MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Begini Cara Memanfaatkan Podcast untuk Meningkatkan Brand Awareness

18 Dec  · 
3 min read
 · 
eye 3.977  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Di luar negeri, konten audio sudah menjadi tren dan populer sejak tahun 2007. Sementara di Indonesia, Podcast baru dikenal sekitar tahun 2012. Hal ini sejalan dengan hasil survei Nielsen Homescan, yang tertuang dalam Fanlinks 2016 Survey. 

Di dalam survei tersebut terdapat data bahwa 50% pemilik rumah di Amerika mengaku sebagai fans berat Podcast. Bahkan dalam tiga tahun terakhir, data Nielsen Podcast Buying Power, menyatakan persentase populasi orang dewasa di AS yang mendengarkan Podcast telah tumbuh lebih dari 40%.

Dengan banyaknya orang yang suka mendengarkan Podcast, maka ini bisa jadi peluang bagi pebisnis mulai melirik Podcast sebagai media promosi. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan Podcast untuk meningkatkan brand awareness bisnis? Redcomm Knowledge akan membantu menemukan jawabannya!

Mengapa Podcast Bagus untuk Branding?

Pertama, coba Anda lihat kembali berapa banyak jumlah pendengar Podcast di Indonesia? Menurut data yang dihimpun We Are Social dalam laporannya yang berjudul “Digital 2022: April Global Statshot Report”, ada sekitar 35,2 persen pengguna internet Indonesia yang berusia 16 hingga 64 tahun secara aktif mendengarkan Podcast setiap minggunya. 

Hal ini menempatkan Indonesia sebagai negara yang berada di peringkat kedua untuk jumlah pendengar Podcast terbanyak di dunia.

Ada beberapa alasan mengapa Podcast begitu mudah menarik perhatian dan digemari masyarakat dunia, antara lain:

  • Pilihan konten yang beragam dan tidak hanya sekadar musik saja. 
  • Kemunculan para Podcaster milenial yang mampu menghadirkan berbagai konten audio yang menarik, menghibur, serta bermanfaat sebagai pengisi waktu dan penambah ilmu. 
  • Media belajar dan menambah pengetahuan dengan cara mendengarkan, seperti belajar digital marketing, mendapatkan inspirasi jadi pengusaha, dan sebagainya. Ini dianggap efektif karena pendengar bisa sambil melakukan aktivitas lain.

Banyaknya pendengar dan pengguna inilah yang kemudian membuat Podcast sebagai media promosi sekaligus untuk meningkatkan brand awareness.

Buat Dulu Akun Podcast 

Ingin memanfaatkan Podcast untuk meningkatkan brand awareness? Jika iya, Anda harus membuat akun Podcast sendiri. 

Dalam prosesnya, Anda membutuhkan hosting service yang mampu merekam setiap episode dengan baik. Langkah lengkapnya bisa Anda pelajari di artikel Cara Mudah Membuat Podcast.

Selain itu, Anda juga bisa membuat Podcast dengan memanfaatkan platform siap pakai, seperti 

1. Skype

Sangat mudah menggunakan platform Skype untuk merekam Podcast, terutama untuk remote Podcast. Caranya, cukup dengan memanggil tamu lewat Skype, kemudian tekan record.

Setelah selesai dengan semua topik yang dibahas, Anda akan diarahkan untuk mengakses file audionya. Lakukan editing terlebih dahulu sesuai kebutuhan. Rekaman untuk Podcast Anda pun siap. Skype memang bukan yang terbaik, tetapi cukup worth it untuk Anda coba.

2. Anchor (dari Spotify)

Anchor bisa Anda gunakan juga untuk merekam Podcast via ponsel pintar. Bukan cuma untuk merekam Podcast sendirian, namun juga bisa digunakan untuk mengundang beberapa tamu, lalu merekam audionya. 

Setelah selesai, Anda bisa langsung mengeditnya serta menambahkan beberapa musik efek yang sudah tersedia di dalam aplikasi. 

Jika sudah selesai dengan proses pengeditan, Anda tinggal menerbitkan rekaman langsung ke Spotify, Apple Music, atau Google Podcast dengan cepat dan mudah.

3. SquadCast

SquadCast adalah platform yang bisa membantu Anda merekam episode Podcast via desktop atau laptop. Hasilnya akan lebih bagus apabila diimbangi dengan mikrofon berkualitas terbaik. 

Itulah mengapa, orang-orang yang memilih platform ini memiliki siaran Podcast dengan kualitas suara yang jernih.

5 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Meningkatkan Brand Awareness di Podcast

Podcast dapat membuka peluang interaksi dengan koneksi bisnis baru, serta memungkinkan Anda melakukan soft selling kepada pendengar untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Berikut 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness di Podcast:

1. Konten Berkualitas Tinggi

Sama halnya seperti platform digital lain yang sudah ramai dengan jutaan konten yang tayang setiap hari, Podcast pun begitu. Artinya, Anda perlu membuat konten berkualitas tinggi agar bisa memenangkan persaingan yang ketat. 

Konten berkualitas tinggi yang dimaksudkan di sini, seperti informatif, cara menyampaikan topik yang menarik, memberi solusi bagi permasalahan banyak orang dan sebagainya. Dengan menyajikan konten yang berkualitas tinggi secara konsisten, Anda dapat membuat audiens terus mendengarkan setiap episode Podcast yang Anda sediakan lho.

2. Promosi dengan Cara Storytelling

Podcast bisa menjadi sarana pemasaran brand yang sesuai tujuan dan target market yang tepat. Alasannya, para pendengar akan merasa lebih akrab atas suara yang sering mereka dengarkan, termasuk isi kontennya. 

Untuk itu, sajikan materi promosi dengan cara yang menarik, bercerita, atau menggunakan teknik storytelling. Cara ini termasuk ampuh karena audiens mau tidak mau harus menyimak pesan promosi sekaligus terus mendengarkan cerita yang Anda sampaikan.

Jika ada penyebutan nama brand di dalam cerita, maka nama brand akan menjadi lebih akrab di telinga pendengar. Apalagi kalau kemunculan nama brand atau produknya terjadi berulang. 

3. Undang Podcaster Tamu

Anda bisa mempertimbangkan untuk mengundang pembicara tamu yang sedang digemari atau relevan dengan target audiens yang mau Anda jangkau. 

Mengundang pembicara tamu juga dapat meningkatkan kesadaran merek karena reputasi si pembicara. Selain bisa memperkuat posisi Anda untuk project yang akan datang, hal ini juga akan berdampak positif pada brand bisnis Anda.

4. Menjadi Guesting Podcast untuk Meningkatkan Kesadaran Merek

Menjadi tamu dalam suatu siaran Podcast bisa menjadi cara untuk membangun brand awareness lho.  Tidak sulit menjadi seorang tamu dalam siaran Podcast. Sebab di luar sana, banyak sekali host yang sedang mencari guest seorang expert dalam berbagai bidang. 

Nah, sebagai tamu, Anda akan membagikan pendapat dan pandangan mengenai beberapa hal yang sedang dibahas oleh sang host, tentunya yang berhubungan dengan bidang bisnis Anda.

Keuntungan guesting Podcast adalah tak perlu capek-capek mengedit hasil rekaman. Anda cukup hadir saat recording dan asyiknya lagi, proses ini bisa dilakukan remote, di rumah masing-masing tanpa perlu saling bertemu.

Anda juga tak perlu membuat banner promosi dan lain sebagainya. Semuanya sudah disiapkan oleh host selaku pemilik channel

5. Membuat Iklan di Podcast

Anda bisa memanfaatkan Podcast untuk mengiklankan bisnis. Ada dua cara yang bisa dipilih untuk membuat iklan. Pertama, buatlah konten iklan yang akan muncul di sela-sela siaran Podcast (seperti iklan di radio). Cara yang kedua, bekerja sama dengan host Podcast.

Anda bisa meminta host untuk membahas sesuatu dalam Podcast mereka, yang berhubungan dengan brand Anda. Host bahkan bisa menjelaskan berbagai layanan yang tersedia dalam bisnis Anda, atau merekomendasikan produk terbaik.


Nah, Anda sudah tahu cara memanfaatkan Podcast untuk meningkatkan brand awareness. Jangan lupa, lakukan evaluasi dan analisis ya supaya Anda bisa membuat episode lanjutan yang lebih baik. Untuk mempelajari cara melakukan analisis, baca artikel ini: Cara Analisis Statistik Podcast.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC