MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Tips Membuat Meta Description yang SEO Friendly & Mendatangkan Traffic

08 Jul  · 
3 min read
 · 
eye 5.514  
SEO & SEM

redcomm

Meta description adalah rangkuman isi artikel atau konten di website yang muncul pada halaman hasil pencarian, saat audiens mengetikkan kata kunci tertentu. Posisinya biasanya berada tepat di bawah meta title website.

Sederhananya, meta description adalah rangkaian kalimat atau paragraf singkat yang mendeskripsikan dan memberi informasi terkait isi konten untuk memudahkan audiens yang sedang mencari informasi. 

Fungsi membuat meta deskripsi yang SEO friendly sebenarnya untuk mendorong pengguna internet mengambil keputusan untuk melakukan klik dan masuk ke website Anda.

Agar meta deskripsi tersebut bisa memancing rasa penasaran audiens, Anda harus memastikan ada kata kunci di dalam meta description, jumlah karakter yang tidak lebih dari 155 karakter, persuasif dan menarik, serta lainnya. Simak penjelasan lengkapnya, yuk.

5 Tips Membuat Meta Description yang SEO Friendly

Pada banyak artikel yang ada di Redcomm Knowledge, Anda pasti sudah sering membaca saran kalau membuat konten untuk website haruslah konten yang SEO friendly. Ini benar, namun selain konten, meta deskripsi juga harus sesuai kaidah SEO.

Alasannya, supaya konten Anda mudah ditemukan di mesin pencari, mendapatkan posisi yang bagus di page rank Google, sekaligus menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan menuju ke website

Kalau ingin membuat meta description yang SEO friendly, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Gunakan Kata Kunci Utama

Kunci dari pembuatan meta deskripsi adalah ketepatan dalam pemilihan, penggunaan, dan penetapan keyword atau kata kunci di dalam meta description

Google akan menilai terlebih dahulu, apakah kata kunci yang Anda gunakan relevan atau tidak dengan isi artikel atau konten. Jika relevan, maka potensi halaman situs web Anda akan semakin besar bisa muncul di halaman hasil pencarian.

Kalau website Anda bisa berada di halaman pertama SERP, pastinya peluang untuk terjadi peningkatan traffic menuju website otomatis akan bisa Anda dapatkan.

Dengan kata lain, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan kata kunci terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan berbagai tools untuk riset keyword

Contoh:

Kata kunci utama: “skincare untuk kulit berminyak”. 

Meta description: “Kulit wajah berminyak membutuhkan perawatan khusus. Inilah tips memilih skincare untuk kulit berminyak agar bebas jerawat dan tetap cantik.”

Oh ya, sebagai catatan, hindari pengulangan kata kunci yang berlebihan di dalam meta deskripsi ya. Sebab kata kunci yang berulang akan membuat Google menilai halaman website Anda menggunakan trik spamming keyword yang tidak disukai Google.

2. Perhatikan Jumlah Karakter 

Idealnya, Google hanya menampilkan 155 karakter untuk meta description. Jika lebih, maka ada banyak kata yang terpotong, muncul simbol tiga tanda titik (...) yang menunjukkan beberapa kata tidak terbaca dengan baik.

Ini akan berdampak informasi penting yang seharusnya bisa menjadi pendorong audiens melakukan klik, bisa hilang atau tidak tersampaikan dengan baik.

Oleh karena itu, Anda perlu memaksimalkan pemilihan kata yang tepat, termasuk keyword, dan memperhatikan jumlah karakter. 

3. Persuasif dan Menarik

Membuat meta deskripsi sebaiknya menggunakan kalimat yang persuasif dan menarik agar audiens penasaran. Inilah yang nantinya akan meningkatkan jumlah klik menuju website Anda. 

Tips membuat meta deskripsi yang menarik dan bisa Anda coba, antara lain:

  • Berikan solusi atas pencarian yang audiens lakukan. Contoh: “Ingin tahu rahasia sukses bisnis online? Yuk, baca panduan yang sudah diulas tuntas di artikel ini.”
  • Menggunakan Call to Action (CTA) yang kuat, misalnya: “Klik link ini dan dapatkan tips eksklusif meraih penghasilan 10 juta dalam satu bulan.”

Pada prinsipnya, variasi kata dan diksi yang to the point akan jauh lebih menarik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan power word, seperti “hebat”, “ampuh”, “luar biasa”, dan sebagainya.

Cara lain yang juga bisa membantu untuk membuat meta deskripsi, gunakan saja tools seperti meta description generator yang bisa membantu Anda membuat deskripsi yang relevan dengan isi konten.

4. Utamakan Benefit bagi Audiens

Merancang dan menggunakan meta description yang tepat akan membantu Anda meningkatkan traffic organik menuju ke halaman website bisnis yang Anda tentukan.

Bahkan bisa pula membuat halaman tersebut masuk page one di SERP Google. Meski begitu, Anda tidak boleh membuat isi deskripsi yang menyesatkan, clickbait, apalagi bohong. 

Alih-alih menyajikan clickbait yang hanya membuat audiens kecewa, lebih baik berikan benefit, solusi, atau manfaat yang bisa audiens dapatkan kalau mau mengunjungi website Anda. 

Isi konten yang sesuai dengan keinginan pembaca punya banyak dampak positif bagi pemilik website. Mulai dari meningkatkan jumlah klik, meminimalkan bounce rate, dan pastinya ikut meningkatkan meningkatkan performa website.

5. Memanfaatkan Local SEO

Memaksimalkan fungsi meta description bisa pula dengan memanfaatkan strategi local SEO. Cara ini ampuh kalau Anda juga mau menargetkan pembaca yang tinggal di wilayah tertentu. Penerapannya tinggal masukkan nama wilayah yang dibidik di meta deskripsi.

Jika berhasil, tak hanya pembaca online yang mengenal situs web bisnis milik Anda, namun berpeluang mendapatkan pengunjung offline yang tahu website Anda, kemudian memilih untuk berkunjung langsung ke gerai bisnis untuk berbelanja.

Dampak berikutnya, banyaknya pengunjung yang datang ke website memungkinkan Anda melakukan promosi dan penawaran produk maupun layanan dengan lebih baik. Lagi-lagi, peluang tercipta konversi penjualan jadi lebih besar.

Contoh Meta Description yang Bagus

Untuk tahu seperti apa meta description yang bagus dan menarik, sebenarnya Anda bisa mencoba satu cara sederhana yang mungkin sudah sering Anda lakukan. 

Ketikkan saja kata kunci tertentu. Lalu pada halaman pertama pencarian Google, perhatikan bagaimana berbagai website yang mendapatkan posisi page one membuat deskripsi singkat terkait konten mereka.

Jangan lupa, perhatikan pula jumlah kata yang digunakan, keyword, serta susunan kata dalam rangkaian satu paragraf singkat persis di bawah URL website. Agar potensi terjadinya klik semakin besar, pastikan juga Anda membuat headline atau judul yang juga menarik ya. Cek di sini Cara Membuat Headline yang Menarik.

Berlatihlah terus membuat deskripsi yang menarik dari mempelajari apa yang pemilik website lakukan. Ingat, semakin sering Anda berlatih membuat deskripsi, pastinya nanti meta description Anda pun akan jauh lebih baik.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER