Podcast menjadi salah satu platform yang banyak peminatnya. Layanan audio streaming ini bisa menjadi sarana untuk membagikan konten dengan berbagai tujuan.
Podcast menjadi salah satu platform yang banyak peminatnya. Layanan audio streaming ini bisa menjadi sarana untuk membagikan konten dengan berbagai tujuan.
Misalnya membangun branding, memasarkan produk, untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, dan meningkatkan engagement.
Ketika platform lain berfokus menampilkan foto maupun teks, Podcast berfokus pada konten audio. Meskipun terkadang, ada juga yang mengkombinasikannya dengan video. Contohnya Podcast Deddy Corbuzier.
Yuk, baca dan cari tahu cara memanfaatkan Podcast untuk mengembangkan bisnis di artikel Redcomm Knowledge ini.
Kepopuleran Podcast saat ini tidak terlepas dari kemudahan aksesnya. Podcast bisa memenuhi kebutuhan informasi terbaru bagi individu yang sangat sibuk.
Dengan mendengarkan Podcast, audiens bisa mendapatkan informasi atau pengetahuan baru sembari melakukan aktivitas lain.
Contohnya, Anda bisa mendengarkan Podcast Memulai Bisnis kalau mau belajar cara memulai dan membangun bisnis. Atau bisa juga mendengarkan Podcast inspiratif untuk jadi pengusaha.
Terjadinya peningkatan pengguna Podcast di Indonesia dari tahun ke tahun, turut mendorong banyak brand yang memanfaatkan platform ini untuk melakukan social media and digital marketing campaign.
Apalagi terdapat beberapa kelebihan Podcast, seperti:
Jika tertarik mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan Podcast, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, antara lain:
Untuk mendapatkan kesan profesional dan menarik perhatian audiens, Anda perlu menyiapkan dan merencanakan materi konten, sekaligus materi promosinya secara profesional dan penuh ketelitian.
Salah satunya caranya adalah menetapkan tema Podcast yang konsisten, dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut:
Ketika mulai merekam audio atau videonya, Anda tidak harus membuat Podcast berdurasi 1 jam atau lebih. Bahkan sebaiknya Anda menghindari tayangan audio berdurasi lama karena bisa menyebabkan audiens merasa bosan.
Lebih baik, buat konten berseri atau satu topik tayangan dibuat dalam beberapa episode bersambung.
Selain mendorong audiens terus berkunjung ke channel Anda, konten berseri juga memberikan manfaat lain, seperti:
Posisikan diri Anda sebagai seorang pendengar yang tidak tahu sama sekali mengenai suatu produk atau brand.
Kemudian, bayangkan tindakan yang seharusnya Anda lakukan sebagai pemilik produk, sehingga pendengar bisa mengenal produk tanpa terkesan sedang kena iklan atau promosi.
Pikirkan pula, cara menciptakan rasa penasaran akan produk, kemudian lahirlah keinginan untuk memiliki produk tersebut.
Dengan kata lain, Anda perlu menciptakan konten yang bisa memperkenalkan produk tanpa harus terlihat terus-terusan melakukan promosi, yaitu dengan menggunakan teknik storytelling yang bisa menarik hari pelanggan.
Teknik tersebut bahkan memungkinkan Anda mengulas produk secara detail, mulai dari nama produk, manfaat, hingga kegunaannya kehidupan sehari-hari, tanpa terlihat seperti konten jualan.
Contoh: Anda adalah penjual produk pengharum ruangan. Anda bisa membuat isi konten, sebagai berikut:
Semakin mahir Anda menggambarkan produk Anda bisa membantu mempermudah keseharian audiens, semakin mereka tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Bahkan tak menutup kemungkinan mereka jadi pelanggan setia produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan.
Supaya keyakinan calon pelanggan semakin bertambah, Anda bisa mengundang bintang tamu untuk sharing pengetahuan, berbagi pengalaman, serta memberi ulasan positif tentang produk.
Beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan kalau mengundang narasumber ke Podcast, antara lain:
Tidak hanya mengulas tentang produk, mereka yang jadi bintang tamu bisa menjadi “penyegar” percakapan, sehingga semakin banyak audiens tertarik menjadi pengikut channel Podcast Anda.
Agar bisa membuat pendengar menjadi pengikut setia, cobalah melibatkan mereka untuk berdiskusi. Misalnya, bertanya tentang konten yang mereka inginkan atau siapa bintang tamu yang mereka tunggu kehadirannya.
Cara melibatkan audiens bisa dengan:
Di setiap akhir episode Podcast yang Anda bagikan, Anda bisa menerapkan teknik CTA atau Call To Action (CTA).
Pengertian Call to Action adalah kalimat ajakan yang sengaja dirancang untuk mendorong audiens melakukan tindakan tertentu, sesuai keinginan pembuatnya.
Misalnya, Anda ingin mendapatkan alamat email para audiens, maka ajak mereka mendaftarkan email pada form yang Anda sediakan di kolom komentar.
Sementara, jika ingin para pendengar melihat produk yang dijual, maka sarankan mereka langsung menuju online store yang ada di e-commerce atau media sosial bisnis.
Ingin tahu lebih banyak terkait tips dan strategi digital marketing melalui Podcast dan lainnya? Pastinya buat dulu Podcast dengan membaca artikel berjudul Cara Mudah Membuat Podcast dengan Anchor dan Spotify. Selanjutnya, terapkan Strategi Podcast Marketing.
Kalau menemukan kesulitan atau masih bingung cara memanfaatkan Podcast untuk mengembangkan bisnis, berkonsultasi saja dengan digital marketing agency, seperti Redcomm. Langsung klik Kontak Redcomm.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC