Video merupakan konten yang banyak disukai penonton. Hal ini tak bisa dipungkiri, mengingat konten video lebih mudah dicerna serta memanjakan indera. Melihat fakta ini, Anda bisa menggunakan konten dalam bentuk video untuk menarik perhatian target market dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

 

Agar dapat menghasilkan video promosi menarik yang jauh dari kesan monoton, Anda bisa menambahkan efek pada video promosi yang dibuat. Pada artikel kali ini, Anda bisa mencari tahu lebih banyak mengenai daftar efek video editing untuk membuat video promosi yang unik.

 

Step by Step Membuat Video Promosi 

Langkah membuat video promosi biasanya dimulai dengan melakukan persiapan produksi video. Tahap persiapan ini dikenal pula dengan sebutan tahap pra produksi. Pada tahap ini, Anda perlu melakukan riset, pembuatan naskah, hingga membuat storyboard. Berfokus pada tahap pra produksi akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tahap selanjutnya. 

 

Tahap kedua yang akan Anda lakukan adalah pengambilan gambar. Anda bisa menggunakan tim produksi sendiri untuk proses pengambilan gambar ini, atau bisa pula menggunakan jasa pembuatan video marketing.

 

Tahap ketiga dan menjadi tahap paling krusial adalah saat Anda memasuki proses produksi video. Di tahap ini, video yang telah dihasilkan perlu melalui proses editing terlebih dahulu. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika video marketing mendapatkan pengeditan yang bagus, seperti:

 

  • Memilih gambar terbaik sebelum disajikan sehingga produksi video diharapkan dapat memberi hasil sesuai target.
  • Meminimalkan kesalahan yang dapat membuat kualitas video buruk.
  • Memastikan hasil video telah sesuai sehingga pesan yang dibawa dapat tersampaikan dengan baik.
  • Memberi efek, seperti perpindahan antar adegan, menambahkan musik latar, teks pendukung, dan sebagainya, agar video promosi kian menarik.

 

 

Jenis-jenis Efek Video Promosi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, video akan semakin menarik apabila diberi efek yang akan membuatnya jadi unik dan tidak terlihat monoton. Pemberian efek ini juga bisa membuat video promosi Anda terlihat berbeda dibandingkan video yang beredar di luar.

 

Banyak digital marketing agency Indonesia, maupun digital marketing agency Jakarta, yang memperhatikan dan penerapan efek video untuk membuat video promosi yang unik. Creative video atau video yang dibuat berbeda dengan yang sudah banyak beredar terbukti memiliki dampak yang lebih baik dalam pemasaran digital. 

 

Dengan kata lain, konten video membutuhkan perhatian khusus, sejak pra produksi, produksi, tahap editing, bahkan pemilihan media sosial untuk menayangkan video promosi. Semua menjadi satu kesatuan yang utuh dan perlu diterapkan secara lengkap jika Anda ingin strategi digital marketing yang Anda terapkan mencapai hasil sesuai harapan. Oleh karena itu, berikut daftar efek video untuk membuat video promosi unik yang bisa Anda coba.

 

  1. Dissolves

Dissolves adalah teknik transisi perlahan antara gambar satu dengan gambar lainnya. Dalam teknik ini, Anda akan melihat dua gambar seperti bertumpuk. Satu gambar menghilang, disusul kemunculan gambar lain. Teknik ini biasanya digunakan pada saat mau menggambarkan adegan yang dramatis. Teknik ini pun sering dipakai untuk menandakan pergantian waktu, seperti pergantian tahun, musim, dll.

 

  1. Fade In and Fade Out

Fade in adalah jenis video editing dengan gambar yang perlahan muncul. Sebaliknya, fade out adalah teknik editing dengan gambar yang perlahan menghilang. 

 

Teknik ini tidak menghadirkan dua gambar saling bertumpuk seperti pada teknik dissolve, sehingga membutuhkan background color, seperti warna hitam atau putih.

 

  1. Slow Motion

Slow motion ialah efek video dengan gerakan gambar yang melambat. Efek ini biasanya digunakan untuk adegan-adegan krusial dengan tujuan melibatkan emosi penonton.

 

  1. Fast Motion

Jika slow motion adalah gerakan lambat, fast motion sebaliknya. Efek fast motion cocok digunakan untuk mengambil gerakan awan, keriuhan kota, kesibukan di pagi hari, atau proses dari sebuah proyek. Menggunakan efek video promosi ini akan membuat konten video Anda jauh dari rasa bosan.

 

  1. Wipe

Ciri khas teknik wipe adalah terdapat garis yang terlihat jelas menghapus gambar sebelumnya, kemudian diganti dengan gambar berikutnya. Jika teknik dissolve, transisi dilakukan secara halus sehingga tak disadari penonton, wipe kebalikannya.

 

  1. Split Screen

Menampilkan dua gambar dalam satu scene. Split screen sering digunakan pada saat hendak menunjukķan perbedaan sudut pandang. Teknik ini juga biasa digunakan ketika dua tokoh sedang bercakap-cakap melalui telepon.

 

  1. Black and White

Black and white biasa dipakai pada adegan nostalgia atau bersetting zaman dahulu. Sesuai namanya, teknik edit video satu ini hanya menampilkan warna hitam dan putih.

 

  1. Old Movie

Old movie merupakan jenis editing yang identik dengan kesan kuno, seperti sebuah film yang diputar di mesin proyektor lama. Salah satu ciri khas teknik ini, gambar diberi sentuhan noise, dirty, bergoyang, dan sebagainya. Di sisi lain, teknik ini dapat mengaburkan kesalahan teknis ketika pengambilan gambar. Misalnya, penggunaan lensa kamera yang kotor sehingga mengurangi kualitas video.

 

 

Software Video Editing untuk Membuat Video Promosi yang unik

Pada artikel yang pernah ditayangkan di Redcomm Knowledge sebelumnya, sudah tersedia artikel mengenai software editing, seperti 5 aplikasi edit video di smartphone dan 5 aplikasi edit video di laptop. Anda bisa membaca artikel-artikel tersebut terlebih dahulu. 

 

Baru kemudian, Anda membaca 5 software video editing untuk membuat video promosi yang unik di bawah ini sebagai pelengkap daftar software edit video Anda.

 

  1. HitPaw

Jika Anda berencana edit video promosi, seperti memotong video, menambahkan rotasi, menyisipkan musik, mengubah format video, menyesuaikan speed video, dan berbagai keperluan editing lain, Anda bisa menggunakan HitPaw.

 

Cara penggunaan HitPaw cukup mudah. Pertama, import video Anda ke HitPaw video editor, lalu seret penggeser waktu sesuai dengan keinginan Anda. Preview video, kemudian klik export untuk menyimpan file.

 

Jika Anda menginginkan format lain, HitPaw memungkinkan mengubah format sekaligus, sehingga akan memudahkan dalam proses transfer video.

 

  1. EaseUS Video Editor

EaseUS Video Editor merupakan software video editing yang mudah digunakan, seperti memotong, menggabungkan, memutar, mengubah ukuran gambar, menambahkan efek, termasuk transisi agar video promosi Anda semakin unik. 

 

EaseUS Video Editor bisa pula digunakan dalam pembuatan video presentasi, edukasi, materi webinar, film, hingga tujuan marketing seperti video promosi. Selain bisa digunakan untuk menyunting video, software edit video satu ini memungkinkan Anda mengubah video ke format MP4 dengan cepat dan mudah.

 

  1. Adobe Premiere Pro

Adobe sudah terkenal dengan beragam software editing berkualitas, baik software edit foto maupun edit video. Aplikasi edit yang satu ini menawarkan cukup banyak pilihan fitur yang berguna dalam proses penyuntingan demi meningkatkan kualitas video menjadi lebih baik.  

 

  1. Cyberlink Powerdirector

Melakukan editing video dengan efek-efek yang menarik, antar muka yang efisien, dan sudah tersedia pustaka sumber daya yang selalu update secara rutin. Dengan kecanggihan fiturnya, tak heran jika Cyberlink Powerdirector mendapatkan sejumlah award dari banyak media teknologi internasional.

 

 

  1. Corel VideoStudio Pro

Software edit video yang cocok untuk semua tingkatan keahlian berkat kemudahan penggunaan serta terobosan kreatif yang dihadirkannya. Menggunakan Corel VideoStudio Pro membuat setiap proses edit video promosi berjalan menyenangkan.

 

Nah, itulah beberapa software edit video dan daftar efek video editing yang bisa Anda gunakan untuk membuat video promosi yang unik. Jangan segan menghubungi tim Redcomm untuk diskusi lebih lanjut mengenai kebutuhan promosi digital usaha Anda, video production, peningkatan brand awareness, dan sebagainya.