MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Manfaat Digital Marketing bagi Pelaku Usaha

14 Feb  · 
3 min read
 · 
eye 1.858  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Ada banyak manfaat digital marketing bagi pelaku usaha seperti membantu pelaku usaha memperluas pangsa pasar, konsumen lebih tertarget, juga memudahkan bisnis berinteraksi dengan konsumen. Selain itu, digital marketing juga bermanfaat untuk meningkatkan konversi penjualan, biaya promosi dan pemasaran lebih hemat, dan sebagainya. Yuk, baca di artikel manfaat digital marketing secara lengkap yang akan menguntungkan pelaku usaha.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah kegiatan promosi atau pemasaran produk, jasa, maupun layanan bisnis dengan memanfaatkan berbagai media digital, seperti website, media sosial, aplikasi, bahkan platform digital lainnya. 

Tujuan pemasaran digital ini dilakukan sudah tentu untuk menjangkau sebanyak mungkin calon pelanggan, dan menjadikan mereka pelanggan loyal dengan cara yang efektif dan efisien.

Manfaat Digital Marketing bagi Pelaku Usaha

Membantu Pelaku Usaha Memperluas Pangsa Pasar

Dengan menerapkan digital marketing dalam kegiatan promosi dan pemasaran bisnis, maka Anda bisa menjalankan bisnis hanya di satu wilayah saja. Sebab, digital marketing memungkinkan Anda menjangkau konsumen yang tinggal di berbagai wilayah di Indonesia maupun di berbagai negara.

Memudahkan Bisnis Berinteraksi dengan Konsumen

Masyarakat dunia, termasuk di Indonesia, telah mengandalkan internet dan media sosial untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Artinya, cukup melakukan berbagai strategi digital marketing saja bisa membuat Anda terhubung dan berinteraksi dengan konsumen. 

Melalui website, Anda bisa menyebarkan promosi dan pemasaran untuk 24 jam sehari, 7 hari seminggu, nonstop. Biayanya pun murah. Menggunakan media sosial memungkinkan Anda mencari tahu kebutuhan dan keinginan konsumen. Bahkan, Anda bisa berkomunikasi secara langsung secara dua arah dengan konsumen.

Konsumen Lebih Tertarget

Dulu, saat Anda memasang satu billboard, Anda hanya fokus untuk membuat iklan yang menarik. Kemudian berharap banyak orang yang melihat iklan tersebut. Anda sama sekali tak tahu siapa sebenarnya konsumen yang seharusnya Anda jangkau. 

Sekarang, adanya digital marketing memungkinkan Anda untuk mencari tahu terlebih dahulu konsumen seperti apa yang cocok dengan produk dan bisnis Anda, membuat buyer persona, melakukan riset berkaitan dengan kelompok konsumen yang perlu ditarget, baru membuat iklan untuk ditayangkan pada platform yang banyak digunakan calon konsumen yang tepat. Cara ini jelas lebih efektif dan memperbesar peluang Anda mencapai target yang telah ditetapkan.

Konversi Penjualan Lebih Tinggi

Komunikasi dua arah, interaksi yang intens, dan hubungan yang terjadi dengan baik dengan konsumen, akan membuka peluang terjadinya peningkatan penjualan. Apalagi kalau produk bisnis Anda juga mudah konsumen temukan. Angka penjualan pasti akan lebih banyak dari yang Anda bayangkan. 

Prinsipnya, bisnis yang sukses adalah bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen, mampu memberikan solusi untuk permasalahan yang mereka hadapi, dan cepat tanggap ketika mereka ingin berkomunikasi. Semua ini bisa terwujud kalau Anda menerapkan digital marketing dengan cara yang tepat. 

Bisa Melayani Konsumen Secara Real Time

Apa rasanya harus antri panjang hanya untuk membayar satu produk? Melelahkan, kan? Masyarakat modern saat ini senang yang praktis dan tidak membuang waktu. Itulah sebabnya, penerapan digital marketing saat ini sangat penting.

Dengan menerapkan pemasaran digital, Anda bisa melakukan promosi, berjualan, bahkan melayani konsumen secara real time. Contohnya saja, ketika Anda masuk ke suatu website untuk membeli produk, Anda bisa membaca berbagai informasi mengenai produk tersebut terlebih dahulu. Ketika sudah merasa yakin, Anda langsung bisa melakukan transaksi pembelian di website yang sama. 

Selain website, saat ini sudah banyak platform media sosial yang juga memungkinkan Anda berpromosi, melakukan pemasaran, berjualan, dan langsung melakukan transaksi jual beli. Contohnya: Instagram dan TikTok shop

Biaya Promosi dan Pemasaran Lebih Hemat

Manfaat digital marketing berikutnya, biasa promosi dan pemasaran akan jauh lebih hemat dibandingkan cara beriklan konvensional. Satu konten bisa bekerja mempromosikan bisnis Anda selama 24 jam penuh, 7 hari seminggu, bahkan untuk waktu bertahun-tahun lamanya, tanpa henti. Dengan catatan, konten tersebut secara rutin juga terus Anda optimasi. 

Digital marketing juga membuat Anda tak perlu lagi memasang billboard berharga mahal dalam jumlah banyak, atau beriklan di televisi dengan harga yang tidak murah. Selain itu, tidak ada lagi biaya cetak spanduk, brosur, cetak iklan di kertas, dan sebagainya. Semuanya sudah dilakukan secara digital bermodalkan akses internet.

Lebih Mudah Mendapatkan Informasi Terkait Perubahan Bisnis

Ketika teknologi berkembang pesat dan zaman mengalami perubahan, maka perubahan juga akan terjadi dalam dunia bisnis. Nah, penerapan digital marketing memungkinkan Anda sebagai pebisnis mengenali tren yang sedang berlangsung dalam masyarakat, mendapatkan informasi lebih cepat saat terjadi perubahan permintaan dalam pasar, bahkan bisa mengambil langkah antisipasi dan beradaptasi saat terjadi perubahan bisnis.

Menciptakan Customer Experience yang Lebih Baik

Keberhasilan bisnis juga banyak dipengaruhi customer experience (pengalaman konsumen), yang kemudian menciptakan customer journey lebih berkesan dan menyenangkan. Nah, konsumen yang puas dengan layanan bisnis dan produk Anda, akan dengan senang hati mereferensikan bisnis kepada lebih banyak orang yang mereka kenal.

Lebih Mudah Menganalisis dan Evaluasi Bisnis

Jika ingin bisnis berkembang dengan baik, ya Anda harus mengelolanya dengan baik pula. Mulai dari memastikan stok produk selalu tersedia, mampu melayani konsumen dengan baik, dan masih banyak lagi. Di saat yang sama, Anda perlu melakukan analisis dan evaluasi secara berkala. Tujuannya, untuk tahu apakah bisnis memang mengalami perkembangan atau tidak.

Menggunakan digital marketing memungkinkan Anda mendapatkan data secara akurat dan cepat berkat tersedianya data insight di masing-masing platform digital. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai tools digital marketing, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Bisnis Berkembang Lebih Cepat

Melakukan promosi dan pemasaran bisnis secara digital membuat bisnis Anda jadi lebih kompetitif, fleksibel mengikuti perkembangan zaman, dan bisa terus eksis. Hal ini karena digital marketing mendukung penyebaran informasi yang cepat sehingga konsumen bisa segera mengenali produk Anda. 

Contohnya: Anda membuka kedai kuliner yang salah satu menu makanannya ternyata di review pelanggan. Menu tersebut viral, yang mendorong lebih banyak orang datang ke kedai Anda untuk mencoba menu yang sama.

Membangun Loyalitas dan Kepercayaan Konsumen terhadap Bisnis

Digital marketing bermanfaat untuk membangun loyalitas dan kepercayaan konsumen terhadap bisnis. Hal ini karena konsumen bisa terhubung dengan bisnis Anda kapanpun mereka membutuhkan bantuan. Apalagi kalau ditambah tersedianya layanan konsumen yang siap selama 24 jam.

Cara Agar Pelaku Usaha Bisa Menerapkan Digital Marketing

Masyarakat modern saat ini membutuhkan informasi yang sangat kompleks dan detail. Maka, media sosial bisa menjadi sarana promosi dan pemasaran yang tepat. Agar pemanfaat media digital bisa efektif dan efisien, mau tidak mau Anda sebagai pelaku usaha perlu sesegera mungkin menerapkan digital marketing. 

Nah, cara agar pelaku usaha bisa menerapkan digital marketing, Anda perlu belajar digital marketing untuk memaksimalkan keterampilan dan keahlian. Anda bisa mengikuti pelatihan, kursus, dan sebagainya. 

Cara lain, Anda bisa bekerja sama dengan salah satu digital agency Indonesia, misalnya Redcomm. Anda tinggal menghubungi Tim Redcomm, ceritakan masalah Anda terkait digital marketing, dan mereka pun akan siap memberikan solusi terbaik untuk Anda. Klik di sini untuk terhubung dengan Tim Redcomm


Melihat banyaknya manfaat digital marketing bagi bisnis yang Anda jalankan, sudah waktunya Anda bergegas. Jangan sampai tertinggal lho ya, mengingat kompetitor Anda pun pasti juga menerapkan digital marketing. Jika masih butuh tambahan pengetahuan mengenai digital marketing, yuk baca lagi saja artikel lainnya yang berjudul Manfaat Penerapan Digital Marketing untuk Bisnis di Era Teknologi dan Istilah Digital Marketing yang Wajib Pebisnis Tahu.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER