knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Mengenal E-A-T da...

Mengenal E-A-T dan Cara Menerapkannya pada Website Anda

11 Nov  · 
3 min read
 · 
eye 3.721  
SEO

Mengenal E A T Dan Cara Menerapkannya Pada Website Anda

Seiring dengan optimasi dan peningkatan kualitas layanan yang Google lakukan, algoritma Google pun mengalami peningkatan kualitas yang signifikan. 

Saat ini, mesin pencari seperti Google lebih memprioritaskan situs web yang dibangun berdasarkan E.A.T, yaitu Expertise (keahlian), Authoritativeness (otoritas), dan Trustworthiness (kepercayaan). Istilah ini juga dikenal dengan istilah E-A-T.  

Konsep E.A.T (yang sekarang bahkan sudah di-update menjadi E.E.A.T) diperkenalkan Google melalui pedoman Search Quality Raters Guidelines sebagai salah satu acuan dalam memberikan peringkat pada hasil pencarian.

Jika Anda ingin meningkatkan posisi website di mesin pencari dan membangun kepercayaan audiens, memahami serta menerapkan E-A-T adalah langkah yang tidak boleh dilewatkan.

Berikut penjelasan lengkap tentang E-A-T dan cara praktis untuk menerapkannya pada website Anda. 

Apa Itu E.A.T dan Kenapa Penting?

Pada awal artikel ini sudah disebutkan singkatan E.A.T, yaitu Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Nah, penjelasan ketiga poin penting dalam algoritma Google ini adalah sebagai berikut:

  • Expertise (keahlian) adalah indikator yang menentukan tingkat keahlian penulis atau pembuat konten di bidangnya.
  • Authoritativeness (otoritas) berkaitan dengan seberapa terpercaya sumber informasi atau brand Anda.
  • Trustworthiness (kepercayaan) untuk mengukur tingkat kepercayaan audiens terhadap website Anda, termasuk keamanan data pengguna.

Mengapa menerapkan E.A.T penting? Sebab, Google menggunakan E-A-T untuk menentukan kualitas informasi, terutama untuk topik yang dikenal sebagai YMYL (Your Money or Your Life), seperti kesehatan, keuangan, dan hukum. 

Konten berkualitas rendah pada topik tersebut dapat berdampak negatif bagi pengguna internet. Tentunya Google tak ingin hal ini terjadi ya.

Cara Menerapkan E-A-T pada Website Bisnis

Sebagai pemilik website bisnis yang ingin meraih top rank Google, penting bagi Anda mengenal E-A-T dan penerapannya pada website bisnis. Beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan jika ingin menerapkan E-A-T pada situs bisnis:

1. Lakukan Audit Konten Secara Berkala

Sebagai salah satu cara untuk meningkatkan standar akurasi yang tinggi, Google berekspektasi semua konten yang dimiliki situs dengan kategori YMYL, selalu melakukan audit secara berkala untuk menjaga kualitas dan keakuratannya.

Nah, sebagai pemilik web, Anda pun harus melakukan hal yang sama. Anda bisa melakukan audit pada waktu-waktu tertentu. 

Umumnya, audit konten dilakukan setiap 6 hingga 12 bulan sekali untuk memastikan konten Anda masih relevan dan terus melakukan perbaikan jika diperlukan. 

Untuk memudahkan pekerjaan, sebaiknya catat semua URL artikel yang ada pada website bisnis, kemudian lakukan proses audit. 

Misalnya, Anda ingin mengetahui dan meningkatkan traffic dari tiap postingan, maka Anda bisa mencocokkan dengan volume traffic yang didapatkan.

Apabila ada halaman yang mengalami penurunan traffic atau bahkan tidak ada traffic sama sekali, halaman tersebut tidak akan bisa menjangkau audiens sesuai dengan tujuan Anda. 

Oleh karena itu, segera lakukan perbaikan untuk halaman dengan traffic rendah, seperti evaluasi isi konten, akurasi data yang digunakan, penggunaan keyword, meta description, alt image, dan sebagainya.

2. Membuktikan Keahlian Lewat Tulisan

Google sempat melakukan eksperimen yang mana menampilkan penulis konten di halaman sebagai bentuk verifikasi. Caranya, dengan menggunakan Google+. 

Walau tak berlangsung lama dan akhirnya fitur ini dihapus, namun cukup untuk memberitahu para pemilik website, bahwa Google berusaha memahami konten dan mengetahui siapa yang membuat konten, serta seberapa capable penulis membuat konten tersebut. 

Google menginginkan para ahli berpengalaman yang menulis konten dalam website YMYL. Namun faktanya, memberikan informasi mengenai siapa yang menulis konten di situs Anda belum cukup. 

Anda tetap perlu berusaha lebih keras untuk meyakinkan pembaca bahwa situs Anda bisa dipercaya.

Jadi, halaman informasi apapun dalam website harus menampilkan informasi penulis, walaupun hanya sebatas pencantuman nama atau ringkasan tentang penulis. 

Anda juga bisa mencantumkan link yang menuju halaman berisi informasi lebih lengkap mengenai penulis. 

Selain itu, kembangkan proses editorial yang ketat sebelum mengunggah konten, yang mana bisa membantu memastikan akurasi dan menjaga kualitas konten yang Anda publikasikan.

Apabila konten yang dipublikasikan menggunakan jasa ahli atau editor, cantumkan juga hal itu pada bagian awal atau akhir artikel bersama dengan nama penulisnya.

3. Dapatkan Posisi di SERP untuk Branded Keyword

Untuk meningkatkan reputasi brand Anda, mulailah dengan melihat apa yang dilihat oleh orang lain ketika nama Anda dicari di mesin pencari. 

Ketika seseorang mencari nama brand di internet, mesin pencari akan menunjukkan beberapa hasil yang berhubungan dengan merk Anda.

Anda bisa memaksimalkan hal itu dengan memberikan lebih banyak artikel yang berkaitan dengan bisnis atau brand Anda. Dengan cara ini, akan semakin banyak informasi yang ditampilkan mesin pencari.

4. Tingkatkan Otoritas Website

Apabila tidak ada anggaran untuk menggunakan jasa digital marketing agency Jakarta ternama, maka sisihkan waktu Anda setiap minggu supaya bisa menanggapi permintaan media.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba menawarkan guest post kepada publisher yang relevan dengan situs Anda, atau mungkin bekerja sama dengan blogger

Sesekali, lakukan siaran pers saat melakukan peluncuran produk baru maupun berbagai acara yang Anda buat. 

Walaupun merasa kurang percaya diri karena situs yang Anda kelola masih kecil, namun langkah ini bisa menarik para jurnalis untuk memberitakan tentang brand, produk, hingga layanan bisnis yang Anda sediakan.

5. Maksimalkan Halaman About

Anda bisa memanfaatkan halaman about, atau tentang kami, yang ada pada website untuk membangun kepercayaan. Sebab, situs YMYL dituntut mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari pembaca.

Google berharap, situs Anda tidak hanya memprioritaskan soal akurasi informasi yang ada pada konten, tetapi juga mengedepankan siapa yang bertanggung jawab dibalik konten tersebut.

Sekalipun E-A-T telah menjadi jalur utama untuk memenangkan pencarian di Google selama beberapa tahun terakhir, tidak berarti itu adalah satu-satunya cara mendapatkan posisi yang bagus di mesin pencari, setidaknya untuk saat ini.

Hal yang harus diingat, semua pedoman kualitas Google ataupun beberapa tips yang dibahas di sini, tidak langsung membuat postingan Anda melesat naik di mata mesin pencari. 

Akan tetapi, dengan semua panduan di atas, harapannya Anda bisa mengoptimasi situs sesuai aturan yang algoritma Google tentukan.

Apalagi kalau Anda juga menggunakan Indikator di Google Analytics untuk Analisis Behaviour Pengunjung Website. Ini cara tercepat untuk membangun kinerja situs yang lebih baik di mata Google dan audiens.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER

RELATED TOPIC

Jenis Link Yang Perlu Di Disavow
25 Apr
·
3 min read
·
eye 5.494 views
SEO
Optimasi Konten Seo Menggunakan People Also Ask
22 May
·
4 min read
·
eye 63.798 views
SEO
JjGMX7bCeDiH9txJ6V9K
12 Jun
·
3 min read
·
eye 7.666 views
SEO