MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Cara Optimasi Konten Agar Lebih SEO Friendly

19 Dec  · 
3 min read
 · 
eye 20.911  
SEO & SEM

redcomm

Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya mengoptimalkan kinerja website agar dapat berada pada peringkat teratas hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. 

Kegiatan pengoptimalan ini salah satunya melakukan optimasi konten agar SEO friendly dan menerapkan strategi content marketing yang efektif. Cek di sini yuk apa itu content marketing dan cara optimasi konten SEO.

Apa Itu Content Marketing?

Kalau Anda menerapkan strategi digital marketing untuk mempromosikan produk dan bisnis, maka Anda tak bisa mengabaikan peran penting konten marketing. Apa itu konten marketing?

Content marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan, distribusi, dan promosi konten yang relevan dan bernilai bagi target audiens.

Manfaat content marketing adalah menarik perhatian calon pelanggan, membangun kepercayaan, dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada. 

Melalui konten pemasaran, brand dapat meningkatkan brand awareness, membentuk citra positif, membangun reputasi bisnis yang positif, dan mempengaruhi keputusan pembelian. 

7 Tips Mengoptimalkan SEO untuk Konten Website

Optimasi konten SEO bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, termasuk melalui konten di website. Berikut cara optimasi konten agar SEO friendly:

1. Tentukan Strategi Konten Marketing

Pada tahap ini, Anda perlu menentukan strategi konten marketing dan tujuan pembuatan konten. Apakah untuk membangun brand awareness, mengenalkan produk, informasi mengenai layanan, pengetahuan, atau launching produk baru? 

Lebih bagus lagi kalau dalam perencanaan konten juga Anda lengkapi dengan contoh konkret apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Riset Audiens dan Target Market

Untuk memaksimalkan konten, Anda perlu terlebih dahulu melakukan riset audiens dan target market. Cara risetnya bagaimana?

Anda bisa menerapkan lead generation untuk mengumpulkan data terkait preferensi audiens, kebiasaan mereka dalam berbelanja, demografi, daya beli, dan sebagainya.

Lalu, data hasil riset tersebut bisa Anda gunakan untuk merencanakan strategi konten yang lebih baik. 


Contoh: ternyata audiens lebih menyukai konten visual, maka buatlah konten dengan dukungan foto, image, infografis, dan bentuk visual lainnya untuk menarik perhatian audiens, sekaligus mendorong mereka melakukan konversi.

3. Optimalkan Kualitas Konten dan Terapkan SEO

Konten berkualitas tinggi menjadi kunci keberhasilan strategi konten marketing dan penerapan teknik SEO. 

Tak hanya akan membuat konsumen senang, namun Google juga lebih mengutamakan konten berkualitas yang menjawab kebutuhan pengguna internet secara komprehensif. 

Maka buatlah konten yang menarik, unik, dan bisa menjadi solusi atas berbagai permasalahan konsumen. 

Untuk lebih memahami tentang konten seperti apa yang bagus untuk situs web bisnis, lengkapi pengetahuan Anda dengan membaca beberapa artikel berikut:

4. Tambahkan CTA

Anda dapat menambahkan CTA yang tepat untuk menarik perhatian audiens terhadap produk, layanan, dan bisnis Anda. 

CTA atau Call to Action adalah kalimat, kata, tombol, atau banner yang mengajak pembaca konten untuk melakukan tindakan tertentu yang Anda sarankan setelah mereka membaca konten. 

Dengan menggunakan ajakan yang menarik, Anda dapat mempengaruhi audiens agar mau melibatkan diri dalam langkah-langkah yang Anda harapkan dari mereka. 

Contoh, Anda bisa membuat CTA yang mengajak audiens untuk “Mendapatkan Diskon 10% dengan Langganan Newsletter” atau “Klik di Sini untuk Menerima Penawaran Eksklusif”. 

Pada prinsipnya, kalimat ajakan harus singkat, jelas, dan menarik sehingga mudah audiens pahami dan mereka pun melakukan tindakan yang Anda rencanakan untuk mencapai tujuan pemasaran.

5. Penempatan Keyword yang Tepat

Memilih kata kunci yang relevan menjadi langkah krusial dalam mengoptimalkan konten SEO. Maka untuk bisa menggunakan kata kunci yang tepat, Anda perlu melakukan keyword research atau riset kata kunci.

Pilih kata kunci yang banyak digunakan audiens ketika mereka melakukan pencarian di kolom search engine. Tidak harus selalu kata kunci yang bervolume besar ya, tetapi pastikan kata kunci tersebut juga relevan dengan produk, bisnis, dan topik tulisan di dalam konten.

Cek rekomendasi artikel berikut untuk memperdalam pengetahuan Anda mengenai riset kata kunci:

Penggunaan kata kunci juga ada caranya. Sebaiknya sebarkan kata kunci di dalam konten secara merata dan tak berlebihan. Penggunaan sinonim dan variasi kata kunci juga dianjurkan untuk memperkaya konten. 

Terlalu banyak menggunakan keyword yang sama tanpa divariasikan dengan short tail keyword dan long tail keyword akan bisa membuat artikel Anda terjebak pada spamming keyword. Jelas ini akan sangat merugikan bagi website Anda. 

Ingat, Google lebih menyukai konten yang memang layak dibaca manusia, bukan hanya dipahami robot Google.

6. Buat Judul yang Mengundang Rasa Penasaran

Headline atau judul adalah bagian paling penting yang akan menentukan audiens melakukan klik pada link artikel situs web atau konten. 

Judul yang menarik dan mengundang rasa penasaran memiliki peluang besar untuk membuat audiens melakukan klik untuk mencari tahu lebih lanjut. Untuk memperbesar peluang, boleh juga Anda memasukkan kata kunci pada judul, di URL, juga di paragraf pertama konten.

7. URL yang SEO Friendly

Untuk pembuatan URL pada konten artikel di website, sebaiknya pastikan URL juga SEO friendly, seperti panjang URL tidak lebih dari 55 karakter atau antara 3-5 kata saja, ada kata kunci di URL, hindari penggunaan angka atau karakter khusus, dan sebagainya. 

Melakukan optimasi pada URL konten akan meningkatkan kemungkinan konten mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari, serta visibilitas halaman menjadi lebih baik. 

Selain itu, URL yang memberikan gambaran jelas tentang isi halaman sebelum pengguna mengaksesnya dapat meningkatkan daya tarik dan relevansi konten, mendukung strategi SEO secara keseluruhan.


Ingin situs web beserta seluruh konten di dalamnya mendapatkan posisi terbaik di halaman hasil pencarian search engine? Kalau iya, terapkan 7 cara optimasi konten agar SEO friendly di atas. Dan jika ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai performa website yang bagus, boleh juga menghubungi Kontak Redcomm.

Untuk diketahui, Redcomm Indonesia adalah digital agency Indonesia terpercaya yang berada di kota Jakarta, namun bisa membantu pebisnis yang ada di mana pun di Indonesia. 

Sebagai digital marketing agency Indonesia yang bekerja secara profesional, Redcomm Indonesia merupakan agensi dari Indonesia yang berhasil meraih penghargaan sebagai Agency of the Year pada ajang Campaign Asia Agency of The Year selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2018 hingga tahun 2022. 

Ini membuktikan kinerja digital agency Jakarta ini memang yang terbaik dan bisa membantu kebutuhan digital campaign bisnis Anda.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER