Teknik pemasaran online selalu mengalami perubahan, tak terkecuali pada masa pandemi yang entah kapan berakhir. Faktanya hingga di penghujung 2020, pandemi Covid-19 masih terus terjadi dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih diberlakukan di berbagai daerah di Indonesia. Otomatis pembatasan ini lumayan mengganggu aktivitas bisnis. 

 

Agar bisa bertahan, Anda dituntut untuk kreatif dan berani berinovasi dalam melakukan promosi. Tujuannya, supaya bisnis yang dulunya dijalankan secara offline bisa berhasil dengan baik, sekarang meski dijalankan dengan cara online pun tetap berjalan baik dan lancar. Untuk itu, Anda perlu mengetahui 7 model tayangan video marketing sebagai variasi cara promosi. 

 

7 Model Tayangan Video Marketing sebagai Variasi Cara Promosi

Anda pasti sudah sering melihat berbagai tayangan video yang silih berganti memenuhi beranda media sosial, mulai video khusus branding, video hiburan, bahkan video promosi. Coba bayangkan, jika kebanyakan video tersebut isinya serupa, hanya tentang produk saja misalnya, dan tidak diikuti variasi tertentu, apa yang akan Anda rasakan? Bisa saja muncul bosan. Nah, seperti itulah yang kemungkinan besar juga dirasakan oleh pengguna media sosial atau mungkin malah pelanggan Anda. 

 

 

Jadi, bagaimana agar audiens tidak bosan menonton tayangan video di media sosial, terutama video promosi produk dari brand Anda? Berikut ini ada 7 model tayangan video marketing yang bisa mulai Anda terapkan sebagai variasi sehingga promosi yang Anda lakukan tidak monoton. 

 

  1. Video Demo

Video demo jadi salah satu jenis video yang tidak boleh Anda lewatkan, terutama jika Anda menawarkan sebuah produk atau jasa yang belum banyak diketahui orang. Melalui video ini, Anda dapat memberikan informasi kepada konsumen mengenai cara pemakaian produk. Dengan begitu, calon pembeli atau konsumen akan lebih mudah mengenal produk Anda dan bisa menggunakannya dengan benar.

 

Jangan lupa, pada tahap ini Anda perlu menekankan keunggulan dari produk agar memberi kesan lebih jika dibandingkan dengan produk serupa yang ditawarkan oleh kompetitor. Menyajikan video demo yang menarik cukup efektif untuk membuat konsumen semakin yakin pada produk dari brand Anda dan akhirnya mengambil keputusan membeli produk Anda.

 

  1. Video Edukasi

Video dengan tema edukasi sering digunakan oleh pemilik perusahaan dalam kegiatan promosi yang mereka lakukan. Biasanya, brand akan mengangkat topik permasalahan yang banyak dihadapi audiens, kemudian mereka akan memberikan solusi yang mengedukasi. Nah, pada saat proses edukasi inilah brand menyelipkan produk yang memang menjadi target promosi mereka.

 

Contoh, brand Anda adalah produk penurun berat badan. Video edukasi yang Anda buat berisi tentang cara menurunkan berat badan, mulai tentang cara menghitung kalori makanan, jadwal olahraga yang perlu dilakukan audiens, atau mungkin tips-tips tertentu yang bisa membantu audiens menurunkan berat badan. Nanti di dalam video, akan disertakan satu tokoh yang melakukan semua kegiatan yang disarankan, ditambah dia mengkonsumsi produk penurun berat badan yang hendak Anda promosikan. Cara ini terbilang ampuh untuk meningkatkan brand awareness dan membuat calon pelanggan memutuskan untuk melakukan pembelian.

 

  1. Video Event

Mengadakan suatu event dapat dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk menawarkan produk. Selain melakukan promosi, event di sini bisa berupa kegiatan bakti sosial, seminar, diskusi produk, event karyawan, dan sebagainya.

 

Jika memungkinkan, buatlah video dokumentasi terkait event yang Anda selenggarakan ini, atau event di mana Anda jadi sponsornya. Nantinya video tersebut bisa digunakan untuk keperluan promosi melalui media sosial atau media promosi lain yang Anda gunakan. Cara ini secara tidak langsung akan meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk Anda.

 

 

  1. Video Branding

Video branding adalah salah satu cara untuk menunjukkan kelebihan produk yang Anda tawarkan. Melalui video ini, Anda dapat membantu konsumen memahami mengapa mereka harus membeli produk tersebut. Keuntungan lainnya, Anda bisa menciptakan kesan bahwa produk yang Anda hadirkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat.

 

  1. Video Testimoni

Testimoni adalah hal yang penting bagi perusahaan yang mengandalkan penjualan produk atau jasa karena dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen. Di tahun 2020 ini, video marketing dengan menampilkan kepuasan atau tanggapan dari pelanggan mengenai suatu produk sudah menjadi tren yang sangat berguna untuk menarik minat pembeli.

 

Lihat saja di media sosial, cukup banyak pelanggan yang puas akan suatu produk yang sudah mereka beli dan mereka gunakan, membuat video testimoni dan mengunggahnya dengan senang hati di media sosial masing-masing. Anda bisa memanfaatkan video tersebut dengan menayangkannya ulang di media sosial Anda. Selain itu, Anda bisa pula meminta secara langsung kepada konsumen untuk membuat video testimoni bersama Anda, yang nantinya akan Anda jadikan sebagai video promosi eksklusif. 

 

  1. Video Review

Umumnya, video review dibuat oleh orang-orang yang memiliki banyak penggemar, seperti artis, YouTuber, food vlogger, influencer, dan semacamnya. Tentu saja cara ini tidak gratis, karena Anda harus membayar jasa mereka untuk membuat video review tentang produk atau jasa milik Anda. Tetapi dampak dari video review ini memang bagus dan dapat membuat konsumen menjadi lebih percaya karena pengaruh mereka yang luar biasa.

 

 

  1. Live Streaming

Saat ini, ada banyak orang yang melakukan siaran langsung atau live streaming di akun media sosial mereka. Tren ini wajib dicoba oleh para pemilik usaha untuk menyiarkan produk atau jasa yang sedang mereka pasarkan, namun dibungkus dalam suatu acara yang menarik, misalnya dengan bincang santai tentang sesuai, tapi disertakan produk Anda sebagai solusi, acara belajar atau workshop online, sponsornya tentu saja produk atau jasa yang Anda jual. 

 

Dengan melakukan live video, Anda bisa menunjukkan keaslian kualitas dari brand Anda beserta produk-produknya secara nyata, tanpa editan, tanpa ada yang ditutupi. Sudah pasti hal ini akan mendorong konsumen untuk turut memperhatikan secara detail fakta yang Anda sajikan. Dan akhirnya, bisa meningkatkan kepercayaan konsumen. Live streaming sudah pasti yang ditampilkan jauh lebih apa adanya dibandingkan dengan foto produk yang dibuat sangat menarik. 

 

Tidak bisa dipungkiri, era digital membuat cara pemasaran menggunakan video marketing dan video branding menjadi lebih digemari. Karena umumnya konsumen lebih tertarik pada sebuah produk yang ditampilkan secara visual daripada melalui tulisan. Jadi, sebagai pemilik bisnis wajib sekali mencoba teknik video marketing yang lebih bervariasi.