MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Tips Planning & Strategi TikTok Marketing Agar Campaign Sukses

23 Dec  · 
3 min read
 · 
eye 5.401  
Social Media

redcomm

Tahukah Anda bahwa TikTok menjadi salah satu media sosial yang efektif untuk melakukan kegiatan promosi dan pemasaran. Asalkan Anda tahu cara menyusun planning & strategi TikTok marketing, maka potensi kesuksesan digital marketing campaign yang Anda jalankan akan semakin besar. Simak tips planning TikTok marketing di Redcomm Knowledge kali ini.

Perkembangan Tren di TikTok

Terus bergerak mengikuti perkembangan teknologi yang sedang tren menjadi cara terbaik agar brand Anda tidak tertinggal. Termasuk mempertimbangkan TikTok sebagai media promosi dan pemasaran untuk menjangkau pasar dari kelompok milenial dan gen z.

Seperti yang Anda ketahui, aplikasi yang satu ini memang sedang populer di seluruh dunia. Bahkan pada 2020 lalu, TikTok mengumumkan daftar 100 kreator video teratas Year in TikTok.

Penghargaan tersebut menjadi bukti banyaknya kreator yang sekarang membuat konten di TikTok. Di saat yang sama, sudah banyak pula brand yang melakukan pemasaran digital di media sosial kreatif yang satu ini.

Sementara untuk tren TikTok di tahun 2021, Angga Anugrah, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia, mengatakan kepada CNN Indonesia, bahwa fokus tren bisa jadi mengarah pada edukasi dan kecantikan. 

Untuk tema edukasi, tidak hanya tertuju pada pendidikan saja, tetapi juga tentang bagaimana membangun dan mengembangkan bisnis UMKM.

Pertanyaannya sekarang, strategi TikTok marketing seperti apa yang perlu Anda rencanakan untuk tahun ini agar semua digital campaign yang Anda lakukan bisa berjalan sukses?

5 Tips Planning TikTok Marketing untuk Kesuksesan Tahun Ini

1. Ketahui Tujuan Campaign

Sama halnya seperti menerapkan strategi marketing di media sosial lainnya, Anda harus memiliki rencana dan tujuan yang ingin dicapai. 

Strategi bisa dengan berfokus pada peningkatan keterlibatan atau engagement di media sosial, menjangkau lebih banyak audiens yang berusia muda, serta meningkatkan pengikut atau brand awareness

Dengan mengetahui tujuan dari kampanye marketing yang hendak diselenggarakan, akan lebih mudah juga untuk menyusun strategi memaksimalkan campaign di TikTok.

2. Hanya Menggunakan Hashtag yang Relevan

Para pengguna TikTok bisa membuat katalog untuk video sendiri berdasarkan subjek, yakni dengan menggunakan hashtag. Hal ini memungkinkan Anda mengetahui tagar yang sedang tren dan video apa saja yang menggunakan tagar tersebut.

Maka, pastikan hanya menggunakan hashtag yang sesuai dan relevan. Jangan pasang banyak hashtag yang tidak relevan cuma demi mendapatkan audiens. 

Menggunakan hashtag yang tak berhubungan dengan konten video Anda malah bisa menghalangi visibilitas video dan membuat konten Anda susah masuk For Your Page (FYP). 

3. Membuat Tantangan Hashtag Sendiri

Ini adalah cara yang populer di TikTok dan bagus sekali untuk bisnis yang ingin membangun kesadaran merek dan meningkatkan keterlibatan para audiens. 

Anda tinggal membuat hashtag tertentu dan bikin tantangan. Untuk lebih menarik perhatian dan bisa mendapatkan audiens, cobalah bekerja sama dengan creative agency Jakarta untuk mendiskusikan social media campaign seperti apa yang bisa diterapkan.

4. Gunakan Efek TikTok

Salah satu daya tarik dari TikTok, tersedia banyak sekali efek menarik yang bisa dieksplorasi. Anda bisa dimanfaatkan semua efek tersebut untuk menunjukkan kreativitas yang tidak terbatas. 

Ada enam kategori yang bisa dipilih, yaitu Trending, New, Selfies, World, Accessories, dan Animal Types

Semua itu, bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jangan ragu untuk berkreasi dan mengkombinasikan beberapa efek sekaligus dalam satu video menggunakan teknik editing sederhana.

5. Pelajari TikTok Analytic

Sama halnya dengan platform media sosial lain yang sudah melengkapi setiap akun dengan analitik, TikTok pun begitu. 

Adanya fitur analitik pada TikTok memungkinkan Anda melihat data keseluruhan dari aktivitas dalam profil akun bisnis. Memiliki data tersebut akan membantu Anda merancang strategi konten TikTok yang lebih baik.

Memaksimalkan Performa Akun TikTok dengan Analytics TikTok

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kinerja akun TikTok yang menjadi media promosi dan pemasaran bisnis Anda. 

1. Harus Menggunakan Pro Account

Untuk bisa memanfaatkan fitur analytics yang tersedia di TikTok, Anda harus membuat akun bisnis atau Pro Account terlebih dahulu. Cara membuatnya mudah kok, cukup ikuti petunjuk sederhana yang sudah disediakan pula di akun TikTok Anda. 

Lakukan pengaturan, terutama pada pemilihan kategori bisnis yang sesuai, lengkapi dengan nomor ponsel aktif untuk verifikasi, dan dalam waktu singkat akun Anda sudah menjadi akun bisnis.

2. Pantau Data Analitik

Untuk melihat data analitik akun terbagi menjadi dua kerangka waktu, yaitu 7 hari atau 28 hari. Pantau secara rutin kemajuan dan perubahan mingguan maupun bulanan di akun Anda.

Dengan cara ini, Anda bisa melihat dengan jelas tingkat keberhasilan setiap campaign yang Anda selenggarakan. Bahkan Anda bisa mempelajari performa setiap kontan yang Anda publikasikan di akun TikTok bisnis.

3. Manfaatkan Data Overview Dashboard

Apabila melihat overview dashboard atau ringkasan, Anda akan menemukan data mengenai berapa banyak tampilan video, pengikut, juga tampilan profil. 

Sementara jika beralih pada dashboard konten, data yang muncul adalah gambaran mengenai jumlah postingan yang telah dibuat, juga video mana yang sedang tren.

Manfaatkan semua data yang Anda dapatkan untuk merancang strategi konten dan memastikan konten berikutnya sesuai dengan preferensi dan keinginan audiens yang masuk ke akun TikTok Anda.

4. Pelajari Perilaku Audiens

Terakhir pada tab pengikut, ada data distribusi pengikut menurut wilayah, aktivitas pengikut, dan video yang ditonton oleh para pengikut. Bahkan tersedia pula data suara yang banyak pengikut akun Anda dengarkan.

Bisa dikatakan, setiap video Tiktok akan menunjukkan data berikut ini:

  • Jumlah suka
  • Komentar
  • Shares
  • Waktu bermain total
  • Tampilan total
  • Rata-rata jenis sumber lalu lintas waktu menonton
  • Wilayah penonton

Semua data tersebut sangat bermanfaat bagi brand yang ingin menggunakan TikTok sebagai salah satu marketing campaign di tahun ini. Perlu di garis bawahi, jika semua platform media sosial memiliki spesifikasi masing-masing. Nah, TikTok memang di luar dugaan mampu menguasai pasar dalam waktu yang singkat. 

TikTok akan tetap bertahan selama para pengguna masih menikmati semua hiburan dan kemudahan yang didapatkan lewat aplikasi tersebut. Tidak menutup kemungkinan di tahun yang akan datang pihak TikTok menghadirkan berbagai fitur baru yang lebih menarik.

Anda sudah tahu tips planning dan strategi Tiktok marketing, selanjutnya, pelajari dan terapkan 5 Cara Promosi Bisnis di TikTok Agar Lebih Dikenal Generasi Milenial dan sebagai cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER