MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Pengertian Keyword Mapping dan Manfaatnya

29 May  · 
2 min read
 · 
eye 3.804  
SEO & SEM

redcomm

Keyword atau kata kunci adalah kata atau frasa tertentu yang ada dalam konten untuk menunjukkan topik utama dari konten tersebut. 

Kenapa penggunaan kata kunci di dalam konten penting? Karena untuk mengenali isi konten, termasuk untuk menentukan peringkat suatu website, robot mesin pencari akan mencari dan mengenali kata kunci terlebih dahulu. 

Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai keyword mapping dan manfaatnya bagi situs Anda.

Apa Itu Keyword Mapping?

Keyword mapping adalah proses memetakan setiap halaman website dengan kata kunci tertentu, sehingga mesin pencari dapat memahami topik dan konten dari setiap halaman yang ada di situs web.

Bisa dikatakan, keyword mapping adalah strategi SEO yang mengaitkan atau menghubungkan setiap kata kunci (keyword) pada setiap halaman di website untuk membantu meningkatkan peringkat dan visibilitas halaman di mesin pencari.

Tujuan Keyword Mapping

Tujuan dari pemetaan kata kunci adalah membuat struktur situs web yang terorganisir dan mudah diakses oleh pengunjung dan mesin pencari. Tujuan lain dari keyword mapping, di antaranya:

  • Memastikan setiap halaman pada situs web memiliki fokus/topik yang jelas.
  • Membantu memastikan setiap halaman di situs web memiliki kata kunci yang relevan dan dapat ditemukan oleh mesin pencari.
  • Meningkatkan visibilitas dan peringkat website di SERP.

Proses keyword mapping melibatkan analisis kata kunci yang paling sesuai dengan halaman situs. Kemudian menentukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang akan digunakan pada setiap halaman. 

Manfaat Keyword Mapping

1. Meningkatkan Peringkat Situs Web di Mesin Pencari

Ketika menggunakan kata kunci (keyword) yang relevan di setiap halaman situs web, mesin pencari akan lebih mudah memahami topik yang sedang Anda bahas di halaman tersebut.

Dengan cara ini, algoritma mesin pencari akan lebih mudah menentukan peringkat yang sesuai bagi halaman situs Anda di halaman hasil pencarian.

2. Memperbesar Peluang Meningkatkan Peringkat Situs

Menerapkan teknik pemetaan kata kunci akan membantu mesin pencari memahami konten di setiap halaman website dan melihat kesesuaian serta relevansi dengan kata kunci yang dicari pengguna. 

Nanti ketika ada audiens yang mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian, website Anda memiliki peluang lebih besar untuk muncul di hasil pencarian.

3. Meningkatkan Traffic yang Menuju ke Website Anda

Dengan mengoptimalkan halaman web menggunakan kata kunci yang tepat, dan sesuai kueri yang digunakan audiens saat melakukan pencarian di mesin pencari, akan memudahkan audiens menemukan informasi yang mereka butuhkan. 

Hal inilah yang kemudian memperbesar peluang situs mengalami peningkatan organic traffic dari mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya.

4. Memperbaiki Struktur Situs Web

Jika melakukan pemetaan kata kunci yang baik, Anda akan terbantu untuk memperbaiki struktur situs. 

Sebab dalam proses membuat pemetaan atau mengklasifikasikan kata kunci, Anda perlu mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan setiap halaman situs web. Termasuk menjadi lebih mudah dalam menentukan topik berikutnya yang mau Anda bahas di dalam situs web.

5. Meningkatkan Konversi

Ketika audiens menemukan situs web Anda melalui hasil pencarian di mesin pencari, mereka akan memiliki kecenderungan untuk mengklik tautan dan menjelajahi halaman situs yang berada pada halaman pertama. 

Inilah yang kemudian meningkatkan potensi situs mendapatkan konversi. Bentuk konversinya bisa berupa pembelian produk, mengisi survei, mendaftar ke newsletter, dan sebagainya.

6. Meningkatkan Kualitas Konten

Keyword mapping atau pemetaan kata kunci juga dapat membantu Anda menciptakan konten yang lebih berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan audiens. 

Dalam jangka panjang, hal ini akan membantu Anda meningkatkan otoritas dan kredibilitas website.

7. Meningkatkan User Experience

Ketika audiens bisa menemukan situs Anda di mesin pencari, kemudian isi situs juga dapat menjawab kebutuhan mereka, otomatis mereka akan dengan senang hati berkunjung lagi ke situs Anda di kemudian hari.

Apalagi kalau Anda melengkapi situs dengan struktur dan navigasi yang jelas berdasarkan hasil dari pemetaan kata kunci yang Anda lakukan, maka dapat meningkatkan user experience. Kelak, mereka akan dengan senang hati berkunjung lagi ke situs Anda. 

Setelah mengetahui apa itu keyword mapping dan manfaatnya, sudah waktunya Anda mulai melakukan pemetaan keyword. Nah, sekarang cari tahu cara melakukan pemetaan kata kunci dengan membaca artikel berikut: Cara Melakukan Keyword Mapping dan Langkah-langkahnya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER