TikTok app adalah aplikasi video pendek yang belakangan ini meramaikan jagat media sosial di dunia. Hingga saat ini, TikTok dianggap sebagai aplikasi Gen Z sebab rata-rata usia penggunanya di bawah 30 tahun. Hal ini yang melatarbelakangi pengusaha atau pengiklan mulai membangun strategi periklanan di TikTok bagi bisnis mereka. Apalagi sekarang ini TikTok sudah meluncurkan fitur TikTok Ads yang bagus sebagai bagian dari strategi digital marketing di media sosial.

 

Cara Beriklan di TikTok

TikTok telah meluncurkan sejumlah format iklan untuk membantu merek atau brand dalam menjangkau audiens. Agar Anda bisa lebih mudah memasang iklan di TikTok, Redcomm akan membagikan langkah demi langkah untuk membuat kampanye iklannya.

 

 

  1. Buat Akun Iklan TikTok

Untuk membuat kampanye iklan pertama Anda, kunjungi halaman beranda TikTok for Business dan klik tombol get started. Anda akan dialihkan ke halaman login. Jika belum mempunyai akun, tentu saja Anda harus membuat akunnya terlebih dahulu melalui tombol sign-up. Anda akan dialihkan kembali ke halaman TikTok Ads dan diminta melanjutkan pembuatan akun iklan TikTok dengan cara register.

 

  1. Buat Campaign di TikTok Ads

Di dashboard TikTok Ads, klik tab campaign di bagian atas halaman. Lalu klik tombol create dan create new setelah terbuka halaman baru. Selanjutnya, pilih tujuan kampanye, yang merupakan tujuan utama iklan Anda. Anda dapat memilih dari tiga opsi yang tersedia, yaitu: awareness dengan pilihan reach, consideration dengan pilihan traffic, app install dan video views, serta conversion.

 

Untuk menetapkan anggaran Anda di kampanye iklan TikTok ini, pilih salah satu opsi anggaran harian atau anggaran total. Anda juga dapat memilih no limit di bagian bawah untuk anggaran iklan tanpa batas. Perhatikan adanya minimum anggaran harian dan anggaran total yang harus dipenuhi. Lalu lanjutkan dengan menekan tombol continue.

 

 

  1. Atur Placement, Detail, dan Target

Langkah selanjutnya, Anda secara otomatis akan masuk ke menu membuat grup iklan atau ad group untuk kampanye Anda dan memilih penempatan serta penargetan iklan.

 

Salah satu fitur paling berguna dari dashboard TikTok Ads adalah memungkinkan Anda memilih platform yang tepat untuk menjalankan iklan. Ada juga pilihan auto placement, di mana TikTok yang menentukan penempatan iklan demi mendapatkan kinerja iklan yang lebih baik. 

 

Masukkan semua detail yang diperlukan untuk mulai menjalankan iklan, termasuk memasukkan URL atau link menuju website / toko online, nama tampilan, gambar, dan kategori yang relevan. Anda dapat memilih hingga 20 kata kunci yang mendeskripsikan situs atau aplikasi Anda. Kata kunci tersebut kemudian digunakan untuk mencocokkan produk Anda dengan audiens yang tepat.

 

Bagian penargetan memungkinkan Anda menentukan audiens target untuk iklan Anda. Tetapkan parameter berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, minat, perangkat, dan lainnya supaya dapat menarik audiens yang tepat.

 

  1. Tetapkan Anggaran, Durasi, dan Sasaran

Masih dalam pengaturan ad group,tetapkan anggaran untuk grup iklan pada bagian anggaran dan jadwal. Anda dapat memilih anggaran harian dalam artian jumlah yang ingin Anda belanjakan setiap hari, atau anggaran total dengan jumlah total yang ingin Anda belanjakan selama durasi iklan yang Anda pilihan. Jangan lupa, ada minimum anggaran di setiap opsi penentuan biaya anggaran iklan tadi. 

 

Pilih durasi untuk menjadwalkan waktu tayang iklan. Day parting memungkinkan Anda memilih waktu tertentu dalam sehari atau minggu untuk menjalankan iklan. TikTok juga menawarkan opsi yang disebut pengoptimalan cerdas. Jika opsi ini diaktifkan, penawaran Anda akan disesuaikan dan dioptimalkan demi meningkatkan konversi. Sementara kalau Anda memilih klik atau tayangan sebagai sasaran iklan, sebaiknya pengoptimalan cerdas jangan diaktifkan.

 

 

  1. Menentukan Format dan Memilih Desain Iklan

Anda dapat merancang desain iklan dari TikTok app. Iklan TikTok dapat berupa video dan gambar horizontal, vertikal, atau persegi. Platform iklan TikTok juga memiliki alat yang disebut video creation kit. Tool tersebut menyediakan template video dan gambar yang bisa Anda gunakan. Fitur video creation kit ini juga dilengkapi dengan 300+ pilihan musik latar gratis.

 

Setelah TikTok menyetujui kampanye iklan Anda dan iklan mulai berjalan atau ditayangkan, Anda dapat memantau kinerjanya di dashboard iklan. 

 

Demikianlah langkah-langkah untuk membuat iklan di TikTok Ads. Semoga dapat membantu konten TikTok Anda menjadi semakin dikenal dan mampu menjangkau target market yang diinginkan bagi brand dan produk bisnis Anda. Teruslah berkreasi demi mendapatkan engagement audiens yang lebih baik.