Beberapa tahun terakhir, TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang populer dan digemari generasi milenial di seluruh dunia. Bahkan dalam perkembangannya, TikTok tak hanya digunakan oleh generasi milenial saja, tetapi sudah digunakan hampir semua lapisan masyarakat, termasuk para marketer, karena potensinya sebagai tempat promosi produk kian besar seiring bertambahnya jumlah pengguna.

 

Rupanya, TikTok menyadari peluang ini sehingga menghadirkan TikTok ads bagi marketer atau pebisnis yang ingin memperkenalkan produknya. Video creation kit pun hadir sebagai alat yang dapat membantu Anda merancang konten video berkualitas.

 

Kapan Sebaiknya Menggunakan Video Creation Kit?

 

 

Sesuai namanya, video creation kit akan memudahkan Anda mengkonsep dan membuat konten video dengan memanfaatkan berbagai macam template gambar maupun audio. Ada lebih dari 300 background music yang bisa menambah kualitas konten jadi semakin menarik dan atraktif. Dimensi gambar dan video yang dihasilkan pun dapat berupa vertikal, horizontal, atau kotak. Dengan opsi gambar dan video yang berlimpah, kapan sebaiknya Anda memanfaatkan fitur video creation kits yang tersedia di TikTok ads untuk promosi?

 

  1. Saat Ingin Beriklan di antara Konten Pengguna

In-feed ads adalah salah satu jenis iklan yang dapat Anda gunakan untuk promosi dengan menyisipkan iklan di antara konten pengguna. Sekilas, formatnya akan mengingatkan Anda pada iklan-iklan singkat yang muncul di Instagram stories. Namun dengan video creation kit, video yang ditampilkan bakal lebih menarik, sehingga peluang konsumen mengambil call to action pun akan semakin besar.

 

Supaya iklan Anda langsung memikat dan menarik pengguna dalam 2-3 detik pertama, pakai format full-screen pada gambar atau video. Cantumkan ajakan singkat untuk melakukan sesuai tujuan Anda mengadakan iklan tersebut, tetapi memuat solusi yang  membantu pengguna memenuhi kebutuhannya.

 

  1. Saat Ingin ‘Mencuri’ Perhatian pada Pandangan Pertama

Jika Anda punya anggaran iklan yang lebih banyak, Anda dapat mengambil brand takeover sebagai strategi pemasaran di TikTok. Kalau in-feed ads akan menampilkan iklan di antara konten pengguna, brand takeover memastikan iklan Anda langsung ‘mencuri’ perhatian pengguna sejak pandangan pertama. Pasalnya, konten bakal muncul saat pengguna membuka TikTok.

 

Manfaatkan video creation kit untuk mendesain konten iklan supaya pengguna tak cepat lupa dengan produk Anda. Kualitas konten tetap harus diperhatikan, meski tingkat persaingan pada jenis iklan ini lebih kecil untuk meninggalkan kesan pertama yang memukau.

 

 

  1. Saat Ingin Meyakinkan Pengguna dengan Konten Premium

Masih berkaitan dengan brand takeover, ada pula fitur bernama top view yang merupakan pengembangan dari jenis iklan tersebut. Salah satu hal yang membedakan top view dari brand takeover adalah iklan baru akan ditampilkan setelah tiga detik pertama. Selain itu, konten yang Anda unggah memungkinkan untuk tampil pada halaman teratas for you dalam format video full-screen berdurasi 60 detik.

 

Karena termasuk jenis iklan premium, konten yang Anda siapkan untuk top view pun harus didesain semaksimal mungkin. Dalam hal ini, video creation kit akan menjadi fitur yang memudahkan Anda menghasilkan iklan yang sesuai dengan kriteria TikTok ads.

 

  1. Saat Ingin Melibatkan Pengguna dalam Kampanye

Waktu atau momen terbaik lainnya untuk menggunakan fitur TikTok ads adalah saat Anda ingin melibatkan pengguna dalam kampanye promosi. Branded hashtags challenge pun bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness melalui kombinasi video menarik yang berhubungan dengan tagar yang Anda kampanyekan.

 

 

Untuk mendampingi branded hashtags challenge, TikTok ads juga menghadirkan branded effects yang terdiri atas macam-macam stiker, AR filter, hingga lenses yang ditujukan untuk kebutuhan bisnis. Pastikan juga pemakaiannya sesuai dengan konsep iklan.

 

Selamat memaksimalkan penggunaan video creation kit untuk membuat iklan di TikTok yang lebih berkualitas demi memajukan bisnis yang Anda kelola!