Traffic website menjadi prioritas dalam mengelola website untuk bisnis online. Jumlah pengunjung, halaman yang dikunjungi dan dibaca, hingga durasi atau lamanya waktu yang dibutuhkan pengunjung untuk membaca halaman website Anda menentukan popularitas website tersebut di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan sebagainya. Untuk meningkatkan traffic diperlukan penerapan customer journey pada website Anda. Harapannya, pengunjung bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan saat mengunjungi halaman tersebut. 

 

Mengenal Konsep Customer Journey

Sebelum membahas lebih jauh tentang optimasi peningkatan traffic web, Anda perlu paham terlebih dahulu istilah customer journey. Pada dasarnya, customer journey merupakan perjalanan konsumen dalam mengenal brand Anda, yang meliputi 5 fase, yaitu awareness, consideration, riset, purchase, dan review

 

Awareness adalah tahap pengunjung mengenal dan mempelajari brand Anda, baik melalui website, social media, email marketing, blog, dan lain sebagainya. Setelah menggali berbagai informasi terkait brand dan produk Anda, pengunjung akan memasuki fase kedua, yaitu consideration

 

 

Pada fase consideration, pengunjung website sedang mengumpulkan informasi terkait bisnis Anda. Di tahap ini, tidak menutup kemungkinan mereka juga melakukan hal serupa pada website kompetitor Anda. 

 

Selanjutnya, pengunjung website masuk ke tahap melakukan riset secara mendalam melalui ulasan produk dari pelanggan yang telah lebih dulu membeli dan menggunakan produk Anda. Ulasan ini biasanya memang harus ditampilkan di website maupun feedback di media sosial. 

 

Setelah menemukan produk yang mereka cari, pengunjung website cenderung membandingkannya dengan kompetitor yang memiliki produk serupa sebelum memasuki fase keempat, yaitu fase purchase. Sementara di fase kelima, atau review, pengunjung website yang melakukan pembelian akan memberi penilaian. Ulasan dari konsumen ini sangatlah penting untuk meningkatkan reputasi brand Anda. 

 

Ketika Anda mempelajari dan memanfaatkan customer journey secara tepat, pengunjung akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencari informasi yang mereka butuhkan di situs Anda. Bahkan, mereka bisa saja membagikan website Anda ke orang banyak karena informasi yang mereka peroleh dinilai penting. 

 

 

Cara Meningkatkan Traffic Web 

Setelah mengenal cara memaksimalkan potensi yang didapatkan dari customer journey, saatnya Anda menerapkan beberapa strategi yang bisa meningkatkan traffic website

 

  1. Headline 

Judul artikel atau headline adalah bagian paling penting dalam sebuah konten. Buatlah judul yang menarik dan mengundang rasa penasaran sehingga pengunjung website Anda tergerak untuk mencari tahu lebih jauh dengan membaca konten tersebut hingga selesai. Dalam membuat judul, gunakan kata yang tidak terlalu panjang dan harus relevan dengan isi konten. 

 

  1. Konten yang Berkualitas

Selain judul, Anda juga harus membuat konten yang berkualitas. Konten yang diunggah ke website bisnis harus informatif dan relevan dengan produk yang Anda tawarkan. Anda juga dapat menambahkan video, infografik, maupun gambar ke dalam konten, untuk melengkapi informasi sekaligus menambah penampilan konten agar lebih menarik. Penting pula untuk membuat konten yang original yang menggambarkan identitas brand Anda.

 

  1. Long-tail Keywords

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan traffic web adalah fokus dalam pemilihan long-tail keyword. Keyword yang bisa mendatangkan pengunjung adalah keyword relevan dengan topik konten yang Anda posting sekaligus merupakan kata kunci yang paling banyak dicari pengguna internet.

 

 

  1. On-page SEO 

Jika artikel sudah Anda buat sebaik mungkin dan memilih keyword yang tepat, maka saatnya mengaplikasikan teknik SEO On-page agar traffic web mengalami peningkatan secara signifikan. SEO On-page bisa dilakukan dengan menambahkan meta description, memasukkan internal dan eksternal link, dan sebagainya. Dengan optimasi SEO, website Anda bisa ditemukan dengan mudah di halaman pertama pencarian.

 

Selain beberapa aspek di atas, traffic web dapat meningkat dengan Anda menerbitkan konten secara rutin. Dengan begitu informasi website Anda akan selalu up to date. Anda bisa menggunakan jasa digital agency untuk memenuhi seluruh aspek tersebut.