knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Ingin Situs Berad...

Ingin Situs Berada di Page One? Pelajari 7 Cara Search Engine Menentukan Peringkat

22 Oct  · 
4 min read
 · 
eye 3.085  
SEO

Cara Search Engine Menentukan Peringkat

Memahami cara kerja search engine menentukan peringkat sangat penting, mengingat Anda dan semua pebisnis di luar sana pasti ingin situs bisnis tampil di halaman pertama hasil pencarian Google.

Alasannya sederhana, karena 75% pengguna internet di seluruh dunia jarang sekali melewati halaman pertama hasil pencarian saat mereka mencari informasi, produk, atau layanan tertentu. 

Di saat yang sama, algoritma Google yang terus berkembang juga menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik website, tetapi juga jadi peluang kalau Anda tahu cara mengoptimalkan strategi SEO dengan benar.

Di artikel Redcomm Knowledge kali ini, Anda bisa mengenali berbagai faktor yang memengaruhi peringkat di search engine, dan bagaimana Anda bisa meningkatkan peluang mendapatkan posisi terbaik di page one Google. 


7 Cara Search Engine Menentukan Peringkat di SERP

Untuk mengoptimalkan kinerja situs web, Anda bisa menerapkan optimasi Search Engine Optimization (SEO)

Namun selain menerapkan SEO, Anda juga perlu memahami bagaimana cara mesin pencari menentukan peringkat. 

Google dan search engine lainnya menggunakan algoritma yang kompleks untuk menentukan situs mana yang pantas berada di halaman pertama hasil pencarian. 

Algoritma ini mengevaluasi ratusan faktor sebelum menampilkan hasil pencarian yang paling relevan bagi pengguna.

Nah, berikut berbagai faktor yang “dilihat” mesin pencari sebelum memberi peringkat pada situs Anda.

1. Memahami Query yang Digunakan Audiens

Langkah pertama memahami cara kerja search engine, Anda perlu mempelajari query atau kata kunci yang audiens gunakan. 

Bisa dikatakan query adalah kata kunci yang digunakan oleh mesin pencari untuk memahami pertanyaan audiens, maksudnya, dan jenis informasi yang audiens butuhkan.

Misalnya, audiens mengetikkan “tips SEO untuk pemula”, Google akan memindai ribuan halaman web untuk menemukan konten yang paling relevan dan informatif sesuai dengan query tersebut. 

Setelahnya, baru SERP menampilkan daftar informasi dari berbagai situs web yang sesuai di halaman hasil pencarian.

Sesuai dengan literatur dari Ahrefs yang menyebutkan sekitar 92% dari semua kata kunci memiliki pencarian bulanan kurang dari 10 pencarian per bulan. 

Artinya, Anda perlu melakukan riset kata kunci terlebih dahulu agar tahu apa yang audiens cari, kemudian memastikan konten yang Anda buat bisa relevan dengan pencarian audiens.

Tips riset keyword dan penggunaan kata kunci yang bisa Anda terapkan, antara lain:

  • Gunakan kata kunci yang paling banyak dicari pengguna. Anda bisa menggunakan tools keyword research, seperti Google Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs, dan sebagainya.
  • Sebar kata kunci tersebut di dalam konten artikel, pada judul, meta deskripsi, dan sebagainya.
  • Konten harus berkualitas tinggi, mengingat algoritma mesin pencari saat ini mengutamakan people first content. Artinya, konten yang memang informatif dan bermanfaat bagi audiens.
  • Perhatikan juga struktur website agar mudah dipahami Google.

2. Relevansi

Algoritma mesin pencari akan menyesuaikan query dengan kata kunci yang ada dalam konten di halaman website. Untuk itu, Anda perlu menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten yang ada di situs web.

Alih-alih mengulang terlalu banyak kata kunci, walaupun terlihat relevan, lebih baik Anda menggunakan Latent Semantic Indexing (LSI). 

Artinya, kombinasikan kata kunci yang Anda gunakan dengan berbagai kata kunci turunan, short tail keyword, long tail keyword, dan padanan katanya.

Misalnya, kata kunci long tail keyword seperti “cara menggunakan SEO untuk toko online kecil” lebih spesifik, dan dapat menarik audiens yang benar-benar mencari informasi tersebut.

Hindari memaksakan kata kunci yang tidak relevan dengan konten halaman web hanya untuk meningkatkan peringkat. 

Cara ini justru bisa merugikan Anda dan malah dianggap spamming keyword. Akibatnya nanti peringkat situs Anda malah bisa turun lho.

3. Kualitas Konten

Saat mau menentukan peringkat untuk suatu situs web, search engine akan melihat keahlian dan otoritas Anda dalam membuat konten yang bisa dipercaya. 

Konten yang bisa dipercaya tentu saja yang informatif, berkualitas, ada link dari atau menuju ke situs web terkenal, memiliki kecepatan loading yang bagus, pengalaman pengguna tinggi, dan kemudahan bagi pengguna dengan perangkat seluler. 

Sementara menurut Google, konten yang berkualitas adalah konten yang menawarkan informasi yang orisinal, bermanfaat, dan menarik bagi pengguna. 

Semakin baik kualitas konten yang dibuat, semakin tinggi peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas situs sekaligus konten Anda? Berikut beberapa caranya:

  • Situs memiliki link yang mengarah ke situs terkenal atau mendapatkan link dari situs terkenal. Adanya backlink yang berkualitas akan meningkatkan otoritas situs web di mata mesin pencari.
  • Buat konten yang informatif, relevan, dan mudah dipahami oleh pengguna maupun mesin pencari. 
  • Usahakan di dalam konten ada kata kunci yang relevan, namun dalam jumlah yang tidak berlebihan. 
  • Memastikan loading web cepat sehingga membuat pengguna tidak perlu menunggu lama. 
  • Website harus responsif dengan desain yang disesuaikan untuk pengguna desktop maupun pengguna mobile.
  • Gambar, foto, infografis, dan jenis image lainnya memiliki ukuran yang sesuai dengan halaman web, berukuran kecil, dan berformat webp.

4. Data Pengguna

Dalam menentukan peringkat suatu situs, mesin pencari juga menggunakan data pengguna, seperti riwayat pencarian pengguna, pengaturan pencarian, dan data lokasi. 

Selain itu, faktor seperti click through rate (CTR), waktu yang dihabiskan pengguna di halaman (dwell time), serta bounce rate memainkan peran penting dalam penentuan performa halaman.

Maka penting bagi Anda untuk memahami beberapa hal berikut:

  • Siapa target audiens yang menjadi pengunjung potensial situs web. 
  • Lalu, sesuaikan penggunaan kata kunci yang relevan dengan pencarian yang sering dilakukan pengguna. 
  • Lebih bagus lagi kalau Anda melakukan riset target audiens sekaligus riset apa saja yang mereka cari. 
  • Kemudian, sesuaikan konten di website Anda dengan kebutuhan mereka sehingga terjadi peningkatan traffic kunjungan.

Dengan memperhatikan faktor data pengguna, Anda dapat membantu mesin pencari menemukan dan menampilkan konten di web Anda kepada pengguna yang tepat. 

Inilah yang nantinya juga akan berperan dalam peningkatan peringkat halaman web di hasil pencarian.

5. Performa Halaman Web

Performa halaman web, seperti laju pemuatan halaman dan lamanya pengguna berada di halaman, juga dapat mempengaruhi peringkat halaman web pada SERP. 

Mau tidak mau, Anda perlu memastikan website berada di hosting atau server yang cepat dan dapat diakses dengan mudah di seluruh dunia. 

Harapannya, pengguna akan menghabiskan waktu lebih lama di halaman web, apalagi tersedia berbagai konten yang bermanfaat.

Untuk pemilihan hosting, usahakan memilih hosting yang tidak hanya aman, namun juga memiliki server yang mudah diakses dan berada di lokasi yang dekat dengan target audiens. 

Ini cara terbaik untuk mengurangi waktu muat halaman web. Selain itu, desain halaman web harus responsif, mudah digunakan, dan menarik. 

Anda juga dapat mengoptimalkan konten halaman web dengan menggunakan teknik, seperti kompresi gambar, penggunaan CDN, serta caching browser untuk mempercepat waktu muat halaman web.

Situs bisnis Anda saat ini belum memiliki performa terbaik? Jika iya, inilah saatnya Anda perlu berdiskusi dengan tim dari digital marketing agency Indonesia tepercaya, seperti Redcomm Indonesia.

Redcomm Indonesia adalah digital agency yang berkantor di Jakarta dan sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam membantu lebih dari 500+ brand dan menyelenggarakan lebih dari 1000+ campaign digital

Cukup dengan mengisi form Kontak Redcomm dan sebutkan masalah yang sedang Anda hadapi, nanti tim Redcomm akan langsung menghubungi Anda.

6. Kemudahan Penggunaan

Search engine melakukan evaluasi dari pengalaman pengguna mengakses konten, mulai dari tampilan UI/UX website hingga navigasi. 

Termasuk mobile-friendliness, yaitu ukuran seberapa mudah sebuah halaman web digunakan pada perangkat seluler. 

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan, antara lain:

  • Lakukan mobile optimization agar halaman situs mudah dibaca pada perangkat seluler.
  • Pastikan tampilan konten sesuai dengan ukuran layar perangkat yang digunakan audiens. 
  • Desain halaman web mesti sederhana, intuitif, dan mudah dipahami oleh pengguna. 
  • Search engine cenderung memberikan peringkat lebih tinggi pada halaman web yang memiliki kecepatan muat halaman yang baik. Maka, pastikan mengoptimalkan ukuran gambar dan file pada halaman web.
  • Pastikan struktur halaman jelas dengan penggunaan headings dan subheadings yang relevan. Cara ini membantu search engine dan audiens memahami konten halaman web Anda.
  • Lengkapi meta tag, meta title, dan meta deskripsi pada setiap halaman yang ada di website Anda. 
  • Penggunaan meta tag dapat membantu mesin pencari memahami konten halaman web dan memberikan informasi yang tepat pada pengguna.

7. Menerapkan E.E.A.T

Google terus memperbarui algoritmanya untuk memastikan pengguna mendapatkan hasil pencarian yang paling relevan dan bermanfaat.

Salah satu komponen terbaru yang Google terapkan sebagai indikator penentu ranking di SERP adalah E.E.A.T, yaitu Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness (Pengalaman, Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan).

Implementasi E.E.A.T di dalam website, yaitu:

  • Google saat ini memperhatikan experience atau pengalaman situs dan penulis situs pada suatu industri.
  • Peringkat lebih tinggi biasanya diberikan pada konten yang ditulis oleh seseorang yang ahli di bidangnya. Oleh karena itu, pastikan penulis konten di situs Anda memiliki keahlian dan kredibilitas dalam topik yang dibahas.
  • Situs yang memiliki authoritativeness atau otoritas lebih besar di mata Google, misalnya situs yang mendapatkan banyak backlink berkualitas dari sumber terpercaya, akan mendapatkan peringkat lebih tinggi.
  • Terakhir, Google menghargai situs yang dapat dipercaya (trustworthiness), baik dalam hal keamanan, keakuratan informasi, dan kejelasan sumber. Ini artinya, konten Anda harus bisa memberikan informasi yang valid dan menyertakan referensi dari sumber yang terpercaya.


Nah, Anda sudah tahu bagaimana cara search engine menentukan peringkat, kan? Maka lakukan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Kemudian terapkan juga beberapa Cara Meningkatkan Peringkat Situs di SERP ini.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER

RELATED TOPIC