Memiliki nama brand yang dikenal secara luas, apalagi sampai terkenal di seluruh pelosok Indonesia pastinya menjadi impian semua pebisnis. Semakin nama bisnis Anda terkenal semakin kuat kesadaran merek atau brand awareness yang berhasil Anda bangun. Memiliki nama brand yang kuat membuat produk maupun layanan dari brand tersebut lebih mudah diterima. Sebaliknya, kalau brand bisnis Anda tidak terlalu dikenal, Anda membutuhkan upaya lebih keras untuk meraih target pasar yang Anda inginkan. Demi membantu Anda, kali ini Redcomm membagikan kiat sukses membangun brand awareness agar bisnis Anda semakin dikenal. 

 

Kiat Sukses Membangun Brand Awareness Agar Bisnis Anda Semakin Dikenal

  1. Pastikan Nama Brand Unik dan Mudah Diingat

Poin pertama yang harus Anda bangun untuk menciptakan brand bisnis yang lebih kuat adalah memilih nama brand yang unik dan mudah diingat. Brand yang mudah diingat cenderung lebih sering mengalami pembelian ulang dari pelanggan. Kadang bisa pula terjadi pelanggan ingin membeli produk kompetitor yang serupa dengan produk Anda, namun karena nama brand yang mereka ingat adalah brand Anda, maka mereka akan menyebutkan nama brand Anda, bukan merek milik kompetitor. Contohnya: nama brand salah satu produk air mineral kemasan yang sangat kuat dan terkenal. Agar nama brand Anda kuat, Anda perlu tahu cara membangun branding produk yang melekat di benak pelanggan.

 

 

Selain memiliki nama brand yang mudah diingat, Anda juga perlu menghadirkan warna, logo, tagline, dan desain yang khas dari produk atau jasa Anda, seperti yang dilakukan beberapa startup terkenal, kedai kopi kekinian, atau produk kosmetik. Ragam bisnis pada tiga produk tersebut lumayan banyak, namun dengan pemilik nama yang unik dan mudah diingat, disertai simbol warna atau logo dan tagline menarik, orang tetap bisa membedakan antara satu brand dengan brand yang lain, meski produk mereka masih dalam kategori yang sama. 

 

Dengan harapan ingin memiliki brand awareness yang kuat inilah, banyak brand yang berusaha melakukan peningkatan kesadaran merek melalui berbagai cara, misalnya dengan mengadakan social media campaign maupun internet marketing strategist 

 

Untuk membangun brand awareness yang kuat dan membuat brand Anda dikenal banyak orang, cobalah melakukan beberapa kiat sukses berikut:  

 

  1. Hadirkan Kepercayaan dan Kesetiaan

Sebelum memikirkan lebih jauh tentang perkembangan bisnis yang pesat dan keuntungan besar, hal pertama yang harus menjadi prioritas Anda sebagai brand  adalah menghadirkan kepercayaan dan loyalitas dari pelanggan. Karena ketika bisnis Anda telah mendapatkan kepercayaan dan loyalitas tersebut, Anda tinggal menuai hasilnya saja dalam bentuk peningkatan transaksi dan keuntungan yang semakin banyak.

 

Masalahnya, mendapatkan kepercayaan dan loyalitas dari pelanggan tidak serta merta datang sendiri, melainkan Anda memerlukan usaha yang tepat dalam menerapkan digital marketing strategy, melakukan pengelolaan pelanggan dengan baik, bahkan terus meningkatkan pelayanan yang bisa membuat pelanggan merasa nyaman dan puas melakukan transaksi dengan Anda. 

 

Kepercayaan itu serapuh kaca tipis yang mudah retak karena urusan sepele. Oleh karena itu, terus berusaha untuk tidak mengecewakan pelanggan. Hindari mengumbar janji yang tak mampu Anda tepati, dan jangan menawarkan hal yang muluk-muluk tetapi hanya sebagai trik promosi saja. Pelanggan yang kecewa sangat berbahaya. Mereka bisa mengabarkan rasa kecewanya kepada banyak orang sehingga Anda bisa kehilangan lebih banyak calon pelanggan. 

 

 

  1. Buat Produk atau Layanan yang Memiliki Nilai Tambah

Ciptakan produk yang memiliki nilai tambah, baik dalam bentuk produk fisik maupun layanan. Anda harus memastikan ada nilai yang bisa dirasakan oleh konsumen dari produk Anda tersebut. Semakin besar nilai yang Anda berikan, semakin besar peluang Anda untuk memperkuat brand bisnis Anda. 

 

Nilai tambah yang bisa Anda boleh dalam bentuk yang beragam tergantung kebutuhan pelanggan potensial Anda, seperti fitur terbaik, kemewahan, kualitas premium, bahan alami, tanpa pengawet, bonus produk untuk pembelian tertentu, gratis keanggotaan, layanan purna jual ekslusif, dan sebagainya. 

 

  1. Konsisten dengan Kualitas

Poin terakhir yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda adalah konsisten dengan kualitas, baik kualitas produk, jasa, juga layanan yang Anda berikan. Selain harga, kualitas selalu menjadi perhatian pelanggan sebelum mereka mengambil keputusan untuk melakukan pembelian produk maupun penggunaan suatu jasa. Bahkan tak jarang beberapa konsumen tidak mempedulikan harga yang mahal, yang penting mereka bisa mendapatkan produk atau jasa dengan kualitas terbaik. 

 

 

Dengan kualitas terbaik yang dihadirkan brand, konsumen memandangnya sebagai sesuatu yang bermanfaat, memiliki daya tahan yang lama, prestise yang meningkat berkat produk berkualitas mewah, atau bisa jadi daya jual berharga tinggi. 

 

Oleh karena itu, fokuslah akan produk dan layanan berkualitas bagi pelanggan Anda agar mereka terus menggunakan produk Anda. Jika di kemudian hari Anda perlu berinovasi untuk menjaga kelangsungan bisnis Anda, tetaplah menjaga keunikan dan kualitas dari produk Anda. Dengan cara ini, brand akan semakin dikenal luas, bahkan bisa mendapatkan pemasaran gratis melalui word of mouth

 

Demikianlah ulasan singkat mengenai strategi digital marketing dalam menciptakan brand awareness yang kuat. Semoga brand Anda akan semakin dikenal luas dan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.