Bagaimana cara menggunakan YouTube untuk memasarkan brand? Pertanyaan ini cukup banyak diajukan oleh pebisnis pemula. Apakah salah satunya Anda? Jika iya, maka Anda berada di tempat yang tepat.
Bagaimana cara menggunakan YouTube untuk memasarkan brand? Pertanyaan ini cukup banyak diajukan oleh pebisnis pemula. Apakah salah satunya Anda? Jika iya, maka Anda berada di tempat yang tepat.
Sebagai platform berbagi video, saat ini YouTube tak sekadar tempat untuk mengunggah vlog atau daily life video.
Lebih dari itu, YouTube merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh brand dalam penerapan digital marketing business.
Alasannya, YouTube dinilai mampu membangun brand awareness dan menjangkau konsumen yang lebih luas.
Hal ini didasari oleh kegemaran generasi milenial maupun gen Z yang lebih senang menyaksikan tayangan video di YouTube dibandingkan menonton acara televisi.
Tak hanya itu, ada beberapa alasan lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan, mengapa Anda harus menggunakan YouTube untuk memasarkan brand di tahun ini. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.
Saat ribuan brand berebut perhatian audiens digital, hanya sedikit yang benar-benar berhasil membangun koneksi emosional dan kepercayaan secara konsisten.Salah satu kunci suksesnya? YouTube.
Menurut data dari Statista, YouTube sudah memiliki lebih dari 2,7 miliar pengguna aktif per bulannya.
Sekitar 400 jam video diunggah ke YouTube dalam hitungan menit dan lebih dari satu miliar jam video ditonton di platform ini setiap harinya.
Artinya, ini adalah kesempatan besar bagi para pebisnis untuk menjangkau hingga 90% pelanggan yang akan menemukan produk atau brand mereka dari di platform ini.
Maka tak heran, jika saat ini sudah ada lebih dari 62% bisnis yang menggunakan video marketing di YouTube sebagai sarana digital marketing strategist mereka.
Dengan banyaknya angka pengguna YouTube, berikut lima alasan strategis mengapa YouTube perlu masuk dalam strategi digital marketing Anda tahun ini.
Setelah Google, YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua yang digunakan jutaan orang setiap hari.
Bahkan YouTube menerima lebih dari 3,9 miliar pencarian bulanan. Artinya, orang mencari jawaban di YouTube, bukan sekadar hiburan.
Jika video Anda bisa menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat, relevan, dan menarik, maka bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan, diingat, dan dipilih oleh audiens.
Saat ini, netizen lebih menyukai hal yang bisa dilakukan serba cepat dan mudah dicerna, tak terkecuali dalam mencari informasi.
Maka dari itu, media audio visual, baik secara online maupun offline, lebih disukai dan banyak peminatnya.
Hal ini terlihat dari statistik yang tayang di situs Wyzowl 2024, bahwa 93% marketer mengakui kalau video marketing bisa menciptakan ROI yang lebih tinggi, sebab konsumen jadi lebih terdorong untuk melakukan pembelian setelah menonton video tentang produk.
Sementara situs Statista juga menyebutkan kalau ada kurang lebih 55% pengguna internet menonton video secara daring setiap harinya.
Lalu 64% calon konsumen potensial menonton video informasi mengenai suatu produk sebelum mereka memutuskan untuk melakukan pembelian.
Itulah sebabnya video product explainer, how-to tutorial, hingga testimonial pelanggan di YouTube punya dampak besar terhadap keputusan pembelian.
Video YouTube mendapatkan peringkat bagus di pencarian Google. Penyebabnya, YouTube merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh Google sejak tahun 2006.
Hal ini tentu akan memberikan peluang yang sangat besar bagi brand Anda untuk dikenal lebih luas, sehingga membantu Anda dalam meningkatkan brand awareness.
Apalagi kalau Anda melakukan optimasi pada judul, deskripsi, keyword, menggunakan thumbnail yang menarik, dan memperhatikan struktur metadata video, tentunya akan membantu meningkatkan performa channel YouTube.
Lalu pada saat pelanggan mengetik suatu kata kunci di Google yang berhubungan dengan produk Anda, maka video pada channel YouTube Anda berpeluang besar muncul di pencarian teratas.
Untuk itu, Anda perlu memperhatikan judul video yang sesuai dengan target kata kunci potensial sehingga bisa bersaing pada mesin pencari.
Kekuatan video ada pada cerita dan ekspresi manusia.
Menyajikan konten dengan storytelling pada platform yang satu ini memungkinkan Anda membangun ikatan emosional antara brand dan audiens, sekaligus membuat konten Anda semakin menarik dan disukai banyak pelanggan.
Anda bisa menyajikan konten video mengenai pemecahan masalah yang dihubungkan dengan produk Anda. Ini akan menjadi nilai lebih karena pelanggan cenderung mencari solusi yang ditawarkan oleh sebuah produk.
Biasanya, pengguna YouTube akan mudah terlibat dengan pembuat konten, jika konten video memiliki relasi yang kuat dengan apa yang sedang mereka hadapi dan rasakan.
Inilah peluang Anda untuk menciptakan konten yang lebih emosional. Anda juga bisa mengajak para pelanggan bercerita di kolom komentar atau melakukan interaksi secara langsung.
Interaksi ini akan meningkatkan persentase engagement. Semakin tinggi engagement pada konten video, semakin besar peluang untuk mendapatkan konversi pada produk yang Anda promosikan.
Salah satu keunggulan YouTube adalah fleksibilitas. Penonton dapat menonton kapan saja, di mana saja, baik dari smartphone, laptop, hingga smart TV.
Hal ini menjadikan YouTube lebih unggul dibanding platform lain dalam menjangkau pengguna lintas demografi dan zona waktu.
Terlebih lagi karena adanya berbagai fitur pendukung, seperti subtitle, deskripsi, dan fitur playlist, YouTube memberikan pengalaman menonton yang personal namun tetap berskala.
Nah tinggal bagaimana Anda membuat video semakin menarik dan bisa meningkatkan jumlah tayangan demi mendapatkan perhatian target audiens. Beberapa tips membuat video YouTube yang menarik, misalnya:
Nah, itulah beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan platform YouTube untuk memasarkan produk dan bisnis.
Jika mulai tertarik memanfaatkan YouTube sebagai media promosi dan pemasaran bisnis, tetapi bingung harus mulai dari mana, Anda bisa bekerja sama dengan creative brand agency dengan klik Kontak Redcomm.
Sebagai digital marketing agency Indonesia terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 20+ tahun di industri advertising, tim Redcomm juga punya divisi video production yang siap membantu Anda menciptakan video marketing yang memorable.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC