knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Panduan Tren Soci...

Panduan Tren Social Media Marketing Terbaru Tahun Ini

14 Nov  · 
3 min read
 · 
eye 6.757  
Social Media

Panduan Tren Social Media Marketing

Implementasi social media marketing terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen.

Strategi dan tren yang tahu lalu booming dan berdampak besar, bisa jadi tahun ini sudah tak efektif lagi. Maka mau tidak mau Anda harus menyesuaikan diri dan mengikuti tren terbaru agar tetap kompetitif.

Jadi, apa nih tren social media terbaru tahun 2025 ini dan langkah apa yang perlu dilakukan untuk mengaplikasikannya dalam strategi kampanye media sosial Anda? Yuk, baca penjelasannya.

Panduan Social Media Marketing Berdasarkan Tren Terbaru 

Untuk menarik perhatian konsumen dengan memanfaatkan media sosial, tak cukup hanya dengan membuat konten saja. 

Namun, Anda juga harus mengikuti tren yang sedang berlangsung dalam masyarakat. Berikut beberapa tren social media marketing terbaru yang wajib Anda tahu:

1. Konten Video di Media Sosial

Beberapa waktu ini, para pengguna media sosial tampak lebih menyukai konten dengan format video. Bahkan, dari konten video banyak yang bisa mendapatkan penghasilan. 

Untuk itu, Anda bisa mulai membuat konten video dengan memanfaatkan platform yang memungkinkan Anda mengunggah video, seperti YouTube, Instagram Reels, TikTok, dan lainnya.

Dalam proses video production, Anda bisa mengangkat berbagai tema menarik yang memang banyak dicari orang, mulai dari tema kecantikan, home décor, berbelanja, hingga tips and trick. 

Gunakan tools analytic untuk mencari tahu keyword atau kata kunci yang digunakan orang di mesin pencari, sehingga membawa mereka menemukan media sosial atau channel YouTube Anda.  

Sementara kalau Anda adalah pemilik bisnis, cobalah membuat konten video yang memuat produk, namun dalam bentuk softselling

Alangkah lebih bagus lagi jika Anda bisa mengkombinasikannya dengan copywriting dan storytelling. Anda bisa mempelajari caranya di artikel berjudul Pemanfaatan Storytelling dalam Video Production.

Dengan cara ini, video Anda akan jauh lebih berkualitas dan menarik, sehingga mendorong penonton video melakukan pembelian.

2. Konten Video Pendek

Video pendek seperti yang ada di TikTok, Instagram Reels, dan YouTube Shorts, menjadi tren penting sepanjang tahun 2024, dan akan berlanjut di tahun 2025. 

Jika ada pertanyaan, mana yang terbaik dari ketiga platform tersebut? Maka jawabannya bisa Anda temukan di sini: TikTok vs Instagram Reels vs YouTube Shorts: Siapa yang Menang?

Namun yang pasti, jenis konten video pendek ini wajib masuk dalam perencanaan dan strategi social media marketing Anda tahun ini. Sebab, lebih cepat menarik perhatian audiens dan bisa meningkatkan engagement.

3. Jadi Viral di TikTok

TikTok menjadi salah satu platform yang memiliki banyak pengguna. Sejak awal kemunculannya, TikTok lebih mengutamakan konten dalam format video kreatif yang didukung berbagai fitur mumpuni. 

Ada banyak konten menarik yang bisa Anda tonton melalui TikTok, bahkan tak jarang para pebisnis memanfaatkan platform TikTok untuk mempromosikan produk mereka. 

Jika Anda pebisnis dan hendak menyelenggarakan social media campaign di TikTok untuk menjangkau pasar yang lebih luas, cobalah bekerja sama dengan digital agency Jakarta yang memiliki tim kreatif.

Kerjasama ini tak hanya membantu Anda mengikuti tren, namun Anda akan mendapatkan rencana hingga implementasi strategi yang lebih tepat sasaran, bahkan bisa membuat konten menjadi trending

Misalnya dengan memanfaatkan Filter Viral TikTok: Peluang Emas dari Tren Do Re Mi.

4. Fitur Stories di Media Sosial

Saat ini semakin banyak pengguna media sosial yang menyukai fitur stories di beberapa platform, seperti Instagram, Facebook, promosi di LinkedIn stories, dan fitur stories di WhatsApp Bisnis

Masing-masing platform tersebut bahkan telah mencapai angka 500 juta pengguna pada tahun 2019. Anda bisa bayangkan, pasti saat ini sudah semakin bertambah banyak. Bahkan saat ini platform Twitter juga menambahkan fitur stories

Oleh karena itu, manfaatkan dengan maksimal penggunaan fitur stories di media sosial untuk penerapan strategi social media marketing tahun ini.

5. Social Commerce 

Teknologi dan digital marketing semakin dikenal sehingga banyak orang berbisnis melalui media sosial. Bahkan banyak pebisnis yang sudah memiliki rencana selama 12 bulan ke depan dalam mengisi konten media sosial mereka. 

Kesempatan bagus bagi Anda yang saat ini baru memulai bisnis. Manfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis Anda. Salah satunya dengan social commerce.

Social commerce adalah penjualan langsung melalui platform media sosial. Misalnya fitur seperti Instagram Shopping dan TikTok Shop yang memungkinkan audiens membeli produk tanpa meninggalkan aplikasi.

Kemudahan berbelanja sambil bermedia sosial akan tetap menjadi tren terbaru yang sangat sayang kalau Anda lewatkan.

6. Orisinalitas Konten

Membuat konten yang orisinal justru akan lebih mudah mendapatkan perhatian dari para audiens. Buat konten yang orisinal untuk brand Anda sehingga bisa meningkatkan kepercayaan audiens. 

Selain konten yang otentik dan orisinal, Anda perlu juga mempersonalisasi konten sesuai dengan kebutuhan dan preferensi target audiens.

Untuk itu, gunakan audience data atau data analitik untuk memahami perilaku konsumen dan strategi social media marketing seperti apa yang cocok untuk mereka.

7. Media Sosial sebagai Mesin Pencari

Kemudahan akses informasi yang saat ini bisa dirasakan oleh berbagai kalangan membuat keberadaan di sosial media layaknya mesin pencari. 

Saat audiens ingin mencari produk, maka tinggal memanfaatkan media sosial untuk menemukan informasi produk yang dicari, bisa dengan mengetikkan kata kunci, menggunakan hashtag, atau langsung mencari produk, layanan, atau jasa yang dibutuhkan.


Itulah beberapa panduan tren social media marketing terbaru yang bisa Anda ikuti demi mencapai tujuan pemasaran dan pengembangan bisnis. 

Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Lalu terapkan juga Prediksi untuk Media Sosial di Tahun 2025.

Jika masih membutuhkan bantuan dan konsultasi, Anda bisa menghubungi Kontak Redcomm. Sebagai digital marketing agency Indonesia, Redcomm Group sudah membantu lebih dari 500+ brand dan menyelenggarakan lebih dari 1000+ digital campaign.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER