MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Ingin Situs Berada di Page One? Pelajari Cara Search Engine Menentukan Peringkat

01 May  · 
3 min read
 · 
eye 1.700  
SEO & SEM

redcomm

Mesin pencari yang paling populer tentu saja Google. Sebab, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. 

Untuk itu, Anda perlu memahami cara search engine Google menentukan peringkat sehingga situs web Anda mudah ditemukan di halaman pertama hasil pencarian.

Cara Search Engine Menentukan Peringkat untuk Situs Web Anda

Selama ini Anda pasti tahu bahwa untuk mengoptimalkan kinerja situs web, maka bisa menerapkan teknik Search Engine Optimization (SEO). 

Namun selain menerapkan SEO, Anda sebenarnya perlu juga memahami bagaimana cara mesin pencari menentukan peringkat. 

Nah, berikut hal-hal yang “dilihat” oleh mesin pencari sebelum memberi peringkat pada situs Anda.

1. Memahami Query yang Digunakan Audiens

Ketika audiens melakukan pencarian di kotak pencarian yang ada di mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, mereka akan mengetikkan query (permintaan informasi).

Bisa dikatakan query adalah kata kunci yang digunakan oleh mesin pencari untuk memahami pertanyaan audiens, maksudnya, dan jenis informasi yang audiens butuhkan. Setelahnya, baru SERP menampilkan daftar informasi dari berbagai situs web yang sesuai dengan query tersebut.

Agar situs web Anda mudah ditemukan oleh mesin pencari dan direferensikan kepada audiens yang melakukan pencarian, maka ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

  • Gunakan kata kunci yang paling banyak dicari pengguna. Anda bisa menggunakan tools keyword research, seperti Google Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs, dan sebagainya.
  • Sebar kata kunci tersebut di dalam konten artikel yang ada di situs Anda.
  • Pastikan pada judul dan meta deskripsi terdapat kata kunci.
  • Konten harus berkualitas tinggi, mengingat algoritma mesin pencari saat ini mengutamakan people first. Artinya, konten yang memang informatif dan bermanfaat bagi audiens.
  • Perhatikan juga struktur website agar mudah dipahami Google.

2. Relevansi

Algoritma mesin pencari akan menyesuaikan query dengan kata kunci yang ada dalam konten di halaman website. Untuk itu, Anda perlu menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten yang ada di situs web.

Alih-alih mengulang terlalu banyak kata kunci, walaupun terlihat relevan, lebih baik Anda menggunakan Latent Semantic Indexing (LSI). Artinya, kombinasikan kata kunci yang Anda gunakan dengan berbagai kata kunci turunan, short tail keyword, long tail keyword, dan padanan katanya.

Hindari memaksakan kata kunci yang tidak relevan dengan konten halaman web hanya untuk meningkatkan peringkat. Ini justru bisa merugikan Anda dan malah dianggap spamming keyword. Akibatnya nanti peringkat situs Anda malah bisa turun lho.

3. Kualitas

Saat mau menentukan peringkat untuk suatu situs web, search engine akan melihat keahlian dan otoritas Anda dalam membuat konten yang bisa dipercaya. 

Konten yang bisa dipercaya tentu saja yang informatif, berkualitas, ada link dari atau menuju ke situs web terkenal, memiliki kecepatan loading yang bagus, pengalaman pengguna tinggi, dan kemudahan bagi pengguna dengan perangkat seluler. 

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas situs Anda? Berikut beberapa caranya:

  • Situs memiliki link yang mengarah ke situs terkenal atau mendapatkan link dari situs terkenal. Adanya backlink yang berkualitas akan meningkatkan otoritas situs web di mata mesin pencari.
  • Buat konten yang informatif, relevan, dan mudah dipahami oleh pengguna maupun mesin pencari. Usahakan di dalam konten juga ada kata kunci yang relevan, namun dalam jumlah yang tidak berlebihan. 
  • Memastikan loading web cepat sehingga membuat pengguna tidak perlu menunggu lama. 
  • Website harus responsif dengan desain yang disesuaikan untuk pengguna desktop maupun pengguna seluler.
  • Gambar, foto, infografis, dan jenis image lainnya memiliki ukuran yang sesuai dengan halaman web, berukuran kecil, dan berformat webp.

4. Data Pengguna

Dalam menentukan peringkat suatu situs, mesin pencari juga menggunakan data pengguna, seperti riwayat pencarian pengguna, pengaturan pencarian, dan data lokasi. 

Maka penting bagi Anda untuk memahami siapa target audiens yang menjadi pengunjung potensial situs web Anda. 

Lalu, sesuaikan penggunaan kata kunci yang relevan dengan pencarian yang sering dilakukan pengguna. Lebih bagus lagi kalau Anda melakukan riset target audiens sekaligus riset apa saja yang mereka cari. 

Kemudian, sesuaikan konten di website Anda dengan kebutuhan mereka sehingga terjadi peningkatan traffic kunjungan.

Dengan memperhatikan faktor data pengguna, Anda dapat membantu mesin pencari menemukan dan menampilkan konten di web kepada pengguna yang tepat dan meningkatkan peringkat halaman web di hasil pencarian.

5. Performa Halaman Web

Performa halaman web, seperti laju pemuatan halaman dan lamanya pengguna berada di halaman, juga dapat mempengaruhi peringkat halaman web pada hasil pencarian. 

Penting untuk memastikan website di-hosting pada server yang cepat dan dapat diakses dengan mudah di seluruh dunia. Dengan cara ini diharapkan pengguna menghabiskan waktu lebih lama di halaman web, apalagi tersedia berbagai konten yang bermanfaat.

Untuk pemilihan hosting, usahakan memilih hosting yang tidak hanya aman, namun juga memiliki server yang mudah diakses dan berada di lokasi yang dekat dengan target audiens. Ini cara terbaik untuk mengurangi waktu muat halaman web. 

Selain itu, penting untuk membuat desain halaman web yang mudah digunakan dan menarik. Anda juga dapat mengoptimalkan konten halaman web dengan menggunakan teknik, seperti kompresi gambar, penggunaan CDN, dan caching browser untuk mempercepat waktu muat halaman web.

6. Kemudahan Penggunaan

Search engine melakukan evaluasi dari pengalaman pengguna mengakses konten, mulai dari tampilan UI/UX website, navigasi, termasuk mobile-friendliness, yaitu ukuran seberapa mudah sebuah halaman web digunakan pada perangkat seluler. 

Beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan, antara lain:

  • Lakukan mobile optimization agar halaman situs mudah dibaca pada perangkat seluler. Selain itu, pastikan juga tampilan konten sesuai dengan ukuran layar perangkat yang digunakan audiens. Artinya, setiap halaman di website Anda memiliki tampilan yang menarik dan sesuai dengan semua jenis perangkat.
  • Desain halaman web mesti sederhana, intuitif, dan mudah dipahami oleh pengguna. 
  • Search engine cenderung memberikan peringkat lebih tinggi pada halaman web yang memiliki kecepatan muat halaman yang baik. Maka, pastikan untuk mengoptimalkan ukuran gambar dan file pada halaman web.
  • Pastikan struktur halaman jelas dengan penggunaan headings dan subheadings yang relevan. Cara ini membantu search engine dan audiens memahami konten halaman web Anda.
  • Lengkapi meta tag, meta title, dan meta deskripsi pada setiap halaman yang ada di website Anda. Penggunaan meta tag dapat membantu mesin pencari memahami konten halaman web dan memberikan informasi yang tepat pada pengguna.

Nah, Anda sudah tahu bagaimana cara search engine menentukan peringkat, kan? Maka lakukan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu, terapkan juga beberapa Cara Meningkatkan Peringkat Situs di SERP ini.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER