MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Manfaat Bekerja S...

Manfaat Bekerja Sama dengan Social Media Agency untuk Digital Marketing Tepat Sasaran

06 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 6.639  
Social Media

redcomm

Internet dan media sosial telah menjadi bagian dari gaya hidup yang melekat pada banyak orang, terutama yang berada di perkotaan. 

Media sosial membuat setiap orang terhubung satu sama lain, baik secara individu, berkelompok, maupun antara konsumen dengan brand. Maka tak heran jika banyak pebisnis yang melakukan branding melalui platform tersebut.

Walaupun gratis, mengelola media sosial untuk bisnis tidaklah mudah, apalagi jika tanpa pengalaman sebelumnya.

Namun, jangan khawatir. Saat ini banyak sekali social media agency yang menawarkan kemudahan agar pebisnis bisa melakukan branding dengan baik sehingga lebih mudah terhubung dengan konsumen. Sederhananya, melalui optimasi media sosial. 

5 Manfaat Bekerja sama dengan Social Media Agency bagi Bisnis

Tingkat persaingan bisnis yang sangat ketat, memaksa siapa saja agar selalu bergerak secara fleksibel dan cepat. 

Melakukan pendekatan terhadap semua pelanggan, menjadi pekerjaan penting agar bisnis berkembang semakin besar seiring berjalannya waktu. 

Nah, di sinilah media sosial berperan untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan nilai bisnis Anda. Jadi, sudah sepantasnya optimasi dipercayakan kepada ahlinya.

Yuk, ketahui manfaat memaksimalkan social media agency sebagai penyelenggara digital marketing berikut ini:

1. Mengetahui Keinginan Pelanggan

Jangan merasa kesal ketika bisnis Anda mendapatkan komentar berbentuk saran atau kritik. Sebaliknya, ini merupakan hal yang bagus untuk membuat usaha Anda semakin besar. 

Dulu, para pelanggan dari tempat jauh mengalami kesulitan saat memberikan berbagai tanggapan. Saat ini, dengan mudah mereka dapat memberikan feedback terhadap suatu brand melalui kolom komentar yang ada di media sosial. 

Anda bisa melihat komentar yang mereka berikan, menanggapinya, dan membuat catatan untuk hal-hal baik yang perlu diperbaiki atau dipertahankan. 

Anda juga bisa menggunakan hal ini sebagai riset untuk inovasi produk selanjutnya. Satu hal penting yang perlu diingat, tanggapan apa pun yang Anda terima dari pelanggan, responlah dengan baik dan positif.

2. Mengedukasi Calon Pembeli

Semakin cepat brand menyebarkan produk, maka semakin dekat dan mudah bisnis memberikan pengetahuan seputar produk kepada pelanggan. 

Hal ini bisa Anda dapatkan dengan berpromosi di media sosial. Lalu, manfaat apa lagi yang bisa didapatkan dari berpromosi di media sosial?

Produk akan semakin dikenal, bahkan pelanggan lama bisa ikut mempengaruhi pelanggan baru untuk melakukan pembelian produk yang sama. Nah, untuk mencapai hasil ini, Anda harus melakukan proses branding dan promosi terlebih dahulu.

Di sinilah social media agency memiliki peranan besar karena mereka memahami dengan baik perilaku konsumen, menguasai berbagai teknik yang dibutuhkan, seperti online marketing campaign, digital business, local advertising, dan sebagainya. 

3. Membangun Loyalitas Pelanggan

Dalam menjalankan usaha apa pun, penting sekali memberikan layanan pelanggan terbaik. Pelayanan yang dimaksud tidak hanya dilakukan dengan memberikan respons cepat saja, tetapi juga memberikan reward yang menyenangkan bagi pelanggan setia.   

Pemberian reward bisa dilakukan melalui media sosial dalam bentuk giveaways, voucher diskon, dan sebagainya. 

Rancanglah proses pemberian reward ini dalam bentuk social media campaign yang kreatif, memikat, dan mengundang lebih banyak orang untuk ikut berpartisipasi.

4. Meningkatkan Minat Konsumen

Menarik perhatian konsumen dengan menyajikan informasi produk dalam konten yang kreatif melalui media sosial, juga berpotensi meningkatkan peminat produk Anda.

Mengingat dampak dari media sosial ini sangat besar, maka semua sajian konten dari suatu brand wajib diperhatikan. 

Tujuannya, agar konsumen tidak hanya tertarik, tapi juga bisa mengenali produk Anda dengan mudah. 

5. Mengetahui Perkembangan Pesaing

Selain fokus membangun bisnis untuk konsumen, jangan lupa perhatikan kompetitor Anda. Di era penggunaan internet saat ini, bukan hanya Anda yang melakukan pemasaran melalui media sosial. Kompetitor sudah pasti melakukan hal yang sama.  

Namun, jangan takut. Persaingan dibutuhkan agar tiap pribadi berusaha untuk terus meningkatkan kualitas diri, begitu juga dalam menjalankan bisnis. 

Melalui media sosial yang Anda gunakan untuk melakukan pemasaran, Anda bisa sekaligus melakukan analisis kompetitor

Manfaatkan hasilnya untuk meningkatkan kualitas produk maupun layanan, pertimbangkan juga untuk terus memperbaharui cara berpromosi di media sosial.

Setelah mengetahui beragam faktor media sosial dalam digital marketing di atas, sangat disayangkan jika tidak melakukan optimasi yang maksimal untuk bisnis Anda, bukan?

Selain bekerja sama dengan social media agency, Anda juga bisa mempekerjakan social media specialist untuk membantu Anda mengelola media sosial.

Atau kalau masih tidak bisa menanganinya sendiri, serahkan saja pada digital marketing agency Indonesia yang memiliki layanan Social Media Activation & Management atau 360° Integrated Digital Marketing, misalnya seperti Redcomm Indonesia.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER