MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Meningkatkan Peringkat Situs di SERP

03 May  · 
1 min read
 · 
eye 6.518  
SEO & SEM

redcomm

Bagaimana cara meningkatkan peringkat situs di SERP? Untuk meningkatkan peringkat situs web di SERP, ada beberapa strategi Search Engine Optimization atau SEO yang dapat Anda terapkan. 

Anda perlu meningkatkan kualitas konten, memperbaiki struktur situs, melakukan analisis kata kunci, dan meningkatkan kualitas tautan yang masuk ke situs web. Yuk, baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

5 Cara Meningkatkan Peringkat Situs di Mesin Pencari

1. Optimalkan Konten Anda

Kualitas konten memainkan peran penting dalam menentukan peringkat situs di SERP. Konten yang berkualitas dan relevan dengan kata kunci yang digunakan pengguna akan lebih berpeluang muncul di posisi teratas pada halaman hasil pencarian.

Syarat konten dikatakan berkualitas, antara lain:

  • Konten harus relevan dan bermanfaat bagi audiens.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami, tidak ada salah ketik, orisinal dan memiliki nilai tambah yang jelas bagi audiens.
  • Akurat, faktual, dan bisa dipercaya atau bisa dibuktikan kebenaran isinya.
  • Tidak mengandung informasi yang salah atau menyesatkan. 
  • Konten harus dapat menarik perhatian audiens melalui penggunaan gambar, video, atau elemen visual lainnya. 
  • Pastikan konten juga mudah dibagikan dan dapat audiens akses melalui berbagai platform digital. 

2. Kata Kunci & Relevansi

Kata kunci menjadi salah satu kunci penting dalam SEO. Sebab, mesin pencari akan menilai, apakah kata kunci yang Anda gunakan dalam konten sesuai dan relevan dengan kata kunci yang audiens gunakan. 

Jika kata kuncinya sesuai dan memiliki relevansi yang tinggi, maka situs web Anda lebih mungkin muncul di SERP.

3. Struktur Halaman yang Tepat

Struktur halaman pada website berkaitan dengan penggunaan headings, subheadings, meta title, dan meta deskripsi. 

Untuk meningkatkan peringkat situs di SERP, Anda perlu menggunakan headings yang tepat di dalam konten, seperti H1 untuk judul utama, lalu H2, H3, atau H4 untuk subjudul.

Meta deskripsi adalah deskripsi singkat tentang situs web Anda yang muncul di bawah judul situs web di SERP. Pastikan deskripsi menarik dan menggambarkan dengan tepat apa yang akan audiens dapatkan kalau mengunjungi situs web Anda.

4. Tingkatkan Pengalaman Pengguna

Pengalaman pengguna di situs web juga menjadi salah satu faktor penentuan peringkat situs di SERP. Algoritma mesin pencari akan menilai seberapa baik suatu situs web dapat memberikan pengalaman bagi audiens. 

Misalnya, loading web yang cepat, desain menarik, navigasi di dalam situs memudahkan audiens melakukan penelusuran, dll. Selain itu, pastikan halaman web mudah diakses dari berbagai perangkat dan sudah mobile friendly.

5. Link Building

Link building adalah proses membangun tautan masuk ke halaman web Anda dari situs web lain. Tautan masuk ini haruslah dari situs yang memiliki otoritas tinggi dan sudah memiliki traffic sehingga bisa membantu meningkatkan peringkat situs Anda di SERP. 

Anda dapat membangun tautan masuk dengan cara guest post, bekerja sama dengan blogger atau pemilik web lain, dan sebagainya. 

Namun ingat, hindari melakukan praktik-praktis membangun tautan dengan caranya yang kurang tepat dan bisa berakibat website Anda kena penalti dari Google.


5 cara meningkatkan peringkat situs di SERP dalam artikel ini bisa Anda coba satu persatu dan evaluasi mana yang memberi hasil paling signifikan. Selain itu, coba pastikan Anda sudah tahu tentang SERP dan cara kerjanya dengan membaca artikel: Apa Itu SERP, Konsep, Fungsi, dan Cara Kerjanya.

Jika masih bingung harus menerapkan yang mana dulu, atau belum berpengalaman dalam melakukannya, Anda bisa berkonsultasi dengan tim Redcomm. Langsung klik saja: Kontak Tim Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER