MENU
SEARCH KNOWLEDGE

3 Cara Analisis Statistik Podcast Agar Konten Berkualitas

27 Feb  · 
2 min read
 · 
eye 5.089  
Video Marketing

redcomm

Podcast adalah platform yang memungkinkan Anda mengunggah konten bentuk audio visual maupun video untuk berbagi topik menarik. Apakah Anda menggunakan podcast untuk melakukan promosi? 

Jika iya, Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai. Sebab, pada Redcomm Knowledge kali ini, pembahasannya akan berfokus tentang cara analisis statistik Podcast agar bisa menjangkau target audiens dengan materi atau isi podcast yang lebih tepat sasaran. Yuk, simak selengkapnya.

3 Cara Analisis Statistik Podcast

Agar konten podcast bisa membuat pendengar merasa nyaman tidaklah mudah. Butuh berbagai strategi yang tepat dalam proses penyusunan konten yang menarik, inspiratif, dan tidak membosankan.

Salah satu strategi yang cukup ampuh, lihat statistik data audiens yang pernah mendengarkan konten Anda sebelumnya. Evaluasi dan pelajari, topik konten seperti apa yang mereka suka, durasi atau lama mereka mendengarkan konten tersebut, dan sebagainya.


Dari data tersebut nantinya Anda bisa merancang strategi konten yang lebih baik di masa depan. Lalu, bagaimana melakukan analisis data statistik di Podcast? Anda bisa menggunakan Spotify Music.

Agar hasil evaluasi dan analisis bisa memberi dampak yang besar, pelajari cara melakukan analisis yang detail dalam penjelasan di bawah ini.

1. Perhatikan Angka atau Jumlah Statistik secara Keseluruhan 

Angka statistik merepresentasikan berapa jumlah audiens yang mendengarkan audio Anda. Terdapat empat bagian statistik secara keseluruhan, yakni starts, streams, listeners, dan followers. Berikut perbedaan keempatnya: 

  • Bagian starts menunjukkan jumlah audiens yang mendengarkan atau memutar audio podcast, meski durasi mendengarkan mereka hanya sebentar dan secara acak.
  • Streams adalah tools untuk mengukur total pemutaran dari setiap episode podcast. Melalui streams, Anda bisa melihat jumlah audiens yang mendengarkan podcast. Jika audiens bertahan selama 60 detik, maka terhitung sebagai satu streams. Jumlah streams sebaiknya tidak begitu jauh dari jumlah starts.
  • Listeners merujuk pada jumlah unik orang atau akun yang mendengarkan lagu atau podcast. Jika satu orang mendengarkan lagu beberapa kali, orang tersebut terhitung sebagai satu listener. Jumlah listeners bisa mencerminkan seberapa banyak ketertarikan individu terhadap konten Anda.
  • Followers membantu Anda dalam mengukur jumlah orang atau akun yang mengikuti artis, playlist, atau podcast tertentu. Saat audiens menekan tombol “follow”, mereka akan menerima pembaruan dan rekomendasi yang berhubungan dengan konten sebelumnya.

Jumlah followers akan memperlihatkan banyaknya audiens yang menyukai podcast Anda. Maka untuk meningkatkan jumlah followers dan pendengar podcast, Anda bisa mempelajari Cara Promosi Podcast untuk Jangkau Pasar Milenial.

Lalu dalam membuat podcast audio, statistik utama yang perlu Anda perhatikan adalah starts dan streams. Pastikan konten mengundang rasa penasaran sehingga audiens terus mendengarkan dalam waktu lama. Hal ini akan terlihat dari jumlah streams yang mendekati starts.

Semakin menarik konten yang Anda buat, maka jumlah streams atau audiens yang mendengarkan lebih dari 60 detik semakin meningkat. Sebagai inspirasi dalam membuat konten audio di podcast, Anda bisa mendengarkan dulu beberapa podcast inpisratif yang sudah tayang dan digemari audiens.

2. Identifikasi Statistik Starts dan Streams pada Setiap Episode Konten

Pada poin pertama di atas, perhitungannya meliputi statistik total atau secara keseluruhan. Nah, pada tahap berikutnya, Anda dapat memecahnya pada tab episodes untuk melihat starts dan streams per episode.

Jumlah streams yang mendekati jumlah starts menandakan konten Anda menarik. Artinya, episode tersebut memiliki audiens yang mendengarkan konten lebih dari 60 detik dalam jumlah banyak.

Jika jumlah streams terlampau jauh di bawah starts, bisa diartikan audiens mendengarkan konten hanya sepersekian detik saja dan mereka tidak tertarik untuk mendengarkan lebih lama.

Kalau hal ini yang terjadi, Anda perlu melakukan evaluasi materi atau isi dari podcast. Kemudian memperbaikinya supaya lebih easy listening dan bisa merebut hati pendengar agar mereka mau mendengarkan hingga selesai.

3. Identifikasi Target pada Analytics Tab Audience

Pada tab audience, Anda akan melihat berbagai statistik grafis berupa jenis kelamin dan umur. Mengapa bagian ini dianggap penting? Tentu saja, karena dapat membantu Anda mengidentifikasi gender mana saja yang setia menjadi pendengar untuk konten yang Anda suguhkan.

Selain itu, mengetahui usia audiens bisa membantu dalam merancang strategi konten berdasarkan data yang ada. 

Anda bisa memilih gaya bahasa yang relevan, sapaan, hingga durasi yang tepat untuk setiap target audiens. Bahkan Anda bisa juga mengidentifikasi peluang baru untuk menjangkau audiens yang belum mengetahui tentang podcast Anda.

Untuk konten kreator, informasi terkait jenis kelamin dan usia audiens juga akan membantu ketika ingin bekerja sama dengan suatu brand

Ingin tahu lebih banyak tentang Podcast? Anda bisa mengikuti semua konten yang ada di website Redcomm ini. Untuk diketahui, Redcomm Indonesia adalah digital marketing agency yang berkantor di Jakarta Indonesia. Anda bahkan bisa menghubungi Kontak Redcomm untuk berkonsultasi dan mencari ide tentang strategi pemasaran digital yang tepat untuk bisnis Anda.

Demikianlah beberapa cara analisis statistik podcast sebagai sarana untuk membuat konten yang berkualitas. Identifikasi secara detail sesuai data yang sudah tersedia agar materi yang Anda sampaikan bisa tepat sasaran. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam proses social media campaign.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER