Anda pasti sudah tahu kalau TikTok adalah salah satu media sosial yang efektif untuk melakukan kegiatan promosi dan pemasaran.
Anda pasti sudah tahu kalau TikTok adalah salah satu media sosial yang efektif untuk melakukan kegiatan promosi dan pemasaran.
Asalkan Anda tahu cara menyusun planning & strategi TikTok marketing, maka potensi kesuksesan digital marketing campaign yang Anda jalankan akan semakin besar.
Simak tips planning TikTok marketing di Redcomm Knowledge kali ini, yuk.
Terus bergerak mengikuti perkembangan teknologi yang sedang tren menjadi cara terbaik agar brand Anda tidak tertinggal. Termasuk mempertimbangkan TikTok sebagai media promosi dan pemasaran untuk menjangkau pasar dari kelompok milenial dan gen z.
Seperti yang Anda ketahui, aplikasi yang satu ini memang sedang populer di seluruh dunia. Bahkan pada 2020 lalu, TikTok mengumumkan daftar 100 kreator video teratas Year in TikTok.
Penghargaan tersebut menjadi bukti banyaknya kreator yang sekarang membuat konten di TikTok.
Di saat yang sama, sudah banyak pula brand yang melakukan pemasaran digital di media sosial kreatif yang satu ini.
Sementara untuk tren TikTok di tahun 2021, Angga Anugrah, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia, mengatakan kepada CNN Indonesia, bahwa fokus trend bisa jadi mengarah pada edukasi dan kecantikan.
Untuk tema edukasi, tidak hanya tertuju pada pendidikan saja, tetapi juga tentang bagaimana membangun dan mengembangkan bisnis UMKM.
Pertanyaannya sekarang, strategi TikTok marketing seperti apa yang perlu Anda rencanakan untuk tahun ini agar semua jenis digital campaign yang Anda lakukan bisa berjalan sukses?
Pengertian TikTok marketing adalah strategi pemasaran digital menggunakan platform TikTok untuk mempromosikan dan memasarkan produk, layanan bisnis, hingga brand.
Secara umum, beberapa penerapannya bisa dengan membuat konten, beriklan di TikTok Ads, membuat video tutorial, live streaming di TikTok, dan masih banyak lagi.
Namun supaya kampanye pemasaran yang Anda selenggarakan lebih memberi hasil yang menguntungkan, ada baiknya Anda menerapkan beberapa tips berikut:
Sama halnya seperti menerapkan strategi marketing di media sosial lainnya, Anda harus memiliki rencana dan tujuan yang ingin dicapai.
Strategi bisa dengan berfokus pada peningkatan keterlibatan atau engagement di media sosial, menjangkau lebih banyak audiens yang berusia muda, serta meningkatkan pengikut atau brand awareness.
Dengan mengetahui tujuan dari kampanye marketing yang hendak Anda selenggarakan, akan lebih mudah juga untuk menyusun strategi memaksimalkan campaign di TikTok.
Para pengguna TikTok bisa membuat katalog untuk video sendiri berdasarkan subjek, yakni dengan menggunakan hashtag.
Hal ini memungkinkan Anda mengetahui tagar yang sedang tren dan video apa saja yang menggunakan tagar tersebut.
Maka, pastikan hanya menggunakan hashtag yang sesuai dan relevan. Jangan pasang banyak hashtag yang tidak relevan cuma demi mendapatkan audiens.
Menggunakan hashtag yang tak berhubungan dengan konten video Anda malah bisa menghalangi visibilitas video dan membuat konten Anda susah masuk For Your Page (FYP).
Ini adalah cara yang populer di TikTok dan bagus sekali untuk bisnis yang ingin membangun kesadaran merek dan meningkatkan keterlibatan para audiens.
Anda tinggal membuat hashtag tertentu dan bikin tantangan atau yang dikenal dengan nama hashtag challenge.
Untuk lebih menarik perhatian dan bisa mendapatkan audiens, cobalah bekerja sama dengan creative agency Jakarta untuk mendiskusikan social media campaign seperti apa yang bisa diterapkan.
Salah satu agensi kreatif yang juga merupakan digital marketing agency Indonesia terbaik adalah Redcomm Group.
Sebagai agensi yang memegang predikat Digital Agency of the Year 7x selama 7 tahun berturut-turut sejak 2018 hingga 2024, Redcomm siap membantu Anda menjalankan strategi digital campaign yang efektif.
Untuk tanya-tanya lebih lanjut, hubungi saja Kontak Redcomm.
Salah satu daya tarik dari TikTok, tersedia banyak sekali efek menarik yang bisa Anda eksplorasi. Manfaatkan saja berbagai efek tersebut untuk menunjukkan kreativitas yang tidak terbatas.
Ada enam kategori yang bisa dipilih, yaitu Trending, New, Selfies, World, Accessories, dan Animal Types. Semua itu, bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.
Jangan ragu untuk berkreasi dan mengkombinasikan beberapa efek sekaligus dalam satu video menggunakan teknik editing video sederhana.
Sama halnya dengan platform media sosial lain yang sudah melengkapi setiap akun dengan analitik, TikTok pun begitu.
Adanya fitur analitik pada TikTok memungkinkan Anda melihat data keseluruhan dari aktivitas dalam profil akun bisnis.
Memiliki data tersebut akan membantu Anda merancang strategi konten TikTok yang lebih baik.
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kinerja akun TikTok yang menjadi media promosi dan pemasaran bisnis Anda, di antaranya:
Untuk bisa memanfaatkan fitur analytics yang tersedia di TikTok, Anda harus membuat akun bisnis atau Pro Account terlebih dahulu.
Cara membuatnya mudah kok, cukup ikuti petunjuk sederhana yang sudah disediakan pula di akun TikTok Anda.
Lakukan pengaturan, terutama pada pemilihan kategori bisnis yang sesuai, lengkapi dengan nomor ponsel aktif untuk verifikasi, dan dalam waktu singkat akun Anda sudah menjadi akun bisnis.
Untuk melihat data analitik akun terbagi menjadi dua kerangka waktu, yaitu 7 hari atau 28 hari. Pantau secara rutin kemajuan dan perubahan mingguan maupun bulanan di akun Anda.
Dengan cara ini, Anda bisa melihat dengan jelas tingkat keberhasilan setiap campaign yang Anda selenggarakan.
Bahkan Anda bisa mempelajari performa setiap konten yang sudah Anda publikasikan di akun TikTok bisnis.
Apabila melihat overview dashboard atau ringkasan, Anda akan menemukan data mengenai berapa banyak tampilan video, pengikut, juga tampilan profil.
Sementara jika beralih pada dashboard konten, data yang muncul adalah gambaran mengenai jumlah postingan yang telah dibuat, juga video mana yang sedang tren.
Manfaatkan semua data yang Anda dapatkan untuk merancang strategi konten dan memastikan konten berikutnya sesuai dengan preferensi dan keinginan audiens yang masuk ke akun TikTok Anda.
Terakhir pada tab pengikut, ada data distribusi pengikut menurut wilayah, aktivitas pengikut, dan video yang mereka tonton.
Selain itu, tersedia pula data suara yang banyak pengikut akun Anda dengarkan. Bisa dikatakan, setiap video Tiktok akan menunjukkan data berikut ini:
Semua data di atas sangat bermanfaat bagi brand yang ingin menggunakan TikTok sebagai salah satu marketing campaign di tahun ini.
Perlu digarisbawahi, jika semua platform media sosial memiliki spesifikasi masing-masing. Nah, TikTok memang di luar dugaan mampu menguasai pasar dalam waktu yang singkat.
TikTok akan tetap bertahan selama para pengguna masih menikmati semua hiburan dan kemudahan yang didapatkan lewat aplikasi tersebut.
Tidak menutup kemungkinan di tahun yang akan datang pihak TikTok menghadirkan berbagai fitur baru yang lebih menarik.
Anda sudah tahu tips planning dan strategi Tiktok marketing, selanjutnya, pelajari dan terapkan Cara Promosi Bisnis di TikTok Agar Lebih Dikenal Generasi Milenial dan sebagai cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC