Selama ini, YouTube identik dengan layanan berbagi video dan live streaming yang cukup banyak menarik minat pengguna internet. Bahkan layanan berbagi video ini bisa menjadi ladang uang yang menjanjikan, baik bagi pengguna personal, content creator, juga brand. Namun ternyata, YouTube bukan satu-satunya situs video sharing yang bisa dijadikan media hiburan. Ini daftar situs video mirip YouTube. Apakah Anda sudah pernah mencoba memanfaatkannya untuk digital branding?

 

Daya Tarik YouTube Tak Hanya Sebagai Media Hiburan

YouTube bisa dikatakan sebagai layanan hiburan dan tontonan terbesar di dunia. Namun, kebebasan untuk menonton video dari layanan ini justru berdampak terhadap potensi kualitas tayangan yang tidak semuanya baik atau cocok dengan penontonnya. Siapa saja yang memiliki akun bisa mengunggah apa saja di sana. 

 

 

Di saat yang sama, peluang baru terbuka lebar ketika YouTube menjanjikan penghasilan bagi siapa pun yang mengunggah karya videonya di layanan tersebut. Banyak orang tergiur untuk menjadi YouTuber dan menghasilkan uang dengan cara membuat video dan menayangkannya di YouTube, serta lakukan optimasi demi mendapatkan rank video di YouTube yang bagus. 

 

Melihat hal tersebut, beberapa situs serupa ikut mengambil peran dan memanfaatkan peluang yang ada. Bedanya, situs-situs ini belajar dari apa yang terjadi di dalam YouTube sehingga tidak semua situs mirip YouTube ini mempersilakan pengguna dengan bebas melakukan upload video pada layanan mereka. Ada seleksi yang mereka berlakukan dan hanya video yang terpilih yang akan mereka tayangkan sebagai hiburan bagi pengguna situs tersebut. Nah situs-situs itu, ada yang memberlakukan sistem berlangganan dan ada yang gratis dengan syarat tertentu. 

 

Situs Berbagi Video Mirip YouTube

Untuk lebih jelas memahami situs-situs penyedia layanan video yang mirip YouTube tadi, Redcomm Knowledge akan mengulasnya satu persatu. Siapa tahu dari situs ini ada yang bisa dimanfaatkan untuk menerapkan digital branding, bahkan bisa meningkatkan konversi dari kampanye yang dilakukan.

 

  1. Metacafe

Situs Metacafe memberi kebebasan bagi penggunanya untuk mengunggah video pendek dan mendapatkan uang dari video tersebut. Syarat bisa mendapatkan penghasilan dari situs ini adalah video Anda telah mencapai 20.000 views. Metacafe menyediakan beberapa kategori yang bisa Anda pilih saat mengunggah video, seperti kategori musik, TV, film, dan game.

 

 

  1. Vimeo

Vimeo menjadi salah satu layanan video paling digemari. Tetapi sayangnya, situs Vimeo ini belum bisa diakses di Indonesia karena telah diblokir pemerintah. Alasan pemblokiran yang dilakukan pemerintah rupanya situs ini dinilai memiliki konten yang melanggar aturan. Sekadar informasi, Vimeo merupakan situs berbagi video yang menawarkan kualitas terbaik hingga Anda bisa menyaksikan video dengan kualitas 4K.

 

  1. Dailymotion

Layanan dari situs video Dailymotion yang berbasis di Perancis adalah menawarkan kualitas video yang terbilang cukup baik, yaitu hingga 720p. Topik yang ditawarkan pun beragam, mulai dari berita terbaru, hiburan, musik, hingga olahraga. Hingga hari ini, sudah cukup banyak pengguna situs ini yang bisa menikmati layanan, baik sebagai pengunggah video maupun hanya sebagai penonton saja.

 

  1. Twitch

Bagi para pecinta game, pasti sudah tidak asing dengan situs yang satu ini. Twitch dibuat khusus untuk memberikan informasi dan berita terkini tentang dunia game. Di samping bisa mengunggahnya sendiri, di Twitch para gamers bisa saling mengobrol melalui chat. Layanan ini juga memiliki program affiliate yang memungkinkan Anda mendapatkan sejumlah uang dengan mengajak orang lain untuk bergabung.

 

 

Hal yang Membuat Video Lebih Menarik Minat Banyak Orang

Animo masyarakat untuk menonton semakin tinggi setelah melirik video yang menarik. Cuplikan yang pas, kena di hati, dikemas dengan apik, dan membuat penasaran penonton menjadi kunci keberhasilan suatu video menggaet banyak penonton. Jika diterapkan sebagai video untuk penerapan digital marketing strategy biasanya akan mampu meraih target kampanye yang ditetapkan. 

 

Kualitas video juga memegang peranan penting. Sebagus apa pun video jika tidak diimbangi dengan kualitas yang baik, maka tidak akan menarik keinginan orang untuk menonton hingga selesai. Tampilan yang jernih dengan isi video yang bisa menggugah akan membuat orang tertarik untuk membagikan link video tersebut kepada lebih banyak orang.

 

Tampilan layar yang bagus bukan menjadi faktor utama, sebab ketika menonton, orang juga mendengarkan suara yang ada di dalam video. Sangat disayangkan jika video yang Anda buat punya konten bagus, tampilan yang menarik, tapi tidak diimbangi dengan audio yang bagus dan jernih pula. Faktanya, kenikmatan dalam menonton suatu tayangan adalah terlibatnya semua indera, terutama mata dan telinga. 

 

Untuk Anda yang hanya mengenal YouTube sebagai tempat nonton video, kini sudah bisa mencoba banyak layanan video lain yang tak kalah bagus. Siapa tahu ada video yang tidak ada di YouTube, namun menarik untuk ditonton di tempat lain. Anda juga bisa mendapatkan peluang untuk menyelenggarakan digital media campaign untuk mempromosikan produk maupun brand Anda ke pasar yang lebih spesifik, yaitu kepada penonton dari situs video selain YouTube di atas.