Seiring perkembangan teknologi serta kebutuhan pengguna, mesin pencari seperti Google dan beberapa layanan lain terus meningkatkan kinerja mereka. Salah satunya, dengan melakukan update pada algoritma mereka. Saat ini, mesin pencari lebih memprioritaskan situs web yang dibangun berdasarkan keahlian (Expertise), otoritas (Authoritativeness), dan kepercayaan (Trustworthiness). Istilah ini juga dikenal dengan istilah E-A-T. 

 

Algoritma ini yang kemudian digunakan oleh Google dalam menampilkan hasil pencarian. Dan dengan algoritma E-A-T pula, pengguna jadi lebih mudah menemukan informasi yang dibutuhkan dari situs-situs terpercaya.

 

Banyak marketer yang sudah membicarakan algoritma ini sejak 2018. Google pun kini telah menjadikan E-A-T sebagai salah satu penilaian utama mereka. Penjelasan tersebut bisa ditemukan secara lengkap melalui laman Search Quality Raters Guidelines milik Google. 

 

Cara Menerapkan E-A-T pada Website Bisnis

Sebagai pemilik website bisnis, penting bagi Anda mengenal E-A-T dan penerapannya pada website bisnis. Sebab, algoritma ini sangat berpengaruh pada beberapa niche tertentu, seperti kesehatan dan keuangan. Banyak orang menyebutnya dengan istilah Your Money or Your Life (YMYL).

 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menerapkan E-A-T pada situs bisnis Anda:

 

 

  1. Lakukan Audit Konten Secara Berkala

Sebagai salah satu cara untuk meningkatkan standar akurasi yang tinggi, Google berekspektasi semua konten yang dimiliki situs dengan kategori YMYL, selalu melakukan audit secara berkala untuk menjaga informasi yang diberikan tetap akurat dan sesuai dengan perkembangan zaman.

 

Sebagai pemilik web, Anda pun harus melakukan hal yang sama. Anda bisa melakukan audit pada waktu-waktu tertentu. Umumnya, audit konten dilakukan setiap 6 hingga 12 bulan sekali untuk memastikan konten Anda masih relevan dan terus melakukan perbaikan jika diperlukan. 

 

Untuk memudahkan pekerjaan, sebaiknya catat semua URL artikel yang ada pada website bisnis, kemudian lakukan proses audit. Misalnya, Anda ingin mengetahui dan meningkatkan traffic dari tiap postingan, maka Anda bisa mencocokkan dengan volume traffic yang didapatkan.

 

Apabila ada halaman yang mengalami penurunan traffic atau bahkan tidak ada traffic sama sekali, halaman tersebut tidak akan dapat menjangkau audiens sesuai dengan tujuan Anda. Oleh karena itu, segera lakukan perbaikan.

 

Dengan melakukan audit konten yang menyeluruh dan terjadwal, Anda bisa menemukan solusi untuk halaman dengan traffic rendah, apakah harus diperbarui, dihapus, atau melakukan tindakan lainnya.

 

  1. Membuktikan Keahlian Lewat Tulisan

Google sempat melakukan eksperimen yang mana menampilkan penulis konten di halaman sebagai bentuk verifikasi. Caranya, dengan menggunakan Google+. Walau tak berlangsung lama dan akhirnya fitur ini dihapus, namun cukup untuk memberitahu para pemilik website bahwa Google berusaha memahami konten pada sebuah halaman dan mengetahui siapa yang membuat konten, serta seberapa capable penulis membuat konten tersebut.

 

Google menginginkan para ahli berpengalaman yang menulis konten dalam website YMYL. Namun faktanya, memberikan informasi mengenai siapa yang menulis konten di situs Anda belum cukup. Anda tetap perlu berusaha lebih keras untuk meyakinkan pembaca bahwa situs Anda bisa dipercaya.

 

Jadi, halaman informasi apapun dalam website Anda harus menampilkan informasi penulis, walaupun hanya sebatas pencantuman nama atau ringkasan tentang penulis. Anda juga bisa mencantumkan link yang menuju halaman berisi informasi lebih lengkap mengenai penulis. Selain itu, kembangkan proses editorial yang ketat dalam proses unggahan sebuah konten, yang mana bisa membantu memastikan akurasi dan menjaga kualitas konten yang Anda publikasikan.

 

Apabila konten yang dipublikasikan menggunakan jasa ahli sebagai editor, maka cantumkan juga hal itu pada bagian awal atau akhir artikel bersama dengan nama penulisnya.

 

 

  1. Miliki SERP untuk Kueri Bermerk

Untuk meningkatkan reputasi brand Anda, mulailah dengan melihat apa yang dilihat oleh orang lain ketika nama Anda dicari di mesin pencari. Ketika seseorang mencari brand Anda di internet, mesin pencari akan menunjukkan beberapa hasil yang berhubungan dengan merk Anda.

 

Anda bisa memaksimalkan hal itu dengan memberikan lebih banyak artikel yang berkaitan dengan bisnis atau brand Anda. Dengan begitu, akan semakin banyak informasi yang ditampilkan oleh mesin pencari.

 

  1. Tingkatkan Otoritas Website

Apabila tidak ada anggaran untuk menggunakan jasa agensi digital Jakarta ternama, maka sisihkan waktu Anda setiap minggu supaya bisa menanggapi permintaan media, bisa juga dengan menawarkan guest post pada publisher yang relevan dengan situs Anda.

 

Sesekali, lakukan siaran pers saat melakukan peluncuran produk baru maupun berbagai acara yang Anda buat. Walaupun merasa kurang percaya diri karena situs yang Anda kelola masih kecil, namun langkah ini bisa menarik para jurnalis untuk memberitakan tentang Anda.

 

 

  1. Maksimalkan Halaman ‘About’ untuk Meningkatkan Kepercayaan

Anda bisa memanfaatkan halaman about, atau tentang kami, yang ada pada website untuk membangun kepercayaan. Sebab, situs YMYL dituntut mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari pembaca.

 

Google berharap, situs Anda tidak hanya memprioritaskan soal akurasi informasi yang ada pada konten, tetapi juga mengedepankan siapa yang bertanggung jawab dibalik konten tersebut.

 

Sekalipun E-A-T telah menjadi jalur utama untuk memenangkan pencarian di Google selama beberapa tahun terakhir, tidak berarti itu adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan posisi yang bagus di mesin pencari, setidaknya untuk saat ini.

 

Hal yang harus diingat, semua pedoman kualitas Google ataupun beberapa tips yang dibahas di sini, tidak langsung membuat postingan Anda melesat naik di mata mesin pencari. Akan tetapi, dengan semua panduan ini diharapkan bisa menjadi panduan yang bagus untuk konten yang akan dibuat.