Sebagai pebisnis yang memiliki website, Anda perlu memahami pentingnya konten artikel untuk menginformasikan produk, jasa, brand, maupun layanan yang Anda sediakan bagi pelanggan.
Sebagai pebisnis yang memiliki website, Anda perlu memahami pentingnya konten artikel untuk menginformasikan produk, jasa, brand, maupun layanan yang Anda sediakan bagi pelanggan.
Agar artikel di website mudah ditemukan di mesin pencari, Anda perlu tahu cara menulis artikel SEO friendly. Simak tips dan cara menulis artikel yang SEO friendly, tetapi juga human friendly di artikel ini, yuk.
Kenapa artikel harus SEO friendly? Karena banyak atau tidaknya orang membaca artikel sangat bergantung pada kualitas artikel dan informasi yang disertakan di dalamnya.
Anda pasti menginginkan artikel di website bisnis Anda menjadi yang utama di halaman pencarian Google, kan? Kalau iya, maka Anda perlu membuat artikel yang sesuai kaidah SEO.
Artikel yang SEO friendly biasanya memiliki posisi bagus di SERP Google, sehingga akan ramai dikunjungi dan dibaca, apalagi kalau artikel tersebut memang informatif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna internet.
Membuat artikel yang memiliki banyak pembaca tentu bukan hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam teknik penulisan artikel, agar artikel tersebut tidak hanya sekadar bagus, tetapi juga mengandung keyword utama yang banyak dicari orang.
Terlepas Anda sebagai pemilik bisnis atau sebagai content writer, Anda dituntut bisa menulis artikel yang sedang ramai dibicarakan orang.
Artikel tersebut juga harus menggunakan keyword yang potensial yang mudah ditemukan orang dan berkualitas bagus sesuai aturan yang ditetapkan Google. Inilah yang kemudian membuat artikel Anda bisa muncul di halaman hasil pencarian Google.
Untuk bisa menuliskannya, ikuti langkah-langkah menulis artikel yang SEO friendly berikut ini:
Ketika mulai menulis artikel SEO, yang pertama kali harus Anda pikirkan ialah pemilihan keyword atau kata kunci.
Memilih kata kunci yang tepat tidak hanya membantu Anda menemukan ide tulisan, tetapi juga bermanfaat untuk menghasilkan lebih banyak kunjungan ke situs web Anda.
Oleh karena itu, Anda harus bisa menulis artikel menggunakan keyword yang memiliki angka pencarian tinggi atau sedang viral.
Hindari menulis artikel dengan informasi atau keyword yang sudah ketinggalan zaman atau bahkan tidak memiliki pencarian sama sekali.
Mirip dengan memilih keyword, pemilihan informasi yang sedang ramai diperbincangkan di dunia maya juga penting.
Anda bisa menulis artikel evergreen dengan topik yang dicari sepanjang tahun, atau menulis topik bahasan yang sedang viral.
Membahas informasi yang banyak orang butuhkan akan menjadi nilai tersendiri yang membuat artikel Anda bisa mendatangkan banyak pembaca.
Mesin pencari, seperti Google, juga sangat menyukai artikel yang dapat menjawab kebutuhan pengguna. Dengan cara ini, artikel Anda akan berpeluang besar direkomendasikan Google dan muncul di SERP.
Selain SEO friendly, artikel yang Anda buat juga harus human friendly. Maksudnya, tulisan Anda tidak hanya ramah bagi mesin pencari seperti Google, namun juga enak untuk dibaca oleh manusia.
Untuk itu, Anda perlu memperhatikan ketelitian dalam menulis artikel agar sesuai dengan kaidah penulisan, serta memberi kenyamanan kepada pembaca ketika membaca artikel tersebut.
Supaya kualitas tulisan semakin baik, Anda memerlukan bantuan seorang editor untuk memeriksa artikelnya.
Jadi, sebelum Anda posting, pastikan ada orang lain yang terlebih dahulu melakukan pemeriksaan pada artikel itu.
Judul artikel menjadi kunci penting menarik tidaknya artikel untuk dibaca. Oleh karena itu, Anda perlu memberi perhatian lebih pada penggunaan judul artikel.
Maka, buatlah judul artikel yang menarik, yang bisa mengundang rasa penasaran pembaca. Nah, syarat membuat judul artikel yang menarik, antara lain:
Ada satu hal lagi yang perlu Anda ingat, yaitu hindari membuat judul yang clickbait, yang tidak menggambarkan isi artikel atau tidak relevan dengan artikelnya.
Kalau ini yang Anda lakukan, lalu audiens kecewa hingga tak lagi berkunjung ke website bisnis Anda, maka jelas akan sangat merugikan.
Menggunakan internal dan eksternal link pada artikel sangat disarankan. Kedua link tersebut memberi pengaruh pada performa SEO dalam tulisan, terutama ketika sudah diterbitkan di web.
Internal link dapat membantu pembaca menemukan informasi lain di web yang masih relevan dengan topik artikel yang sedang mereka baca.
Sementara eksternal link, umumnya digunakan untuk menunjukkan referensi yang Anda gunakan dalam menulis atau mengutip sebuah informasi.
Hal penting berikutnya, alangkah bagusnya kalau Anda juga bisa mendapatkan backlink dofollow berkualitas yang dapat meningkatkan otoritas situs.
Keyword yang Anda gunakan ketika menulis artikel SEO memberikan sudut pandang yang luas. Artinya, artikel tidak ditulis asal-asalan.
Artikel Anda tidak sekadar copy paste atau memplagiat tulisan orang lain, tetapi harus memiliki sudut pandang yang berbeda dari orang lain, agar apa yang Anda tulis benar-benar hasil tulisan original.
Artikel yang Anda tulis harus memiliki struktur yang baik dan benar agar memudahkan pembaca memahami tulisan Anda.
Selain itu, struktur yang baik juga memudahkan mesin pencari sehingga bisa melakukan pengindeksan dengan benar.
Struktur artikel yang baik itu memiliki urutan sebagai berikut:
Panjang artikel sebaiknya minimal sekitar 500 kata, dengan informasi yang padat, tetapi tetap mudah dicerna pembaca.
Sementara itu, Anda juga bisa menulis artikel yang lebih panjang sesuai kebutuhan dan informasi yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca website.
Standar normal panjang artikel sebenarnya tidak ada batasannya, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun idealnya, panjang artikel antara 500 kata hingga 1000 kata.
Selain membuat judul yang mampu menarik perhatian pembaca, bagian pembuka artikel juga harus ditulis semenarik mungkin.
Tujuannya, agar begitu pembaca melihat judul dan bagian pembuka, pembaca semakin penasaran dengan artikel Anda. Hal ini kemudian mendorong mereka untuk membaca artikel sampai selesai.
Penggunaan paragraf yang terlalu panjang dapat menimbulkan kebosanan bagi pembaca. Alangkah baiknya jika Anda menulis artikel dengan paragraf yang singkat, antara 5 hingga 6 baris saja.
Artikel yang Anda buat harus saling berhubungan antara kalimat dan paragraf, sehingga mudah dibaca dan informasi yang disampaikan juga tetap relevan. Menulis artikel yang lengkap dan spesifik juga akan sangat disukai oleh pembaca.
Terakhir, promosikan artikel Anda. Cara mempromosikan artikel bisa dengan membagikan link artikel ke semua media sosial yang Anda miliki.
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Facebook ads, Google ads, atau jenis iklan digital lainnya demi menjangkau lebih banyak pembaca.
Itulah beberapa cara menulis artikel SEO yang bisa Anda coba dan terapkan pada tulisan terbaru Anda mulai sekarang.
Kalau sudah sering membuat artikel yang SEO friendly, selanjutnya coba terapkan juga Cara Penulisan Konten Artikel yang Jitu dan Menjual. Semoga bermanfaat.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC