Tidak bisa dipungkiri transformasi digital telah menyasar semua kalangan termasuk brand lokal.

Tidak bisa dipungkiri transformasi digital telah menyasar semua kalangan termasuk brand lokal.
Transformasi digital telah membuka peluang besar bagi brand lokal untuk dikenal lebih luas.
Namun seiring dengan hal tersebut, ternyata brand lokal juga menemukan tantangan untuk beradaptasi dengan era digital yang baru ini.
Persaingan di marketplace semakin padat, algoritma media sosial terus berubah, dan ekspektasi konsumen makin tinggi terhadap pengalaman brand yang terpercaya.
Secara umum banyak hal yang menjadi tantangan brand lokal untuk bisa bersaing di era digital ini dalam memenangkan pasar dan konsumen.
Belum lagi ada beberapa kekurangan yang dimiliki brand lokal seperti tidak bisanya beradaptasi dengan teknologi, insight yang sulit dianalisis, hingga kemampuan tim yang belum mumpuni.
Dalam situasi seperti ini, bermitra dengan digital marketing agency dapat menjadi solusi; bukan lagi sekadar pilihan tambahan, melainkan strategi penting agar brand lokal tetap bisa bertahan dan berkembang.
Sebelum menentukan keputusan untuk bekerjasama, simak dahulu ulasan terkait lima alasan utama pentingnya kolaborasi brand lokal dengan digital marketing agency di era digital.
Menurut laporan e-Conomy SEA 2024 dari Google, Temasek, dan Bain, nilai transaksi e-commerce Indonesia diperkirakan mencapai USD 150 miliar pada 2025.
Di sisi lain, jumlah brand lokal yang aktif di ranah digital juga terus meningkat.
Artinya, ribuan brand dari skala kecil, menengah, hingga bisnis besar yang sudah lebih dulu eksis berlomba merebut perhatian dan menargetkan konsumen yang sama.
Untuk memenangkan persaingan, brand lokal harus didampingi digital marketing agency Indonesia yang membantu dalam:
Persaingan digital yang semakin padat dan kompleks ini jelas menjadi alasan kuat untuk brand lokal bermitra dengan digital marketing agency Indonesia untuk menjalankan strategi marketing berbasis data dan kreativitas yang dapat menonjolkan brand.
Laporan dari We Are Social & Hootsuite Digital 2025 mencatat pengguna internet di Indonesia memiliki waktu online rata-rata mencapai 8 jam 16 menit per hari.
Dengan waktu sebanyak itu, audiens memiliki banyak pilihan konten dan produk.
Perilaku konsumen pada waktu tersebut tidak hanya mencari produk melalui marketplace, tetapi juga aktif di media sosial, browsing di mesin pencari, hingga membaca review online sebelum memutuskan membeli.
Bagi brand lokal perlu memastikan bisnis memiliki online presence yang kuat dan mudah ditemukan oleh konsumen ketika mereka melakukan pencarian secara online.
Tantangannya adalah bagaimana membuat brand Anda akhirnya dipilih oleh konsumen.
Di sinilah alasan penting brand lokal menggunakan layanan digital marketing agency Indonesia seperti Redcomm untuk membantu brand Anda dalam:
Dengan strategi marketing yang tepat, brand visibility dan kredibilitas brand lokal akan lebih meyakinkan dan dipercaya oleh konsumen.
Mengurus pemasaran digital sendirian bisa menyita waktu dan sumber daya brand lokal itu sendiri.
Daripada harus membentuk tim internal dan belajar semuanya dari nol yang mana menghabiskan biaya, waktu, dan tenaga yang lebih, kolaborasi dengan digital marketing agency akan lebih efisien untuk brand lokal.
Kolaborasi dengan jasa profesional memungkinkan brand lokal untuk lebih fokus pada hal paling penting yaitu mengembangkan produk dan memperkuat nilai brand.
Digital marketing agency Indonesia yang berpengalaman akan membantu Anda mengeksekusi strategi digital marketing dengan lebih efisien tanpa harus membentuk tim digital marketing sendiri.
Mulai dari riset pasar, produksi konten, manajemen iklan, hingga analisis performa, semuanya dapat dikerjakan secara lebih cepat, biaya lebih terkendali, dan hasil yang bisa diukur.
Digital marketing agency umumnya sudah memiliki expertise mumpuni dalam penggunaan tools terkini yang mungkin belum Anda kuasai.
Digital marketing agency memiliki akses dan keahlian menggunakan berbagai tools seperti:
Kemampuan dalam penguasaan tools tersebut jelas akan membuat strategi marketing lebih efektif karena diputuskan bukan berdasarkan intuisi saja melainkan data faktual.
Dengan insight dari data yang disediakan oleh digital marketing agency ini, strategi brand lokal bisa lebih relevan dan ideal, mulai dari memilih audiens, menentukan timeline iklan, hingga menyusun konten yang berpotensi viral.
Seperti brand lainnya, setiap brand lokal memiliki brand DNA dan audiens yang unik.
Digital marketing agency Indonesia yang berpengalaman memahami bagaimana menerjemahkan keunikan itu menjadi strategi yang benar-benar customized.
Hal ini jelas membuat brand lokal terhindar dari template yang dipakai kebanyakan brand lainnya dan membuat brand jadi memiliki karakteristik dan unique selling point brand tersendiri.
Dalam kerjasama digital marketing agency, brand lokal akan mendapatkan:
Semua hal di atas bisa disesuaikan agar pesan brand tetap konsisten sekaligus relevan.
Di tengah derasnya arus digitalisasi, bermitra dengan digital marketing agency Indonesia bukan sekadar solusi jangka pendek, tapi investasi jangka panjang bagi brand lokal.
Dengan strategi yang tepat, insight berbasis data, dan kreativitas yang kuat, brand lokal bukan hanya dikenal, tapi juga dipercaya dan dicintai pelanggan di kanal digital.
Setiap brand lokal punya nilai jual dan potensi besar untuk tumbuh.
Anda bisa kontak Redcomm sekarang dan kami siap membantu mewujudkannya lewat strategi digital marketing yang relevan dan menghasilkan.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC


