambilan gambar, dan dasar-dasar pembuatan video marketing. Hal ini karena platform media sosial seperti Instagram lebih mengutamakan tampilan visual dalam menarik penggunanya untuk saling berinteraksi. 

 

Selain material konten berupa foto dan video yang harus dipersiapkan untuk feed Instagram, ada beberapa cara mudah lainnya yang bisa diikuti untuk membuat tampil feed jadi lebih keren. Berikut langkah-langkahnya:

 

  1. Memiliki Tema dan Ciri Khas

Langkah pertama sejak membangun akun Instagram, Anda sudah harus menentukan tema yang menjadi ciri khas akun Anda. Tema ini akan membangun mood dan kesan yang akan dirasakan audiens. Tema juga akan menjadi identitas brand yang selalu diingat konsumen. 

 

Ada banyak sekali tema yang bisa dipilih, seperti minimalis dan sederhana, rapi serta bersih. Anda juga bisa memilih tema vintage, black and white, atau horizontal. Tema berikutnya yang mungkin bisa menginspirasi Anda, seperti mom & baby, travel, dunia anak, traditional food, dan sebagainya.

 

 

  1. Gunakan Filter yang Senada 

Tips foto Instagram jadi lebih menarik adalah dengan tambahan filter. Foto yang tadinya tampilannya biasa akan berubah jadi lebih keren. Warna yang senada dari filter dapat menciptakan estetika lebih tinggi. 

 

Selain itu, warna menjadi komponen penting untuk menciptakan identitas unik bagi akun Instagram Anda sehingga lebih mudah diingat dan dikenal. Saat ini sudah banyak aplikasi filter gratis yang bisa digunakan untuk edit foto sebelum diupload. Instagram bahkan telah menyediakan tambahan filter pada aplikasinya. 

 

  1. Manfaatkan Fitur Grid pada Instagram

Pernah melihat foto Instagram keren yang tampak terpotong-potong jadi beberapa bagian, namun tampilan utuh gambar jadi terlihat lebih besar dan menarik? Adanya potongan tersebut memang dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk feed Instagram Anda. Ada foto atau image yang bisa dibagi menjadi 3, bahkan ada yang bisa berupa potongan 9 bagian. 

 

Feed Instagram dengan model seperti ini memang tampak lebih menarik, tapi sebaiknya jangan digunakan terlalu sering. Alasannya akan membuat feed terlihat monoton. Jadi gunakan fitur grid ini cukup sesekali saja sebagai variasi tampilan. 

 

  1. Terlalu Banyak Foto Selfie Membuat Bosan

Pernah tidak Anda mengunjungi salah satu akun Instagram dan isinya hanya berupa foto selfie? Bagaimana perasaan Anda? Sering yang terjadi, terlalu banyak foto selfie malah membuat tampilan feed menjadi monoton dan membosankan. Lebih baik buat variasi dengan beragam sudut pengambilan foto agar terlihat lebih interaktif. 

 

Selain itu, perlu pula ditambahkan dengan berbagai foto produk, infografis terkait informasi mengenai bisnis atau profil Anda, lalu bisa pula dengan metode mikroblog, maupun carousel, yang lebih kekinian. 

 

Jadi, mengurang foto selfie justru perlu untuk dilakukan dan mulai menggantinya dengan variasi tampilan foto feed yang lebih sesuai tren social media marketing. Cara ini lumayan membantu bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan di Instagram, membangun brand awareness, menambah followers, bahkan bisa meningkatkan engagement rate Instagram.

 

 

  1. Pilih Font dan Tipografi

Tak selamanya cara membuat Instagram menarik hanya bergantung pada foto dan video. Anda juga dapat menggabungkan berbagai cara lain, seperti memanfaatkan pilihan font yang sesuai dengan ciri khas Anda dan menggunakan teknik tipografi. Bahkan menggunakan foto pun tetap bisa ditambahkan teks, quote, dan sebagainya. 

 

Anda bisa menentukan terlebih dahulu jenis font serta tipografi seperti apa yang mau digunakan. Jika sudah memilih, selanjutnya Anda perlu konsisten untuk menggunakannya dalam setiap postingan di akun Instagram Anda. Konsistensi ini penting demi terciptanya brand identity

 

Nah dengan mengikuti kelima cara membuat Instagram feed terlihat keren, semoga makin banyak audiens yang bisa Anda dapatkan, meningkat followers, engagement, dan dapat membantu Anda mengembangkan usaha.