Meta description adalah rangkuman dari konten di website yang muncul pada halaman hasil pencarian, saat Anda mengetikkan kata kunci tertentu. Meta description posisinya berada tepat di bawah meta title sebuah website.

 

Simpelnya, meta description adalah rangkaian kalimat atau paragraf singkat yang mendeskripsikan dan memberi informasi terkait konten di suatu website, untuk memudahkan pengguna yang sedang mencari informasi. Deskripsi ini pula yang kemudian membantu pengguna untuk mengambil keputusan, apakah akan melakukan klik pada link yang muncul di halaman pencarian atau tidak. 

 

Meta description umumnya dibuat dengan SEO friendly agar mudah ditemukan di mesin pencari, mendapatkan posisi yang bagus di page rank Google, sekaligus menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan menuju ke website

 

Tips Jitu Membuat Meta Description yang SEO Friendly

Untuk tahu seperti apa meta description yang bagus, sebenarnya Anda bisa mencoba satu cara sederhana yang mungkin sudah sering Anda lakukan. Caranya, ketikkan satu kata kunci tertentu. Lalu pada halaman pertama pencarian Google, perhatikan bagaimana berbagai website yang mendapatkan posisi page one tersebut membuat deskripsi singkat terkait konten mereka, sehingga bisa mendapatkan posisi di halaman pertama pencarian. Perhatikan pula jumlah kata yang digunakan, keyword, serta susunan kata dalam rangkaian satu paragraf singkat persis di bawah URL website.

 

 

Setelah Anda memahami dan mempelajari dari berbagai meta deskripsi yang tampil di halaman pencarian Google, selanjutnya Anda bisa mulai mempraktikkan membuat meta description Anda sendiri dengan mengikuti beberapa tips jitu berikut ini:

 

Perhatikan Kata Kunci

Kunci dari pembuatan meta deskripsi adalah ketepatan dalam pemilihan, penggunaan, dan penetapan keyword di dalam meta description. Keyword atau kata kunci akan dinilai oleh Google, apakah bagus atau tidak serta relevan atau tidak dengan konten yang terdapat di dalam halaman website. Kata kunci yang bagus dan relevan dengan isi konten, biasanya membantu website menuju halaman pertama pada halaman hasil pencarian. Dampak berikut, traffic menuju website juga secara otomatis bisa mengalami peningkatan secara signifikan.

 

Dengan kata lain, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan kata kunci atau keyword terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan berbagai tools untuk riset keyword. Misal, Anda mau menggunakan kata kunci “skincare untuk kulit berminyak”. Maka isi meta description bisa dalam bentuk, “Kulit wajah berminyak membutuhkan perawatan khusus. Inilah tips memilih skincare untuk kulit berminyak agar bebas jerawat dan tetap cantik.”

 

Anda juga perlu mengetahui bahwa pembuatan meta description dengan kata kunci, jangan sampai menggunakan kata kunci yang berulang. Sebab kata kunci yang berulang akan membuat Google menilai halaman website Anda menggunakan trik spamming keyword yang tidak disukai Google.

 

Perhatikan Jumlah Karakter 

Meta description adalah salah satu kunci yang dapat membuat konten website bisa masuk page rank Google. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan jumlah karakter saat pembuatan meta description. Idealnya, Google hanya menampilkan 155 karakter untuk meta description. Maka dari itu, Anda harus memaksimalkan kata-kata yang digunakan secara efisien dan tepat, termasuk memasukkan keyword yang sesuai. Jika Anda membuat meta description lebih dari 155 karakter, maka akan muncul simbol tiga tanda titik (...) yang menunjukkan beberapa kata tidak terbaca dengan baik.

 

 

Buat Deskripsi yang Menarik

Anda bisa memanfaatkan kalimat yang membuat para pengunjung penasaran dengan isi konten. Caranya, buatlah kalimat yang seolah memberi solusi atas informasi apa yang sedang dicari. 

 

Gunakan pula kalimat ajakan agar calon pengunjung berminat dan tertarik untuk menuju ke halaman website Anda. Dalam pembuatan kalimat, sebaiknya jangan mengulang kata-kata yang bermakna sama. Jika dirasa kurang mampu menemukan kalimat untuk deskripsi yang bagus, bisa juga mencoba tools berupa meta description generator

 

Punya Manfaat untuk Pengunjung Website

Merancang dan menggunakan meta description yang tepat akan membantu Anda meningkatkan traffic organik menuju ke halaman website bisnis yang Anda tentukan, bahkan bisa pula membuat halaman tersebut masuk page one di halaman hasil pencarian Google. Meski begitu, Anda tidak boleh membuat isi meta description yang menyesatkan, apalagi bohong. 

 

Penting bagi Anda untuk menyisipkan metode description yang punya manfaat dan solusi bagi pengunjung website, serta dapat meningkatkan performa website. Karena tentu saja, seseorang mengunjungi suatu website 100% untuk mencari informasi berdasarkan isi artikel yang dibuat. 

 

Isi konten yang sesuai dengan keinginan pembaca punya banyak dampak positif bagi pemilik halaman website. Pengunjung tidak hanya merasa puas, tapi akan betah berlama-lama berselancar di dalam website atau malah akan selalu kembali mengunjungi website Anda di lain waktu.

 

 

Memanfaatkan Local SEO

Meta description menjadi salah satu cara paling efisien untuk mendapatkan traffic tinggi, dan hal ini menjadi harapan semua pemilik website bisnis. Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke website, Anda bisa melakukan promosi dan penawaran produk maupun layanan dengan lebih baik. Kemungkinan mendapatkan konversi pun jadi lebih besar. 

 

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan penggunaan local SEO untuk penargetan pembaca di wilayah tertentu. Caranya sangat mudah, Anda tinggal menyisipkan nama wilayah di meta description. Cara ini membuat konten Anda lebih mudah tertarget pada produk yang ada di wilayah tertentu.

 

Seperti disebutkan di atas, meta description adalah salah satu hal yang cukup penting untuk membuat website lebih SEO friendly. Maka dari itu, 5 tips di atas bisa Anda praktikkan untuk membuat meta description menarik jadi efisien dalam meningkatkan traffic pengunjung website.