Keuntungan Berjualan di TikTok Shop
Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika berjualan di TikTok shop, di antaranya:
- Mudah menjangkau pasar yang lebih luas karena pengguna TikTok berbagai kalangan dan usia.
- Anda tidak butuh marketplace atau website lagi, tapi bisa langsung upload katalog produk di TikTok shop.
- TikTok shop berfungsi sebagai media sosial, sekaligus media untuk berbelanja dan berjualan dalam satu aplikasi.
- Semua transaksi, baik pembelian, penjualan, berkomunikasi atau chat dengan pembeli/penjual, bahkan pembayaran bisa Anda lakukan dalam aplikasi TikTok shop secara langsung.
- Mendukung pencetakan resi otomatis.
- Memudahkan pengaturan untuk metode pembayaran, termasuk COD.
Cara Daftar TikTok Shop
Untuk bisa menggunakan TikTok shop, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:
1. Buat Akun di TikTok Shop
Boleh memiliki akun di TikTok terlebih dahulu, atau langsung mendaftar di TikTok shop pada link https://seller-id.tiktok.com/account/welcome.
Pilih Sign up with TikTok Account jika Anda sudah punya akun TikTok. Sementara jika belum punya akun, Anda perlu klik Sign up with Phone & Email.
2. Isi Informasi Lengkap di Profil TikTok Seller
Masukkan informasi mengenai bisnis dan data diri Anda, seperti: nama bisnis pada bagian profil Seller Center TikTok Shop. Kemudian isi pula jenis usaha yang dijalankan, alamat toko, informasi produk, email, identitas diri, rekening bank, dan lainnya.
3. Verifikasi Akun untuk Menggunakan Fitur TikTok Seller
Setelah proses registrasi bisnis selesai, Anda akan mendapatkan notifikasi verifikasi dari TikTok. Lakukan verifikasi segera ya, sebagai pernyataan bisnis ini memang milik Anda. Begitu akun sudah jadi, Anda bisa langsung menggunakan fitur Seller Center TikTok shop.
4. Mulai Berjualan dengan Menambahkan Produk di TikTok Shop
Tambahkan produk ke TikTok shop dengan cara klik Add First Product. Lalu klik Add Product dan Anda bisa langsung meng-upload berbagai produk yang mau Anda jual di TikTok shop. Jangan lupa lengkapi deskripsi produk, kategori, brand, dan informasi pendukung lainnya.