MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Kiat Sukses Membangun Brand Awareness Agar Bisnis Anda Semakin Dikenal

17 Dec  · 
2 min read
 · 
eye 7.376  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Memiliki nama brand yang dikenal secara luas, apalagi sampai terkenal di seluruh pelosok Indonesia pastinya menjadi impian semua pebisnis bukan? Semakin terkenal nama brand, maka semakin kuat brand awareness yang berhasil Anda bangun. Cari tahu yuk, apa itu brand awareness dan cara meningkatkannya di artikel kali ini.

Pengertian Brand Awareness

Apa itu brand awareness? Brand awareness adalah tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat umum terhadap suatu merek. Tingkat brand awareness mencerminkan seberapa terkenal dan diingat suatu nama brand di kalangan target audiensnya. 

Jadi, saat suatu brand memiliki nama yang kuat, produk maupun layanan dari brand tersebut akan lebih mudah diterima. 

Sebaliknya, kalau merek bisnis Anda tidak terlalu dikenal, Anda akan memerlukan upaya lebih keras untuk mendapatkan konsumen dan menjangkau target pasar yang diinginkan. 

Demi membantu Anda, kali ini Redcomm akan membagikan kiat sukses membangun brand awareness yang kuat dan membuat brand Anda dikenal banyak orang.

Cara Membangun & Meningkatkan Brand Awareness

Agar bisnis Anda semakin terkenal dan bisa lebih mudah mendapatkan banyak pelanggan, baik pelanggan baru maupun pelanggan yang loyal, terapkan cara membangun dan meningkatkan brand awareness berikut ini:

1. Nama Brand Harus Unik dan Mudah Diingat

Poin pertama yang harus Anda bangun untuk menciptakan brand yang lebih kuat adalah memilih nama brand yang unik dan mudah diingat. Tujuannya, agar ketika harus membeli produk, pelanggan akan teringat dengan produk Anda dan akhirnya terus melakukan pembelian berulang.

Dalam beberapa kesempatan, konsumen mungkin berkeinginan untuk membeli produk kompetitor yang serupa dengan produk Anda. Namun, karena mereka mengingat nama brand Anda, maka kemungkinan mereka akan menyebutkan nama merek Anda ketika berbicara, bukan merek kompetitor tersebut.

Contohnya: Nama brand salah satu produk air mineral kemasan yang sangat kuat dan terkenal. Mau membeli air mineral apapun, orang kebanyakan menyebutkan nama brand ini. Maka untuk bisa memiliki nama brand sekuat ini, Anda perlu tahu cara membangun branding produk yang melekat di benak pelanggan.

Selain memiliki nama brand yang mudah diingat, Anda juga perlu menghadirkan warna, logo, tagline, dan desain yang khas dari produk atau jasa Anda, seperti yang dilakukan beberapa startup terkenal, kedai kopi kekinian, atau produk kosmetik. 

Ragam bisnis pada tiga produk tersebut cukup banyak. Produk mereka juga masih dalam kategori yang sama. Namun konsumen tetap bisa membedakan antara satu brand dengan brand yang lain. 

Ini karena pemilik brand membuat nama yang unik, mudah diingat, disertai simbol warna atau logo dan tagline menarik. 

2. Hadirkan Kepercayaan dan Kesetiaan

Tahukah Anda kalau pelanggan yang kecewa bisa menjadi sangat berbahaya? Mereka yang kecewa akan menceritakan penyebab rasa kecewa kepada banyak orang. Akibatnya, bisnis Anda kehilangan lebih banyak calon pelanggan, terutama kalau mereka mengunggahnya ke media sosial.

Oleh karena itu, sebelum memikirkan lebih jauh tentang perkembangan bisnis yang pesat dan keuntungan besar, hal pertama yang harus menjadi prioritas Anda sebagai brand adalah menghadirkan kepercayaan dan membangun loyalitas pelanggan. 

Masalahnya, mendapatkan kepercayaan dan loyalitas dari pelanggan tidak serta merta datang sendiri, melainkan memerlukan usaha yang tepat dalam menerapkan strategi digital marketing yang tepat.

Selain itu, boleh juga melakukan pengelolaan layanan pelanggan dengan baik, sehingga bisa membuat pelanggan merasa nyaman dan puas saat bertransaksi dengan Anda.

3. Buat Produk atau Layanan yang Memiliki Nilai Tambah

Ciptakan produk yang memiliki nilai tambah, baik dalam bentuk produk fisik maupun layanan. Pastikan ada nilai yang bisa dirasakan oleh konsumen dari produk Anda tersebut. Semakin besar nilai yang diberikan, semakin besar pula peluang untuk memperkuat brand bisnis Anda. 

Nilai tambah boleh dalam berbagai bentuk tergantung kebutuhan pelanggan potensial Anda, seperti fitur terbaik, kemewahan, kualitas premium, bahan alami, tanpa pengawet, bonus produk untuk pembelian tertentu, gratis keanggotaan, layanan purna jual ekslusif, dan sebagainya.

4. Konsisten dengan Kualitas

Poin terakhir yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness adalah konsisten dengan kualitas, baik kualitas produk, jasa, juga layanan yang Anda berikan. 

Selain harga, kualitas selalu menjadi perhatian pelanggan sebelum mereka mengambil keputusan untuk melakukan pembelian produk maupun penggunaan suatu jasa. 

Bahkan, banyak juga lho konsumen yang tidak mempedulikan harga mahal, selama mereka bisa mendapatkan produk atau jasa dengan kualitas terbaik. 

Dengan kualitas terbaik yang dihadirkan brand, konsumen memandangnya sebagai sesuatu yang bermanfaat, memiliki daya tahan yang lama, meningkatkan prestise berkat produk berkualitas mewah, atau bisa jadi daya jual berharga tinggi. 

Jadi, fokuslah pada produk dan layanan berkualitas bagi pelanggan agar mereka terus menggunakan produk Anda. 

Jika di kemudian hari Anda perlu berinovasi untuk menjaga kelangsungan bisnis, tetaplah menjaga keunikan dan kualitas dari produk yang sudah baik selama ini.

Dengan cara ini, brand akan semakin dikenal luas, bahkan bisa mendapatkan pemasaran gratis melalui word of mouth

 

Nah, 4 cara membangun dan meningkatkan brand awareness di atas semoga bisa membantu Anda mengembangkan bisnis ya. Anda juga bisa lho bekerja sama dan Memanfaatkan Kehadiran KOL untuk Membangun Brand Awareness. Kalau butuh bantuan pelaksanaan KOL Management, Anda bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta atau digital agency Indonesia terpercaya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER