Pemasaran online sudah menjadi aktivitas wajib yang perlu dilakukan oleh seluruh pelaku bisnis. Dan demi mendapatkan hasil maksimal terkait penerapan digital marketing, mereka tak segan untuk menggunakan beberapa penyedia jasa digital marketing, salah satunya yaitu digital agency Jakarta. Tentunya bukan tanpa alasan mereka memilih agensi digital. Mereka pasti melakukan itu karena belum semua pelaku usaha mampu menerapkan strategi pemasaran yang paling sesuai untuk pengembangan produk maupun brand mereka. 

 

Bagaimana Peran Digital Marketing Menurut Para Ahli? 

Semakin maraknya jasa agensi digital Jakarta dan beberapa kota besar lainnya telah menjawab bahwa perkembangan dunia bisnis digital sudah cukup pesat, namun masih banyak pelaku usaha yang membutuhkan seseorang, lembaga, atau perusahaan yang mampu memenuhi kebutuhan mereka terkait pemanfaatan digital marketing. Pertanyaannya, bagaimana peran digital marketing menurut para ahli?

 

 

  1. Coviello, Milley dan Marcolin 

Menurut Coviello, Milley, dan Marcollin pada tahun 2001, mereka berpendapat bahwa digital marketing merupakan penggunaan media internet dan teknologi interaktif lainnya untuk tujuan menghubungkan konsumen dan perusahaan serta dapat secara langsung berbagi informasi dan berkomunikasi.

 

Pendapat tersebut menunjukkan, peran digital marketing berguna untuk menghubungkan kedua pihak dalam pemasaran, baik calon konsumen maupun perusahaan. Apabila mereka sudah berhasil menjalin komunikasi, tentu saja kegiatan jual beli produk akan mudah dilakukan. 

 

  1. Heidrick dan Struggles

Pada 2009, Heidrick dan Struggles mengemukakan, digital marketing adalah perkembangan dari pemasaran online melalui web, perangkat games dan telepon genggam. Tujuannya, menawarkan akses baru terkait metode promosi dan periklanan yang memiliki pengaruh besar untuk menarik perhatian orang lain, dalam hal ini calon pelanggan. 

 

Meski begitu, Heidrick dan Struggles menyayangkan adanya fakta bahwa kebanyakan pengiklan akan menghabiskan anggaran pemasaran untuk memasang iklan melalui media tradisional, seperti media cetak dan televisi, atau media periklanan tradisional lainnya, dan melupakan betapa efektifnya pemasaran yang dilakukan secara digital. Menggunakan cara promosi konvensional dan kuno membuat hubungan brand dengan calon pelanggan potensial jadi kurang interaktif. 

 

 

  1. Urban 

Pendapat selanjutnya mengenai peran digital marketing dalam bisnis datang dari seorang ahli bernama Urban sekitar tahun 2004. Urban mengungkapkan pendapatnya mengenai digital marketing yang merupakan upaya penggunaan internet dan teknologi untuk meningkatkan dan memperluas fungsi dari pemasaran tradisional sebelumnya, yang dirasa kurang efektif menarik calon konsumen. 

 

Pendapat ini secara jelas menyebutkan bahwa metode pemasaran tradisional kurang optimal jika diterapkan di masa yang serba digital seperti sekarang. Selain itu, istilah digital marketing erat hubungannya dengan interactive marketing, one to one marketing, dan e-marketing, yang ketiganya sudah memanfaatkan peran teknologi dengan lebih maksimal. 

 

  1. Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan 

Peran digital marketing menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2004), digital marketing adalah kegiatan pemasaran, termasuk branding, yang menggunakan beberapa media berbasis web, misalnya email, adwords dan blog. 

 

Penggunaan media sosial juga termasuk dalam media digital marketing. Tentu saja jika membicarakan pemasaran secara online itu tidak hanya mengutamakan masalah internet saja. Diperlukan strategi dan persiapan yang matang sebelum memulainya.

 

 

  1. Kleindl dan Burrow 

Kleindl dan Burrow ikut menyampaikan pendapatnya mengenai digital marketing. Menurut kedua ahli ini, istilah digital marketing mengarah pada perencanaan dan pelaksanaan ide, kemudian pemikiran konsep, promosi, harga, dan juga distribusi. Sederhananya, bisa dikatakan sebagai metode interaksi antara dua pihak. 

 

Dua pihak yang dimaksud adalah brand atau perusahaan Anda dan calon konsumen. Hubungan antar keduanya perlu dibangun demi memberikan keuntungan satu sama lain. Dengan demikian, adanya digital marketing memang sangat penting untuk dipertimbangkan guna mencapai kesuksesan pemasaran. 

 

  1. Chaffey 

Pendapat terakhir disampaikan oleh Chaffey pada tahun 2002. Beliau menyampaikan bahwa digital marketing merupakan penerapan teknologi yang akan membentuk hubungan online ke pasar, baik melalui website, database, email, bahkan digital TV. 

 

Bahkan beberapa inovasi terbaru kini sudah dijadikan sebagai media pemasaran secara digital, mulai dari blog, Podcast, feed, dan konten dari media sosial lainnya. Upaya tersebut dipercaya memiliki peran besar dalam kegiatan marketing. 

 

Penerapan pemasaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi memang dirasa cukup efektif untuk meningkatkan angka penjualan. Tidak heran, jika banyak pelaku bisnis menggunakan jasa dari agensi digital Jakarta dan kota besar lainnya demi mensukseskan usahanya.