knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
4 Faktor yang Mem...

4 Faktor yang Mempengaruhi User Experience untuk Hasil SEO yang Memuaskan

03 Jan  · 
4 min read
 · 
eye 1.666  
SEO

User Experience Hasil Seo Memuaskan

Memahami hubungan antara User Experience (UX) dan Search Engine Optimization (SEO) sangat penting untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam hal visibilitas dan peringkat di SERP. 

UX berfokus pada menciptakan pengalaman positif dan lancar bagi pengunjung situs web, sementara SEO bertujuan mengoptimalkan situs web untuk meningkatkan visibilitasnya sehingga muncul di halaman hasil pencarian. 

Kalau Anda merancang tampilan UX situs web dengan baik dan lebih ramah pengguna, maka secara tidak langsung akan meningkatkan keterlibatan, bounce rate lebih rendah, dan mendorong kunjungan yang lebih lama.

Lalu saat keterlibatan pengguna meningkat, hal ini akan memberi sinyal pada mesin pencari bahwa situs web Anda berkinerja bagus sehingga akan berdampak positif pada peringkat SEO yang lebih baik.

Oleh karena itu, sangat penting lho Anda memprioritaskan dan mengoptimalkan user experience guna meningkatkan peringkat SEO situs web Anda.

Di dalam artikel ini, temukan faktor-faktor yang mempengaruhi UX untuk hasil SEO terbaik. Terdengar seru, bukan? Yuk, langsung baca artikelnya sampai selesai

4 Tips Memaksimalkan SEO dengan Optimasi User Experience

1. Kecepatan dan Kinerja Website

Kecepatan dan kinerja situs web mengacu pada seberapa cepat situs web dimuat dan dapat berfungsi dengan baik bagi pengguna. 

Di era digital yang cepat seperti sekarang, pengguna mengharapkan loading speed website hanya dalam beberapa detik. Jika tidak, mereka akan merasa frustasi dan meninggalkan situs yang lambat tersebut.

Situs web yang lambat dapat berdampak negatif pada UX, menjadi faktor yang mempengaruhi bounce rate yang lebih tinggi, dan tingkat konversi yang lebih rendah.

Mengoptimalkan kecepatan dan kinerja situs web melibatkan pengurangan waktu pemuatan halaman, pengurangan waktu respon server, optimasi kode HTML, serta gambar, untuk memastikan pengalaman pengguna yang mulus dan lancar. 

Dengan memprioritaskan kecepatan situs web, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, sekaligus meningkatkan kinerja situs web di peringkat mesin pencari.

2. Keberadaan di Perangkat Mobile dan Desain Responsif

Faktor berikutnya yang juga mempengaruhi user experience untuk hasil SEO yang lebih baik adalah situs web harus memiliki desain responsive dan mobile friendly. Hal ini karena rata-rata masyarakat modern sudah menggunakan perangkat mobile berbagai model dan ukuran layar.

Desain responsif adalah teknik yang memungkinkan situs web beradaptasi dan menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar. 

Artinya, audiens bisa mengakses situs, baik di smartphone, tablet, maupun laptop, tata letak situs langsung menyesuaikan diri secara otomatis, sehingga tampilannya tetap rapi dan nyaman dibaca.

Audiens jadi tidak perlu terus-menerus memperbesar atau menggeser secara horizontal untuk mengakses konten, sehingga memudahkan mereka saat menjelajah dan berinteraksi dengan situs web.

Dengan mengoptimalkan situs web untuk perangkat mobile, bisnis dapat menarik lebih banyak lalu lintas organik, mempertahankan pengunjung, dan pada akhirnya mencapai visibilitas dan online presence yang lebih baik di SERP.

3. Navigasi yang Jelas dan Intuitif

Rancanglah sistem navigasi dengan baik untuk meningkatkan user experience dan hasil SEO. Nah, navigasi yang jelas dan intuitif mengacu pada desain dan penataan menu dan navigasi.

Selain itu, Anda juga perlu merancang setiap tautan di dalam situs web (internal link) yang memudahkan pengguna untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Untuk melakukannya, ikuti tips berikut ini:

a. Buat Seefektif Mungkin

Buat dan tata navigasi seefektif mungkin agar mudah dimengerti dan digunakan oleh pengunjung untuk menemukan konten atau produk yang mereka cari dengan cepat. 

b. Atur Menu dan Pengkategorian

Disarankan untuk membatasi jumlah item menu utama agar pengguna tidak merasa kebingungan. Selain itu, ada baiknya Anda memilih label atau pengkategorian yang jelas dan ringkas sehingga dapat menggambarkan konten dengan akurat konten.

Lalu, Anda juga bisa menyediakan sub menu atau menu dropdown untuk mengorganisir halaman atau subtopik tambahan, memberikan struktur yang membimbing pengguna melalui situs web. 

Penting untuk menjaga submenu berfokus dan menghindari pengisian terlalu banyak pilihan.

c. Sediakan Search Bar

Search bar adalah elemen navigasi lain yang memungkinkan pengguna mencari informasi tertentu di dalam website Anda dengan lebih mudah, cepat, dan efektif.

Artinya, ketika mau menemukan topik, informasi, atau produk tertentu di dalam situs web bisnis Anda, pengguna tinggal mengetikkan kata tertentu di kotak pencarian (search bar) dan mereka bisa langsung menemukannya.

d. Gunakan Anchor Teks

Penggunaan anchor text yang deskriptif dan bermakna untuk menambahkan hyperlink dapat meningkatkan navigasi. 

Tak hanya memperkaya struktur konten dan keterhubungan tiap halaman di dalam website, namun anchor teks juga membantu audiens lebih memahami informasi yang ada di dalam konten Anda.

Sebagai contoh, daripada menggunakan frasa generik seperti “klik di sini”, lebih baik menggunakan istilah spesifik dan relevan yang menggambarkan halaman tujuan.

e. Responsivitas Tinggi

Kembali ke poin 2 yang berhubungan dengan pentingnya situs web bisnis memiliki desain responsif, maka tata letak menu, navigasi, hingga pengaturan tautan membutuhkan responsivitas yang tinggi.

Jangan sampai gara-gara desain tidak responsif, ada tombol navigasi atau tautan yang tidak bisa audiens akses hanya karena mereka membuka situs Anda pada perangkat dengan ukuran layar yang berbeda.

4. Konten Berkualitas Tinggi dan Relevan

Konten berkualitas mengacu pada bernilai tidaknya isi konten yang Anda tayangkan di situs web bisnis, sekaligus relevansinya dengan kebutuhan dan harapan pengguna. 

Untuk menjelaskannya lebih lanjut, karakteristik konten berkualitas tinggi dan relevan dapat dirangkum sebagai berikut:

a. Bernilai dan Informatif

Konten harus menawarkan pengetahuan atau insight baru, mampu menjawab pertanyaan pengguna, dan memberikan informasi yang detail. 

Dalam aturan E.E.A.T Google terbaru, bahkan disebutkan kalau konten yang Anda sediakan untuk audiens di situs web sebaiknya konten yang disertai dengan expertise maupun pengalaman Anda di bidang tersebut.

b. Ditulis dengan Baik dan Menarik

Konten harus terstruktur dengan baik, mudah dibaca, dan bebas dari kesalahan tata bahasa. Bagus lagi kalau Anda bisa menulis konten dengan menggunakan teknik storytelling dan copywriting yang persuasif, sehingga dapat mendorong audiens tinggal lebih lama di halaman.

c. Asli dan Unik

Konten harus asli dan bukan hasil plagiarisme dari sumber lain. Di dalamnya bisa Anda masukkan pandangan baru, insight terkini, atau tren yang sedang berlangsung dalam masyarakat sehingga lebih unik dan menonjol dari konten pesaing.

d. Beragam Format

Konten berkualitas tinggi dapat hadir dalam berbagai format, seperti artikel, posting blog, video, infografis, atau podcast. Menggunakan berbagai format membantu mengakomodasi preferensi berbeda dan meningkatkan user experience secara keseluruhan.

e. Optimasi Kata Kunci

Konten harus dioptimalkan untuk kata kunci yang relevan yang sering dicari oleh pengguna. Namun, penting untuk menjaga alur yang alami dan menghindari kata kunci secara berlebihan, yang dapat merugikan user experience dan SEO.

f. Terbaru dan Relevan

Konten harus terus diperbarui untuk memastikan akurasi dan ketepatan waktu. Jadi mau tidak mau Anda harus menyediakan waktu dan sumber daya untuk melakukan update konten agar selaras dengan tren saat ini, berita industri, dan minat audiens target.

g. Sumber & Atribusi yang Tepat

Jika Anda menggunakan informasi atau data dari sumber eksternal, atribusi dan kutipan yang tepat harus diberikan untuk menjaga kredibilitas dan integritas.

h. Integrasi Multimedia

Menggabungkan gambar, video, atau elemen interaktif yang relevan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat konten lebih menarik.


User Experience (EX) yang dirancang dengan baik membuat situs web lebih ramah pengguna, dan pada akhirnya meningkatkan visibilitas serta lalu lintas organik situs web bisnis. 

Ini memberi sinyal pada mesin pencari bahwa situs web berharga dan relevan, yang mengarah pada peringkat SEO yang lebih baik.

Penggunaan kata kunci SEO yang tepat menjadi salah satu hal terpenting dalam menciptakan konten berkualitas. Maka dari itu, Anda juga perlu tahu cara menggunakan 7 SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:
Cara Meningkatkan Peringkat Situs di SERP
28 Mar
·
1 min read
·
eye 8.035 views
SEO
Cara Mendapatkan Backlink Dofollow Berkualitas
09 Apr
·
3 min read
·
eye 22.363 views
SEO
Ini Penyebab Broken Link pada Website Anda
15 Dec
·
3 min read
·
eye 5.073 views
SEO
11 Faktor yang Mempengaruhi Page Rank Google
06 Apr
·
3 min read
·
eye 34.366 views
SEO
5 Tips Optimasi SEO untuk Konten Website
23 Nov
·
3 min read
·
eye 6.526 views
SEO
9 Fitur Penting di SERP yang Wajib Anda Tahu
28 Apr
·
3 min read
·
eye 13.088 views
SEO
Cara Memilih dan Menerapkan Schema Markup
29 May
·
1 min read
·
eye 2.902 views
SEO
Rahasia Menjadi Penulis Artikel SEO Profesional
16 Sep
·
3 min read
·
eye 6.412 views
SEO
5 Tips untuk Meningkatkan SEO E-Commerce Kamu
15 Sep
·
3 min read
·
eye 1.735 views
SEO

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER

RELATED TOPIC

Penyebab Broken Link
15 Dec
·
3 min read
·
eye 5.073 views
SEO
Faktor Yang Mempengaruhi Page Rank Google
06 Apr
·
3 min read
·
eye 34.366 views
SEO
Optimasi Seo Konten Website
23 Nov
·
3 min read
·
eye 6.526 views
SEO