Apakah Anda selalu bertanya-tanya, konten seperti apa yang mampu menarik minat audiens? Bagaimana cara menerapkan strategi digital marketing dan social media campaign, terutama di Instagram, yang bisa mendatangkan banyak pelanggan? Bagaimana cara konten Instagram Carousel bisa mendatangkan audiens?

 

Pastinya, setiap pebisnis ingin bisnisnya dikenal masyarakat dan produknya banyak dibicarakan orang. Itu sebabnya, kebanyakan pebisnis giat memanfaatkan berbagai media promosi online untuk membangun branding, melakukan promosi bisnis, dan semua itu demi meningkatkan penjualan di Instagram.

 

Mengapa Harus Menggunakan Instagram Carousel?

Fitur carousel Instagram sudah ada sejak tahun 2017, yang mana membuat penggunanya bisa mengunggah lebih dari satu foto dalam satu kali upload atau multiple post. Anda bahkan bisa menambahkan hingga 10 foto maupun video. 

 

Seiring berjalannya waktu, muncul data yang dirilis Instagram dan menunjukkan bahwa penggunaan Instagram carousel meningkat sekitar 16.44%, dari yang awalnya hanya 3% menjadi 19.44%. Hal inilah yang membuatnya dinilai sebagai sebuah konten organik yang memberikan kinerja terbaik dalam Instagram.

 

 

Konten Instagram Carousel yang bisa Mendatangkan Audiens

Lantas, seperti apa konten Instagram carousel yang bagus untuk menarik lebih banyak audiens saat melakukan digital marketing campaign? Berikut ini beberapa jenis konten Instagram carousel yang bisa Anda jadikan inspirasi!

 

  1. Menyajikan Fakta atau Rekomendasi

Anda pasti senang mengunjungi akun yang informatif karena umumnya memberikan banyak informasi menarik, bukan? Begitupun dengan netizen. Mereka senang berkunjung ke akun-akun dengan tipe tersebut untuk mencari jawaban dari berbagai pertanyaan yang muncul dalam diri mereka. Oleh sebab itu, manfaatkanlah hal ini dengan menyediakan berbagai informasi menarik yang mereka inginkan pada unggahan multiple post Anda.

 

Cobalah untuk membuat konten carousel dengan tema ‘did you know,’ yang mana akan mengundang antusias dan rasa penasaran netizen, sehingga mereka terus membuka slide demi slide dari unggahan Anda. Konten tersebut bisa berisi informasi menarik yang sedang digemari dan disisipi informasi dan sejumlah fakta menarik mengenai brand Anda.

 

  1. Menyusun Cerita

Jika Anda senang membuat konten yang storytelling, maka Instagram carousel memberikan kesempatan bagi Anda menyampaikannya dalam narasi yang mengagumkan. Anda bisa membagi-bagi kalimat dan menempatkannya pada setiap gambar.

 

Jadi, untuk menuntaskan rasa penasaran, mau tidak mau mereka akan lanjut ke halaman berikutnya atau slide ke-2, ke-3, dan seterusnya, untuk membaca keseluruhan cerita yang Anda buat. Pada slide terakhir, Anda bisa mengarahkan mereka menuju halaman blog atau situs, YouTube, atau situs belanja Anda.

 

  1. Libatkan Foto Panorama

Apabila bisnis Anda bergerak di bidang pariwisata, tentunya ingin menonjolkan keindahan berbagai tempat wisata di dunia, bukan? Dengan memanfaatkan beberapa slide untuk menampilkan potongan foto panorama, pengguna Instagram bisa menikmati pemandangan yang lebih luas dan jelas mengenai lokasi wisata tersebut.

 

Begitu pula untuk bisnis perhotelan, kafe, gym, dan lainnya. Memanfaatkan carousel dengan menyajikan foto panorama, akan membuat para pengguna Instagram mendapatkan pengalaman seru menikmati setiap foto yang Anda sajikan. Mereka bisa swipe leftpostingan Anda terus menerus untuk melihat apa yang akan didapatkan, dan kemungkinan tertarik untuk datang langsung ke lokasi pun jadi lebih besar.

 

 

  1. Cobalah Membagikan Stop Motion!

Apakah Anda menyadarinya, jika setiap hari Instagram dipenuhi oleh jutaan foto, video, dan cerita dengan model yang sama? Hal tersebut membuat para pengguna cenderung melakukan scroll yang cepat sampai akhirnya berhenti ketika menemukan satu postingan yang berbeda dan menarik perhatian. Contoh yang saat ini jadi trend adalah video stop motion.

 

Stop motion adalah teknik video animasi yang memanipulasi objek seolah bergerak sendiri ataupun secara perlahan-lahan. Untuk menarik perhatian audiens dan menjangkau lebih banyak pengunjung, Anda bisa membuat video stop motion dengan kombinasi warna yang elegan, musik yang menarik, dan tonjolkan produk maupun layanan Anda di dalamnya. Ini sangat bagus untuk penerapan strategi Instagram marketing yang lebih bisa menjangkau banyak audiens.

 

  1. Foto Before-After

Cara lain untuk memikat perhatian pengguna Instagram bisa dengan mengunggah carousel foto sebelum dan sesudah. Umumnya, audiens menyukai foto tentang proses transformasi karena memberikan nilai lebih atas produk yang digunakan dalam proses perubahan penampilan tersebut. Metode ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki brand seputar kosmetik, software editing, merek suplemen penurun berat badan, pemasaran produk perawatan kulit, merek perabotan rumah tangga, bahkan untuk produk pembersih kamar mandi.

 

  1. Carousel Berisi Feedback Pelanggan

Tidak ada yang lebih menyenangkan bagi brand, selain melihat umpan balik positif dari orang-orang yang sudah menggunakan produk maupun layanan suatu brand. Jadi, tidak ada salahnya apabila Anda menggunakan fitur Instagram ini untuk memasukkan beberapa feedback positif atau testimoni dari pelanggan, termasuk foto mereka saat menggunakan produk Anda. 

 

Hal ini akan membuat pengguna Instagram lainnya percaya bahwa produk Anda sangat berguna. Konsumen yang testimoninya dimuat pun akan merasa dihargai dan mungkin akan mempertimbangkan untuk jadi pelanggan tetap yang melakukan repurchase produk.

 

 

  1. Gabungkan Video Tutorial yang Bermanfaat

Ketika Anda melakukan digital marketing social media, jangan lupa mengunggah sesuatu yang bisa memberikan edukasi bagi warganet. Siapkan atau buat video tutorial yang lengkap dan membahas semua jawaban yang dicari oleh netizen.

 

Hal penting lainnya, perhatikan desain untuk konten Instagram carousel. Sebab, desain yang indah dan cantik pun memegang peranan penting dalam menarik perhatian pengguna. Anda bisa menggunakan software desain grafis untuk membuat konten jadi lebih menarik.

 

 

Jika Anda masih ragu untuk menyusunnya sendiri, cobalah bekerja sama dengan tim top digital agency Jakarta agar konten Instagram carousel tak hanya menarik, namun juga berisi.