MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Mudah Memasang Iklan di TikTok

22 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 27.169  
Social Media

redcomm

Berapa biaya iklan di TikTok? Biaya iklan di Tiktok masih terjangkau dan tidak terlalu mahal. Bahkan dengan biaya Rp30.000,- Anda sudah bisa pasang iklan satu hari di TikTok. Baca penjelasan lengkap cara mudah memasang iklan di TikTok pada artikel kali ini, yuk.

TikTok Ads

TikTok app adalah aplikasi video pendek yang meramaikan jagat media sosial di dunia. Hingga saat ini, TikTok dianggap sebagai aplikasi Gen Z sebab rata-rata usia penggunanya di bawah 30 tahun. 

Hal ini yang melatarbelakangi pengusaha atau pengiklan mulai membangun strategi periklanan di TikTok bagi bisnis mereka. Apalagi TikTok sudah meluncurkan fitur TikTok ads yang bagus sebagai bagian dari strategi digital marketing di media sosial.

TikTok ads adalah platform untuk memasang iklan di Tiktok yang bisa Anda lakukan secara mandiri sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Lalu, bagaimana cara pasang iklan di TikTok ads? Lanjutkan membaca penjelasan di bawah ini.

Cara Beriklan di TikTok

TikTok telah meluncurkan sejumlah format iklan untuk membantu merek atau brand dalam menjangkau audiens. Agar Anda bisa lebih mudah memasang iklan di TikTok, Redcomm akan membagikan langkah demi langkah untuk membuat kampanye iklannya.

1. Buat Akun Iklan TikTok

Untuk membuat kampanye iklan pertama kali, kunjungi halaman beranda TikTok for Business dan klik tombol get started

Anda akan dialihkan ke halaman login. Jika belum mempunyai akun, tentu saja Anda harus membuat akunnya terlebih dahulu melalui tombol sign-up

Setelahnya, Anda akan masuk ke halaman TikTok ads dan mulailah membuat akun iklan TikTok dengan cara register.

2. Buat Campaign di TikTok Ads

Di dashboard TikTok ads, klik tab campaign di bagian atas halaman. Lalu klik tombol create dan create new setelah terbuka halaman baru. 

Selanjutnya, pilih tujuan kampanye yang jadi tujuan utama iklan Anda. Ada beberapa pilihan tujuan beriklan di TikTok ads, yaitu: awareness dengan pilihan reach, consideration dengan pilihan traffic, app install dan video views, serta conversion.

Untuk menetapkan anggaran iklan di kampanye iklan TikTok ini, pilih salah satu opsi biaya iklan harian atau anggaran total. 

Anda juga dapat memilih no limit di bagian bawah untuk anggaran iklan tanpa batas. Perhatikan adanya minimum anggaran harian dan anggaran total yang harus dipenuhi. Lalu, lanjutkan dengan menekan tombol continue.

3. Atur Placement, Detail, dn Target

Langkah selanjutnya, Anda secara otomatis akan masuk ke dashboard TikTok ads dan bisa mulai menjalankan iklan di menu membuat grup iklan atau ad group untuk kampanye. Pilih penempatan serta penargetan iklan.

Ada juga pilihan auto placement, di mana TikTok yang menentukan penempatan iklan demi mendapatkan kinerja iklan yang lebih baik. 

Masukkan semua detail yang diperlukan untuk mulai menjalankan iklan, termasuk memasukkan URL atau link menuju website / toko online, nama tampilan, gambar, dan kategori yang relevan. 

Anda dapat memilih hingga 20 kata kunci yang mendeskripsikan situs atau aplikasi Anda. Kata kunci tersebut kemudian digunakan untuk mencocokkan produk dengan audiens yang tepat.

Pada bagian penargetan, Anda juga bisa menentukan audiens target untuk iklan. Caranya, tetapkan parameter berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, minat, perangkat, dan lainnya supaya dapat menarik audiens yang tepat.

4. Tetapkan Anggaran Biaya Iklan, Durasi, dan Sasaran

Masih dalam pengaturan ad group, tetapkan anggaran biaya iklan untuk grup iklan pada bagian anggaran dan jadwal. Anda dapat memilih anggaran harian dalam jumlah yang ingin dibelanjakan setiap hari.

Atau, bisa pula memilih anggaran total dengan jumlah total yang ingin Anda belanjakan selama durasi iklan yang Anda pilihan. Jangan lupa, ada minimum anggaran di setiap opsi penentuan biaya anggaran biaya iklan tadi. 

Pilih durasi untuk menjadwalkan waktu tayang iklan. Day parting memungkinkan Anda memilih waktu tertentu dalam sehari atau minggu untuk menjalankan iklan. 

TikTok juga menawarkan opsi yang disebut pengoptimalan cerdas. Jika opsi ini diaktifkan, penawaran akan disesuaikan dan dioptimalkan demi meningkatkan konversi. 

Sementara kalau memilih klik atau tayangan sebagai sasaran iklan, sebaiknya pengoptimalan cerdas jangan diaktifkan.

5. Menentukan Format dan Memilih Desain Iklan

Anda dapat merancang desain iklan dari TikTok app, bisa berupa video dan gambar horizontal, vertikal, atau persegi. 

Platform iklan TikTok juga memiliki alat yang disebut video creation kit, yang dilengkapi dengan 300+ pilihan musik latar gratis, dan template yang bisa Anda gunakan.

Setelah TikTok menyetujui kampanye iklan dan iklan mulai berjalan atau ditayangkan, Anda dapat memantau kinerjanya di dashboard iklan. 

Demikian cara mudah pasang iklan di TikTok ads. Semoga dapat membantu konten TikTok Anda menjadi semakin dikenal dan mampu menjangkau target market yang diinginkan. Jangan lupa, perhatikan juga 4 Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Video Creation Kit pada TikTok Ads.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER