Perbedaan Internet Marketing dengan Digital Marketing

Read Time: 3 min

CATEGORY:

Digital Marketing Strategy


SHARE:

FACEBOOK

TWITTER


RATING:

Penggunaan Internet di Indonesia cukup besar dan sangat aktif karena menunjang berbagai kebutuhan sehari-hari. Ini menjadi hal yang wajar, mengingat hampir semua sektor sudah terhubung ke internet, termasuk sektor bisnis yang mulai melakukan perubahan dalam segi marketing. 

 

Pemasaran yang dulu dilakukan dengan menggunakan flyer, spanduk, koran, kini beralih ke media digital dan juga internet, yang kemudian dikenal dengan istilah internet marketing strategist dan digital marketing. Arti keduanya sebenarnya kurang lebih sama, yaitu suatu cara untuk memasarkan produk secara luas menggunakan internet.

 

Walaupun tujuan yang hendak dicapai cenderung sama, kedua strategi marketing yang populer di tengah masyarakat dan diminati banyak pengusaha / brand ini mempunyai perbedaan yang cukup mencolok apabila dilihat dari penerapan dan cara kerja pemasaran produknya. Berikut ini akan dijelaskan tentang perbedaan keduanya.

 

 

Pengertian Internet Marketing Strategist dan Digital Marketing

Internet marketing adalah strategi memasarkan produk melalui internet dengan tujuan promosi, branding, meningkatkan penjualan, juga mempengaruhi konsumen untuk membeli, baik itu barang ataupun jasa. Jadi, cara pemasarannya lebih fokus ke pengguna internet dengan memanfaatkan website, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), mobile marketing, social media marketing, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Sementara digital marketing merupakan suatu sistem pemasaran produk yang menjangkau pelanggan secara cepat, tepat, dan pribadi, melalui media digital serta internet. Dengan kata lain, internet marketing masuk di dalam penerapan digital marketing. Media digital memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan internet. 

 

Pemasaran melalui media digital, seperti iklan TVC, ebook, koran digital, company profile video, email marketing, endorse influencer, SMS broadcast, iklan pay per click, iklan banner, pay per sale, pay per lead, dan sebagainya.

 

Fokus utama dalam digital marketing tak semata-mata tertuju pada menarik pelanggan untuk meningkatkan penjualan saja, sebab digital marketing tak hanya mempromosikan sebuah produk atau brand, tetapi juga membangun brand awareness dan customer relation.

 

 

Manfaat Melakukan Internet Marketing Strategist dan Digital Marketing

Jika sudah mengetahui tentang perbedaan kedua cara pemasaran tersebut, maka sebagai pelaku usaha Anda harus mengetahui manfaat ketika menggunakan teknik atau strategi yang ada. Mengingat semakin hari persaingan bisnis serta inovasinya terus bermunculan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para konsumen maka media digital dan internet yang ada saat ini sudah sepantasnya Anda gunakan dengan maksimal demi mengembangkan bisnis Anda.

 

Berikut ini merupakan manfaat menjalankan teknik internet marketing dan digital marketing:

 

  1. Meningkatkan Penjualan

Melakukan optimasi kedua teknik tersebut tentunya bisa meningkatkan penjualan. Sebab, pelanggan bisa mendapatkan informasi seputar produk tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Pelanggan lama ataupun calon pelanggan baru bisa mengetahui produk yang diinginkan tanpa repot mengunjungi toko offline Anda atau menunggu toko Anda buka. Mereka cukup mengunjungi website, akun media sosial, dan tempat penjualan lainnya selama 24 jam. Hal ini membuat pembelian menjadi lebih praktis serta cepat. 

 

  1. Lebih Mudah dalam Menjalin Hubungan dengan Konsumen

Jarak merupakan hal paling mengganggu dan bisa menjadi penghambat suatu bisnis. Tetapi sekarang sudah tak masalah lagi karena adanya media digital dan internet. Bisnis atau brand Anda menjadi lebih mudah untuk terhubung dengan konsumen. 

 

Masalah pemesanan bisa dilakukan melalui sambungan telepon, media sosial, e-commerce dan website toko online. Begitu pun dengan masalah layanan pelanggan untuk pengaduan yang tak terbatas waktu. Ini penting untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen agar mereka puas dengan layanan bisnis Anda. Semakin Anda fast respons terhadap kebutuhan pelanggan, semakin senang mereka berbelanja di online shop Anda.

 

 

  1. Biaya Marketing Lebih Hemat

Untuk bisnis berskala kecil, beriklan di internet maupun media digital tak akan menghabiskan banyak biaya. Hal ini karena untuk membuat akun media sosial tak dikenakan biaya sepeserpun. Anda hanya perlu beriklan di akun tersebut, lalu menempatkan produk yang dijual pada satu atau banyak situs e-commerce

 

Kalaupun membuat website toko online milik Anda sendiri dan memasang iklan di Facebook ads, Google ads, atau berkolaborasi dengan influencer, biaya marketingnya tetap lebih hemat dibandingkan pemasaran konvensional seperti menyebar pamflet dan memasang iklan di media cetak. Selain itu, melakukan pemasaran secara online jangka waktu pemasarannya lebih long lasting.

PREV
NEXT