Motion grafis adalah elemen grafis lengkap yang merupakan penggabungan antara efek bergerak, suara, fotografi, ilustrasi, dan sebagainya. Motion grafis sedang populer saat ini dan sering digunakan untuk keperluan video marketing serta video branding, termasuk dalam proses digital marketing social media. 

 

Deretan Aplikasi Pembuat Motion Grafis Profesional

Jika Anda ingin menjadi seorang desainer motion grafis sudah jelas membutuhkan berbagai aplikasi atau software yang bisa membantu Anda menggabungkan animasi dan komponen lain. Anda juga harus memiliki kemampuan serta kreativitas untuk menghasilkan motion grafis terbaik. Tidak hanya itu, meningkatkan kemampuan dalam mengelola aplikasi juga wajib dilakukan, sehingga Anda harus mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan penguasaan motion grafis. Berikut ini deretan aplikasi atau software terbaik yang bisa Anda coba untuk membuat motion grafis

 

 

  1. Adobe Photoshop

Aplikasi Adobe Photoshop tentunya tidak asing lagi untuk edit foto dan menambahkan efek. Selain itu, Adobe Photoshop bisa juga digunakan untuk membuat motion grafis, meskipun hanya berupa efek sederhana. Misalnya, menambahkan huruf atau kata yang bergerak pada video atau elemen grafis lainnya. 

 

  1. Adobe Flash Player 

Seperti yang sudah diketahui, Adobe Flash Player berfungsi untuk menggambar vektor dan membuat animasi 2D. Keunggulan dari aplikasi ini, Anda bisa mengoperasikannya dengan mudah serta bisa menambahkan kode pemrograman untuk mengubah pergerakan animasi. 

 

  1. Adobe After Effect

Adobe After Effect sangat cocok untuk pemula yang menginginkan kemudahan dalam pembuatan motion grafis, yang nantinya digunakan untuk penerapan digital marketing strategist melalui video marketing perusahaan. Aplikasinya ini juga memiliki fitur lengkap untuk menambahkan efek animasi pada video. Anda dapat memilih fitur motion atau coloring jika ingin memasukkan variasi warna. Selain itu, keunggulan Adobe After Effect bisa membuat banyak model animasi, kecuali model 3D. 

 

  1. Apple Motion 

Dalam pembuatan motion grafis untuk video branding, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Apple Motion. Aplikasi yang dikeluarkan oleh Apple ini bisa membantu Anda untuk membuat berbagai efek, transisi, bahkan generators. Kekurangan dari aplikasi ini tidak maksimal untuk layer yang melebihi 60 layer dan grafis 3D. 

 

 

  1. Nuke 

Aplikasi motion grafis lainnya yang bisa Anda coba adalah Nuke. Berbeda dengan Adobe After Effect yang dibatasi layer, aplikasi Nuke bisa menggabungkan komponen 3D dengan video secara bersamaan. Oleh karena itu, banyak perusahaan grafis yang lebih memilih menggunakan aplikasi ini.

 

  1. Maxon Cinema 4D 

Maxon Cinema 4D merupakan aplikasi yang dapat menambahkan animasi atau teks dalam model 3D. Namun pastikan untuk mendapat lisensi dari aplikasi ini, sebab jika Anda menggunakan versi gratis maka fitur yang ditawarkan sangat terbatas. 

 

  1. Adobe Illustrator 

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan oleh pemula yang ingin mempelajari cara  menambahkan motion grafis dalam video branding atau video marketing untuk mendukung social media campaign adalah aplikasi Adobe Illustrator. Aplikasi ini berfungsi membuat pecahan dari animasi vektor, bahkan bisa mengubah bentuk dari vektor. Penggunaan Adobe Illustrator hampir sama dengan CorelDRAW yang bisa membuat motion grafis sederhana dari titik satu ke titik lainnya.

 

 

  1. Adobe Premiere 

Software yang satu ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk mengedit video. Adobe Premiere cocok untuk membuat motion grafis seperti melakukan coloring, menggabungkan audio dan komponen visual lainnya sehingga motion grafis yang dihasilkan akan sempurna.