MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Membuat Fanpage di Facebook yang Mudah dan Praktis

13 Jun  · 
3 min read
 · 
eye 50.805  
Social Media

redcomm

Menjalankan bisnis secara online itu mudah jika Anda tahu caranya dan mau terus belajar mengikuti perkembangan teknologi dan internet. Apalagi saat ini hampir semua orang mengakses internet, termasuk media sosial seperti Facebook.

Mengingat Facebook masih menjadi media sosial yang efektif untuk melakukan promosi dan pemasaran, bahkan bisa langsung melakukan jual beli produk, ada baiknya Anda membuat fanpage di Facebook.

Berikut cara membuat fanpage Facebook dan tips fanpage cepat populer agar bisa membantu memasarkan produk bisnis Anda.

Kenapa Bisnis Perlu Punya Fanpage Facebook?

Apa yang dimaksud dengan fanpage? Fanpage Facebook adalah halaman penggemar yang di dalamnya tersedia berbagai fitur untuk melakukan aktivitas promosi dan pemasaran di Facebook.

Menggunakan Facebook fanpage memungkinkan Anda memasang dan mengelola iklan atau Facebook Ads. Dengan catatan, Anda sudah paham jurus pasang Facebook Ads yang tepat sasaran.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan data insight yang sudah tersedia di fanpage untuk mengetahui bagaimana interaksi pelanggan di halaman akun bisnis Anda. Data ini sangat berguna, karena Anda jadi tahu perilaku konsumen, kemudian memanfaatkannya untuk membidik konsumen premium atau konsumen potensial.

Cara Membuat Fanpage di Facebook

Sudah siap membuat dan memiliki fanpage di Facebook? Jika sudah, yuk ikuti step by step cara membuat fanpage Facebook berikut:

1. Login ke Akun Facebook

Langkah pertama, Anda harus masuk ke akun Facebook yang Anda gunakan dengan memasukkan email dan kata sandi terdaftar.

2. Buat Halaman Fanpage

Setelah berhasil login, pilih menu halaman pada sisi kiri layar akun Facebook (biasanya berbentuk tiga garis atau titik).

Dari menu dropdown, pilih “Halaman” di mana akan tampil semua halaman yang Anda kelola, serta opsi untuk membuat halaman baru.

Jika baru pertama kali dan belum pernah membuat fanpage Facebook, maka langsung klik saja tanda “+ Buat Halaman Baru”. Lalu, langsung pilih apakah fanpage yang Anda buat itu untuk “Bisnis / Brand” atau “Komunitas / Tokoh Masyarakat”.

3. Isi Informasi Halaman

Berikutnya akan muncul kolom isian atau formulir yang terbagi menjadi tiga bagian. Nama halaman, kategori, dan bio (keterangan tambahan terkait profil bisnis). Isilah kolom-kolom tersebut sesuai dengan usaha Anda.

  • Nama Halaman: isi dengan nama fanpage yang sesuai dengan bisnis atau brand Anda.
  • Kategori: pilih kategori yang paling relevan dengan bisnis, apakah “Restoran”, “Toko Ritel”, “Organisasi Nonprofit”, atau lainnya.
  • Deskripsi: tulis deskripsi singkat yang menjelaskan tujuan atau layanan yang Anda tawarkan.

4. Tambahkan Gambar Profil dan Sampul

Gambar yang menarik sangat penting untuk menarik perhatian audiens. Anda bisa mengikuti tips berikut:

  • Untuk gambar profil, unggah yang bisa menjadi brand identity bisnis Anda, seperti logo bisnis, tampak depan toko / kantor, atau foto profesional ruang usaha, dll. Ukuran ideal untuk gambar profil, yaitu: 180 x 180 piksel.

Sementara untuk gambar sampul, Anda bisa menampilkan landscape menarik dari lokasi usaha, mozaik produk unggulan, dan lainnya. Usahakan ukuran gambar sampul: 820 x 312 piksel.

5. Lengkapi Informasi Pendukung

Setelah proses pengisian informasi dasar dan penambahan gambar selesai, sekarang waktunya Anda melengkapi informasi lainnya yang akan mendukung pertumbuhan bisnis.

Beberapa informasi penting yang juga perlu Anda cantumkan di halaman fanpage, antara lain:

  • Agar memudahkan audiens berinteraksi dengan brand bisnis Anda, tambahkan tombol Call to Action (CTA) dengan mengklik “Tambahkan Tombol” yang ada di bawah gambar sampul. Selain tombol CTA, Anda juga bisa menggunakan jenis tombol lainnya, seperti “Hubungi Kami”, “Kunjungi Situs Web”, atau “Pesan Sekarang”.
  • Kemudian, tambahkan juga informasi terkait alamat, nomor telepon, jam operasional, dan situs web. Caranya, Anda tinggal klik “Edit Info Halaman” yang terdapat di menu sebelah kiri.

6. Publikasikan Halaman Fanpage

Lakukan pemeriksaan untuk semua informasi yang sudah Anda tambahkan sekali lagi. Kalau sudah yakin lengkap dan benar, sekarang waktunya Anda mempublikasikan halaman fanpage.

Caranya mudah, tinggal klik “Publikasikan” yang terdapat pada bagian atas halaman.

Alangkah lebih baik jika Anda juga membagikan halaman fanpage Facebook yang baru ini kepada teman, keluarga, relasi, maupun semua kenalan yang berada dalam jaringan pertemanan Anda di Facebook.

Tujuan membagikan halaman tersebut supaya ada lebih banyak orang yang mengenal bisnis Anda, termasuk produk, jasa, maupun layanan yang Anda tawarkan.

7. Mulai Posting Konten

Langkah terakhir, Anda perlu sesegera mungkin posting konten yang menarik perhatian dan bisa membangun keterlibatan dengan sebanyak mungkin pengguna Facebook lainnya.

Beberapa tips yang bisa Anda terapkan terkait konten di Facebook fanpage dan bisa membantu mempopulerkan halaman fanpage ini, antara lain:

  • Konten yang pertama kali Anda posting sebaiknya berisi tentang deskripsi, cerita, atau ulasan yang menarik tentang alasan Anda membuat fanpage, isi fanpage, dan hal-hal penting lainnya yang membuat pengguna Facebook mau mengikuti fanpage Anda.
  • Buatlah jadwal posting dan kalender konten yang rutin dan teratur dan mulailah membangun interaksi dengan para pengikut.
  • Pastikan konten yang Anda publish di fanpage bervariasi, mulai dari artikel, foto, video, infografis, dan sebagainya.
  • Terapkan teknik SEO copywriting dan gunakan kata kunci yang relevan di deskripsi dan setiap postingan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari.
  • Luangkan waktu untuk melakukan analisis dari data insight yang sudah Facebook sediakan. Kalau perlu pasang iklan di Facebook ads untuk jangkauan promosi dan pemasaran yang lebih luas.

Nah, Anda sudah tahu cara membuat fanpage di Facebook dari penjelasan yang detail di artikel ini. Segera terapkan dan mulailah membangun branding bisnis yang kuat di Facebook. Untuk Anda yang baru pertama kali memasang iklan di Facebook Ads, Anda bisa mengikuti caranya di artikel lain yang sudah tersedia di Redcomm Knowledge. Langsung klik link berikut: Begini Cara Menjalankan Iklan di Facebook Ads.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER