Sadarkah Anda jika belakangan ini terjadi perubahan kebiasaan pada pengguna internet secara massive? Salah satunya terkait penggunaan platform media sosial berbasis video musik, yaitu TikTok. Aplikasi yang satu ini membuat banyak pengguna internet beralih untuk menikmati konten video pendek sebagai hiburan di tengah pandemi. Hal itulah yang akhirnya membuat platform media sosial lain memutar otak agar mampu sejajar, tak terkecuali YouTube.

 

YouTube menghadirkan fitur terbaru bernama YouTube shorts. Fitur yang memungkinkan penggunanya membuat video pendek secara vertikal dengan durasi maksimum 60 detik. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan para penggunanya merekam dengan musik yang diputar di latar belakang. Bahkan dalam fitur terbaru ini, ada beberapa tools editing video yang bisa digunakan untuk membuat tampilan video marketing jadi lebih ciamik.

 

 

Mengenal Fitur yang Ada di YouTube Shorts untuk Promosi Bisnis

Selain sebagai media hiburan, YouTube shorts dapat dimanfaatkan untuk melakukan digital marketing campaignatau promosi brand berdasarkan target audiens. Sebab, ada berbagai fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat nuansa video menjadi lebih atraktif dan tidak membosankan. Anda jadi bisa mengundang lebih banyak audiens untuk melihat tayangan tersebut. Lalu, apa saja fitur-fitur tersebut? Mari simak ulasan di bawah ini! 

 

  1. Merekam Video dengan Musik

Merekam video disertai penggunaan musik menjadi salah satu hal yang tak terpisahkan untuk generasi milenial dan gen Z sepanjang tahun 2020. Nah, pada YouTube shorts ini, Anda sebagai pengguna atau kreator YouTube bisa merekam video dengan musik secara langsung. Cara mendapatkan musik pengiring videonya pun tergolong mudah, Anda tinggal pilih saja musik yang mau digunakan dari perpustakaan musik yang tersedia di YouTube shorts.

 

  1. Bisa Mengontrol Kecepatan Video

Sebagai pembuat konten, termasuk konten social media marketing, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan teknik mempercepat atau memperlambat gerak video, bukan? Di YouTube shorts, Anda juga bisa mengaturnya pada fitur kontrol kecepatan. Dengan cara ini, Anda bisa menciptakan video yang lebih kreatif dan dramatis.

 

  1. Fitur Kamera

YouTube telah menyebutkan jika YouTube shorts akan memiliki kamera multi-segmen, di mana akan memungkinkan Anda sebagai kreator konten memutar beberapa klip video menjadi satu.

 

  1. Fitur Pengatur Waktu

Melakukan perekaman video tanpa bantuan orang lain bukanlah hal yang mudah. Sebab, akan ada jeda sepersekian detik saat Anda memulainya. Namun dengan menggunakan YouTube shorts, Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Ada fitur pengatur waktu yang memudahkan proses perekaman video sehingga memberikan sedikit jeda sebelum recording berlangsung. 

 

Itulah beberapa fitur yang ditawarkan oleh YouTube shorts. Keberadaan video pendek ini tinggal menunggu waktu saja sampai ada brand yang sadar akan jangkauannya yang lebih luas. Dengan konten interaktif yang bisa dihasilkan menggunakan fitur ini, maka penerapan digital marketing strategist pun menjadi lebih bervariasi dan tidak membosankan.

 

 

Dampak YouTube Short Terhadap Sistem YouTube Marketing

Kehadiran fitur video pendek pada YouTube ini tentunya akan mengubah strategi kampanye marketing, baik dalam penerapan maupun dengan hasil yang didapatkan. Lalu, apa saja dampak YouTube shorts terhadap sistem YouTube marketing, mari lanjutkan membaca hingga akhir!

 

  1. Membantu dalam Pengenalan Brand

Supaya bisa membuat video marketing YouTube dengan durasi panjang untuk brand awareness, maka Anda beserta tim digital agency Jakarta harus melakukan perencanaan yang matang, sekaligus membuat strategi marketing dengan lebih bijak. Namun, tak jarang hasilnya kurang mengundang antusias audiens. Dengan memanfaatkan video berdurasi pendek ini, maka bisa membantu Anda untuk mempromosikan cuplikan konten promosi Anda tersebut, minimal dapat mendorong netizen merasa penasaran dan akhirnya mencari lebih lanjut demi dapat menonton full videonya.

 

  1. Membantu dalam Menciptakan Konten yang Kreatif

Editing serta kreativitas yang tak terbatas sangat dibutuhkan ketika Anda membuat konten untuk internet marketing business. Tak terkecuali saat menggunakan YouTube shorts. Video pendek bisa membantu brand dalam membuat tayangan yang lebih kasual, seperti tutorial singkat, teaser sebelum maupun setelah konten lengkapnya diunggah, konten motivasi, dan juga video behind the scene.

 

  1. Berimbas pada Influencer Marketing

Para influencer pasti memiliki banyak ide untuk bekerja sama dengan brand. Mereka sangat fleksibel dalam mengikuti perkembangan platform media sosial serta berbagai fitur baru di dalamnya. Secara tidak langsung, hal tersebut memaksa brand agar bisa menyesuaikan strategi marketing yang sudah ada dengan para influencer saat menggunakan fitur YouTube shorts.

 

 

  1. Meningkatkan Keterlibatan Brand

Sama seperti halnya deskripsi pada foto, umumnya warganet lebih menyukai informasi pendek, namun mudah dimengerti, termasuk saat menyaksikan tayangan video. Sebab, mereka tidak perlu lama-lama menonton sudah bisa langsung mendapatkan informasi yang dibutuhkan, sehingga tak boros kuota, dan bisa lebih cepat untuk memberikan reaksi. Jadi, secara tidak langsung, video pendek bisa meningkatkan keterlibatan audiens dengan brand secara lebih baik lagi.

 

Bagaimana, sudah siapkah Anda untuk mencoba fitur dari video pendek ini? Untuk diketahui, YouTube shorts hanya bisa digunakan melalui smartphone saja, karena pihak YouTube masih perlu melihat respons dari pengguna sebelum melakukan launching dalam versi PC atau desktop

 

Walaupun masih terbatas secara mobile, yang paling penting Anda sebagai pemilik brand memiliki kepekaan dalam melihat fitur-fitur baru yang sedang trending di media sosial agar bisa merancang strategi marketing terbaru sesuai pasar.