knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
3 Cara Memaksimal...

3 Cara Memaksimalkan Kinerja Social Media Presence untuk Toko Online

09 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 19.882  
Social Media

Social Media Presence Untuk Toko Online

Memiliki social media presence yang kuat sangat penting di era digital karena memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas, membangun hubungan dengan pelanggan atau pengikut, serta meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). 

Semakin aktif Anda di media sosial, semakin banyak pengguna internet bisa mengenal dan mengetahui brand, produk, dan layanan bisnis yang Anda tawarkan. 

Ini juga berlaku bagi para pemilik toko online yang ingin dagangannya ditemukan dengan mudah di media sosial atau platform lain di internet. 

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara memaksimalkan social media presence Anda di media sosial? Yuk, baca jawabannya di artikel Redcomm Knowledge ini.

Tips Memaksimalkan Social Media Presence Agar Bisnis Jadi Laris

Mengapa harus memasarkan bisnis di media sosial? Karena social media presence atau kehadiran bisnis Anda di media sosial merupakan salah satu strategi digital marketing potensial yang bisa menghasilkan konversi penjualan.

Pengertian social media presence adalah kehadiran suatu brand atau merek di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. 

Kehadiran ini bisa berbentuk posting konten, berinteraksi dengan pengguna lain, membangun komunitas online, dan sebagainya.

Dengan menghadirkan bisnis Anda di jejaring sosial, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjangkau lebih banyak orang dari mana pun dan kapan pun. 

Selain itu, Anda juga bisa memberi kemudahan bagi calon pelanggan untuk menemukan dan mengetahui lebih jauh tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Nah, berikut beberapa cara memaksimalkan media sosial untuk bisnis online yang bisa Anda coba.

1. Pengaruhi Audiens Melalui Halaman Bisnis

Apakah Anda sudah menggunakan halaman bisnis Facebook untuk memasarkan produk Anda? Jika belum, inilah saatnya untuk memanfaatkan Fanpage Facebook sebagai langkah awal dalam mempengaruhi calon konsumen baru.

Sejumlah fitur yang ada di Fanpage Facebook dapat membantu Anda menawarkan produk dengan lebih mudah, sekaligus memudahkan untuk mendapatkan ulasan dari pelanggan.

Semakin banyak respons positif yang Anda dapatkan, maka akan memicu calon pelanggan lain penasaran dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Untuk mendapatkan hasil social media and digital marketing campaign yang maksimal, Anda harus membuat konten yang menarik. Kemudian aktif membalas komentar para konsumen, termasuk komentar negatif. 

Semakin cepat Anda merespons konsumen, Anda akan semakin dikenal sebagai seorang pebisnis yang profesional oleh pelanggan. Sebaliknya, jika Anda mengabaikan komentar mereka, besar kemungkinan Anda akan kehilangan konsumen potensial.

Selain konten iklan yang hard selling, Anda bisa juga menyediakan konten yang softselling. Misalnya konten edukasi cara merawat produk agar awet dan tahan lama. Jangan lupa di dalam konten tersebut boleh Anda sertakan sedikit promosi produk baru.

Dengan cara ini, audiens akan menilai konten dan produk Anda berkualitas, dan itu akan membuat audiens menantikan konten-konten selanjutnya.

2. Membangun Kepercayaan Audiens

Alasan seseorang tidak mau berbelanja secara online biasanya karena pengalaman buruk saat berbelanja. Misalnya, ketika menemukan penjual yang tidak jujur, saat memesan produk A, tapi yang dikirim barang B.

Tentunya ini menjadi tugas Anda sebagai seorang pebisnis untuk membuat audiens percaya terhadap produk dan layanan Anda. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda mencantumkan data profil bisnis secara akurat dan jujur. Begitupun saat memberikan informasi mengenai produk, pastikan informasinya benar dan lengkap.

Jika menjual pakaian, ada baiknya Anda memasukkan informasi mengenai ukuran dan bahan pembuat pakaiannya. Lebih baik jujur agar pelanggan tidak kecewa.

Dalam memberikan informasi, usahakan tidak menggunakan kalimat yang susah dimengerti dan mengandung makna yang ambigu. Hal itu akan membuat audiens kebingungan memahami produk Anda.  

Semakin Anda dipercaya oleh audiens, semakin mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Membangun kepercayaan tidak bisa dikesampingkan jika ingin bisnis Anda semakin dikenal banyak orang.

 Jika Anda dapat membangun kepercayaan dari satu audiens, besar kemungkinan audiens tersebut akan memberikan informasi ke audiens lain bahwa produk Anda memang trusted.

 3. Targetkan Promosi untuk Audiens Lokal

Saat memulai bisnis, ada baiknya menargetkan audiens lokal terlebih dahulu. 

Dengan menjangkau audiens lokal di sekitar lokasi usaha, Anda bisa lebih mudah menguasai pasar terdekat untuk membangun kesadaran merek dan membuat banyak orang mengenal brand dan produk Anda.

Untuk menjangkau target audiens lokal, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

a. Menggunakan Google Bisnis

Layanan ini akan memudahkan Anda menarik audiens yang berada di sekitar lokasi bisnis. Selain nama dari bisnis, Anda bisa juga menambahkan lokasi, nomor telepon, serta ulasan dari pelanggan sebelumnya.

b. Promosi Silang dengan Pebisnis Lokal Lainnya 

Anda bisa mengajak para pebisnis lokal untuk saling mempromosikan barang jualan. Cara ini juga cukup mudah dan gratis.

c. Jadi Sponsor di Event Lokal

Menjadi sponsor untuk event lokal adalah cara yang tepat untuk meningkatkan bisnis dan menjaring banyak audiens lokal.

Itulah beberapa cara memaksimalkan social media presence untuk toko online Anda. Dengan Anda menawarkan jasa atau produk secara online melalui media sosial, potensi untuk mendapatkan lebih banyak konsumen akan semakin besar. Apalagi kalau Anda juga Mengoptimalkan Online Presence.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER