MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Cara Ampuh untuk Lebih Dikenal di Instagram

 · 
3 min read
 · 
eye 551  
Social Media

redcomm

Instagram adalah mesin pemasaran konten yang kuat dan alat untuk membangun audiens. 

Ini telah membangun merek dan menjadikan banyak influencer sukses, memungkinkan orang menjadi bintang sosial buatan sendiri.

Selebriti, pengusaha, model, dan para profesional lainnya menghasilkan uang di Instagram berkat postingan sponsor mereka. 

Instagram juga memiliki tingkat keterlibatan terbesar kedua di antara jaringan sosial, mencapai 0,60 persen.

Jika kamu ingin mempromosikan diri atau merekmu di Instagram dan ingin memiliki pengikut yang besar dan setia, cek lima tips efektif berikut ini.

1. Pilih estetika yang menarik

Ketika berbicara tentang Instagram, estetika sangat penting. Pada dasarnya, ini adalah situs berbagi foto dan video, jadi penampilan adalah segalanya.

Kamu perlu mengadopsi estetika merek umum di akunmu. Jika kamu menjalankan merek fashion, kamu ingin gambar yang bersih dan elegan. 

Jika kamu mencoba mempromosikan merek lifestyle, gunakanlah foto-foto cerah yang mencolok seperti merek yoga dan athleisure seperti Lululemon.

Jika seseorang mengikuti kamu di Instagram, itu karena mereka memiliki fotografi yang luar biasa dan gambar menarik. 

Unggah foto berkualitas terbaik ke profil publikmu dan buat orang-orang memperhatikan begitu mereka mengunjungi halamanmu.

Pastikan estetika yang kamu pilih terkait secara langsung dan otentik dengan merekmu. Hindari mengganti filter terlalu sering agar kamu dapat membangun gaya dan tema yang konsisten yang dapat diikuti oleh orang.

2. Gunakan caption dan hashtag yang menarik

Melihat gambar tanpa tahu apa yang kamu lihat bisa membuat frustrasi saat menjelajahi Instagram, terutama ketika kamu melihat sesuatu yang menarik dan ingin tahu lebih lanjut. 

Tetapkan pengikutmu terlibat dengan caption yang cerdas, tajam, tetapi tetap menjelaskan dengan jelas apa yang mereka lihat. 

Caption adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepribadian merekmu karena orang suka merasa terhubung dengan yang mereka ikuti. 

Bicaralah kepada mereka melalui caption. Jaga agar caption-mu informatif dan deskriptif namun tidak terlalu panjang. 

Orang suka teks sederhana, singkat, dan menarik untuk dibaca di media sosial, dan caption harus mencerminkan semangat itu. 

Untuk mempercepat jumlah like, tampilan, dan berbagi postinganmu, penggunaan hashtag di media sosial adalah cara cerdas. 

Instagram membatasi jumlah hashtag yang bisa kamu gunakan dalam satu postingan menjadi 30, tetapi kamu dapat menggunakan sebanyak mungkin yang relevan dengan postingan.

Kamu tidak perlu menghindari yang sangat populer, seperti #instadaily dan #instagood, tetapi sadarilah bahwa ini sangat kompetitif untuk mendapatkan peringkat dalam tag ini karena ratusan juta orang menggunakannya. 

Semakin populer dan umum sebuah hashtag, semakin sulit untuk dikenali oleh orang-orang yang ingin berinteraksi dengan postinganmu.

Pilih hashtag yang relevan dengan minat dan industri kamu. Kamu juga dapat membuat hashtag-mu sendiri atau memberikan sentuhan pada topik yang sedang tren untuk membantu lebih banyak postinganmu dilihat oleh pengguna yang tepat.

3. Posting pada waktu yang tepat

Cara terbaik untuk menarik pengikut di Instagram adalah dengan memposting pada waktu optimal ketika kamu mendapatkan lebih banyak tampilan dan interaksi. 

Meskipun Instagram menggunakan timeline berbasis algoritma, waktu posting yang optimal masih relevan.

Kamu dapat memeriksa wawasan Instagram untuk mengetahui kapan sebagian besar pengikutmu online dengan mengklik tab profil dan ikon grafik batang. 

Jika kamu tahu pengikutmu online lebih banyak di pagi hari, postinglah sesuatu untuk menyemangati hari mereka. 

Jika mereka menelusuri pada malam hari, simpan kontenmu untuk jam-jam setelah bekerja.

Kamu juga harus menjeda postingan sebanyak mungkin. Memposting beberapa hal pada saat yang sama tidak akan membuatmu mendapatkan lebih banyak perhatian, dan kamu tidak ingin membanjiri orang.

Jika kamu memiliki beberapa foto untuk dibagikan, gabungkan dalam satu postingan dengan fitur slideshow

Kamu bisa menyimpan postingan yang siap dipublikasikan melalui draf di dalam Instagram. Dengan cara ini, kamu dapat posting kapan pun kamu siap dengan caption dan hashtag.

4. Berinteraksi dan gunakan Instagram Story

Pengikut akan ingin mengunjungi profilmu lebih banyak jika mereka tahu bahwa kamu tertarik untuk berbicara dengan mereka dalam komentar, melalui direct message, atau bahkan dalam live streaming.

Balas komentar yang kamu terima di postinganmu, dan tandai orang dan tempat dalam postinganmu, selama tag tersebut relevan dengan gambar atau video yang kamu posting.

Kamu juga harus berinteraksi dengan beberapa pengikutmu yang membagikan konten serupa dengan mengomentari postingan mereka, karena itu bisa memicu percakapan dan pertukaran ide. 

Kamu juga bisa mengikuti hashtag Instagram yang relevan dengan niche kamu. Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat menyaring, menyukai, dan mengomentari postingan yang relevan dan bahkan mendapatkan pengikut baru.

Cara lain untuk berinteraksi adalah dengan menggunakan Instagram Stories. Kamu bisa memposting video dan foto yang bisa dilihat pengikutmu, sehingga mereka dapat mengirim pesan jika mereka suka. 

Ini adalah konten spontan dan kasar yang memungkinkan orang tahu apa yang kamu promosikan dan kepribadian di baliknya.

Cara terbaik untuk menggunakan Stories adalah dengan melakukan siaran langsung. Instagram Live memungkinkan pengikut untuk mengomentari dan bergabung dalam percakapan secara real time

Jangan gunakan sesi Live hanya untuk menjual layanan atau apa pun yang kamu promosikan. Buatlah itu menyenangkan dan sesuatu yang ingin orang tonton dari awal hingga akhir, selama 24 jam video tersebut tersedia.

Orang dapat mengirim pertanyaan mereka untukmu, jadi ini adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan produk. 

5. Perhatikan pesaing dan niche kamu

Sama seperti banyak sektor lainnya, dunia media sosial sangat kompetitif. Memeriksa pengguna Instagram sesama yang mengkhususkan diri dalam hal-hal yang kamu fokuskan adalah strategi yang baik. 

Lihat metrik keterlibatan mereka, lihat hashtag apa yang mereka gunakan, kapan mereka posting, dan apa yang mereka posting.

Periksa jenis konten yang mereka gunakan untuk menarik pengikut dan menciptakan interaksi terbaik. 

Bahkan membantu melihat postingan mana yang kurang sukses dalam menciptakan kesan. Wawasan ini akan membantu kamu mengoptimalkan kontenmu sendiri untuk membantu kamu tetap unggul dari pesaing terdekatmu. 

Kamu juga bisa mendapatkan manfaat dengan mengkurasi postingan dan video kamu dengan cara yang paling kohesif mungkin.

Lalu, untuk meningkatkan pengikutmu secara efektif, kamu perlu memahami demografis targetmu. 

Evaluasi siapa pengikut idealmu dan bagaimana kamu ingin mereka berinteraksi dengan media sosial dan merekmu.

Baik untuk memiliki berbagai macam minat. Jika fokusmu adalah kebugaran, maka kamu akan mencari penggemar olahraga dan kebugaran dengan video kebugaran dan tips dietmu.

Orang akan berhenti mengikuti kamu begitu mereka melihat konten yang tidak relevan bagi mereka atau tidak melihat konsistensi dalam fokusmu. 

Selain itu, jaga halaman profesionalmu tetap profesional, dan simpan foto-foto pribadi atau acak untuk akun pribadimu yang bukan bisnis.

Kamu juga perlu memahami berbagai tools Instagram yang efektif untuk mengingkatkan akunmu, salah satu fiturnya adalah Carousel. Maka dari itu, 7 Jenis Konten Instagram Carousel yang Bisa Mendatangkan Audiens.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER