MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Apakah Digital Marketing Bisa Membantu Penjualan Produk Anda?

12 Jan  · 
2 min read
 · 
eye 2.892  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Sebagai pengusaha, Anda pasti akan terus berusaha meningkatkan penjualan produk demi mendapatkan lebih banyak keuntungan dan bisa berkembang dengan baik. 

Nah, apa yang bisa Anda lakukan untuk mencapainya? Apakah menerapkan digital marketing akan membantu penjualan produk dan layanan bisnis? Baca artikel Redcomm Knowledge kali ini untuk tahu jawabannya. 

5 Alasan Digital Marketing Bisa Bantu Penjualan Produk!

1. Memberikan Kemudahan Berbagi Informasi

Kemudahan berbagi informasi di sini berhubungan dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Dulu penjual akan menawarkan produk, jasa, maupun layanan bisnisnya secara konvensional, yaitu di toko masing-masing.

Namun di masa sekarang, pemasaran secara konvensional yang mengharuskan pelanggan datang ke toko untuk melakukan transaksi sudah mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Pola perilaku konsumen sudah berubah. Sebagian besar orang lebih senang berbelanja online daripada harus pergi ke toko atau pusat perbelanjaan.

Selain itu, ada kebiasaan baru yang terbentuk. Jadi saat ini, konsumen akan lebih dahulu mencari informasi mengenai produk atau jasa yang mau mereka beli di internet. 

Jika informasi yang mereka dapatkan sesuai minat dan kebutuhan, barulah mereka melakukan transaksi pembelian secara online

Itulah mengapa, Anda sebagai pemilik bisnis perlu menyediakan informasi yang lengkap seputar bisnis, produk, jasa, layanan, juga informasi bermanfaat lainnya di website, media sosial, hingga email marketing.

2. Tersedia Katalog Produk

Gaya hidup modern yang serba cepat, ringkas, dan praktis membuat setiap orang memilih untuk berkegiatan tanpa perlu membuang waktu percuma. 

Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari terkait pekerjaan, pendidikan, maupun hiburan, konsumen juga lebih menyukai berbelanja dengan cara yang cepat tanpa harus meninggalkan rumah.

Untuk itu, peluang memanfaatkan digital marketing sebagai upaya membantu meningkatkan penjualan produk jelas terbuka lebar. Kuncinya adalah menerapkan strategi digital marketing secara tepat melalui website, social media campaign, atau e-commerce.

Anda bisa memperkenalkan produk atau brand dengan cara berikut:

  • Membuat berbagai konten yang menarik sesuai produk yang ditawarkan, dan relevan dengan target konsumen serta platform yang mereka gunakan. Misalnya Anda berjualan produk fashion remaja hingga dewasa muda, lalu membuat konten video OOTD ke kampus di platform TikTok.
  • Mengunggah foto produk yang detail, beresolusi HD, dan tampilan yang eye-catching di katalog e-commerce. Untuk produk fashion, Anda bisa menyediakan gambar tampak depan, tampak belakang, hingga saat digunakan oleh model.
  • Jika memungkinkan, beri harga yang bersaing untuk membuka kesempatan menjual lebih banyak produk. Ini bisa jadi strategi yang bagus, mengingat saat ini konsumen bisa dengan cepat membandingkan harga antar produk yang serupa.

3. Menjangkau Banyak Pembeli

Coba bayangkan kondisi ini. Anda tinggal di Surabaya. Sementara produk yang Anda mau hanya dijual di toko yang ada di Jakarta. Kalau dulu, mau tidak mau Anda harus terbang dulu ke Jakarta demi mendapatkan produk tersebut, kan?

Sekarang kondisi sudah berbeda. Adanya penerapan digital marketing dan internet marketing business memungkinkan Anda mendapatkan produk impian dari toko yang berada di kota mana pun dengan lebih mudah dan biaya pengiriman yang masih terjangkau. 

Maka dari studi kasus di atas sudah terlihat jelas ya, bahwa saat ini pebisnis perlu menerapkan digital marketing supaya bisa menjangkau konsumen yang berada di berbagai daerah, sehingga peluang peningkatan penjualan terbuka lebar.

4. Toko Buka 24 Jam Setiap Hari

Dengan sesegera mungkin memulai bisnis yang go digital dan menerapkan strategi digital marketing, Anda akan punya toko atau usaha yang buka 24 jam setiap hari tanpa libur.

Maka pelanggan yang membutuhkan produk Anda bisa melakukan pemesanan tanpa batasan waktu. Di saat yang sama, jangkauan pemasaran pun jadi lebih luas ke seluruh wilayah Indonesia bahkan ke luar negeri.

Setelahnya, Anda tinggal lihat saja penambahan jumlah pelanggan yang berbelanja di online shop milik Anda akan berbanding lurus dengan peningkatan penjualan dan keuntungan bisnis. Dengan catatan, usaha Anda tersebut mudah ditemukan di internet dan Anda sudah menerapkan strategi digital marketing strategy secara benar dan tepat.

Bagi pebisnis pemula yang belum benar-benar paham dengan digital marketing, Anda bisa terlebih dahulu mengajak digital agency Jakarta atau digital marketing agency Indonesia untuk bekerja sama. Tinggal klik Kontak Redcomm dan utarakan maksud serta tujuan yang ingin Anda capai.

Dalam kerja sama ini, sudah pasti akan terjadi banyak diskusi dan urun rembuk untuk bersama-sama mencapai tujuan. Nah, di sinilah kesempatan Anda untuk sekaligus mempelajari cara penerapan strategi digital marketing yang tepat.

5. Lebih Bisa Bersaing dengan Pengusaha Lain

Persaingan bisnis di era digital memang semakin ketat. Hal ini tak bisa Anda pungkiri. Apalagi masing-masing pebisnis memiliki strategi khusus agar usahanya tetap bertahan, bahkan bisa berkembang menjadi lebih besar.

Melalui penjualan secara online, Anda dapat memantau bagaimana cara kompetitor melakukan promosi dan penjualan produk. Amati, tiru, dan modifikasi (metode ATM), kemudian berinovasilah menciptakan strategi baru agar bisnis Anda lebih kompetitif dan bisa unggul dibandingkan pesaing.


Jadi, apakah digital marketing bisa membantu penjualan produk Anda? Tentu saja bisa. Bahkan selain membantu penjualan produk, penerapan digital marketing memungkinkan Anda membangun brand awareness.

Selain itu juga dapat meningkatkan online presence dan visibilitas bisnis, serta membantu menjalin hubungan atau berinteraksi dengan pelanggan. Nah, agar brand awareness menjadi lebih baik, bisa pula menerapkan Kiat Sukses Membangun Brand Awareness Agar Bisnis Semakin Dikenal.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC