MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Hal Penting Tentang Cara Kerja Search Engine

10 May  · 
2 min read
 · 
eye 10.500  
SEO & SEM

redcomm

3 langkah cara kerja search engine, yaitu crawling (proses menentukan konten), indexing (proses melacak konten, menyimpan, dan melakukan pengindeksan), dan retrieval (menampilkan konten yang relevan dengan query yang digunakan audiens). 

Selain 3 langkah yang sudah disebutkan di atas, masih ada faktor lain dalam cara kerja search engine, seperti processing, calculating relevance, memahami algoritma, dan ranking. Baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

7 Hal Penting tentang Cara Kerja Search Engine

1. Crawling

Crawling adalah proses awal yang dilakukan oleh search engine dalam mengumpulkan informasi dari seluruh website di internet. Untuk melakukan proses crawling, mesin pencari menggunakan program yang disebut bot atau spider

Bot bekerja secara otomatis dan terus menerus mengunjungi setiap halaman web dan mengambil informasi tentang konten dan struktur situs web. Setiap bot memiliki urutan halaman yang dikunjungi sesuai dengan algoritma mesin pencari.

Dalam proses pengumpulan data ini, biasanya crawling juga mendeteksi data dalam bentuk gambar, judul, isi konten, kata kunci, hingga backlink dan internal link.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik website untuk memastikan seluruh halaman web bisa diakses mesin pencari. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimalkan proses crawling, antara lain adalah dengan memperbaiki struktur website, menghilangkan duplicate content, dan menggunakan robot.txt untuk menentukan halaman web mana yang tidak perlu di-crawl.

2. Indexing

Indexing adalah proses penting yang mesin pencari lakukan untuk memudahkan audiens menemukan informasi yang mereka butuhkan. 

Jadi setelah proses crawling selesai, mesin pencari akan menganalisis informasi yang ditemukan dan menentukan, apakah halaman tersebut layak diindeks atau tidak. Jika dianggap layak, mesin pencari akan menyimpan informasi tersebut ke dalam database mereka dan mengatur posisi informasi di dalam indeks.

Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar proses indexing lancar, antara lain:

  • Pastikan konten website Anda berkualitas dan unik. Mesin pencari lebih suka mengindeks halaman website yang memiliki konten berkualitas dan unik karena akan lebih bermanfaat bagi pengguna. 
  • Perhatikan struktur dan desain website agar memiliki navigasi yang memudahkan pengguna sekaligus mesin pencari.
  • Gunakan meta tag yang relevan dan deskripsi yang akurat pada setiap halaman website untuk membantu mesin pencari memahami isi halaman.
  • Anda juga perlu memastikan website sudah mobile friendly. Sebab, mesin pencari lebih memprioritaskan website yang ramah pengguna mobile dalam hasil pencarian.

3. Processing

Proses processing berlangsung setelah search engine mendapatkan permintaan dari pengguna. Contoh, ada audiens yang mencari informasi “harga cabai”, search engine akan mencocokan kata kunci tersebut dengan halaman website yang telah terindex. 

Proses ini berlangsung sangat cepat, sehingga audiens bisa mendapatkan hasil dalam beberapa detik setelah melakukan pencarian.

Apa yang perlu dilakukan agar proses menampilkan hasil pencarian ini bisa memunculkan website Anda? Tentu saja Anda perlu memasukkan keyword yang tepat dan banyak digunakan audiens ke dalam konten.

Tujuan menggunakan kata kunci yang sering digunakan audiens agar memudahkan search engine mudah menemukan konten Anda. Dalam hal ini, Anda perlu memiliki kemampuan menerapkan teknik SEO, melakukan riset keyword, menggunakan long tail keyword, dan sebagainya. 

4. Calculating Relevance

Calculating relevance adalah proses membandingkan setiap halaman website yang sudah terindex untuk mencari yang paling relevan dengan kata kunci yang dicari pengguna. 

Semakin relevan halaman atau konten yang terdapat di halaman suatu website, maka konten tersebut memiliki kemungkinan besar untuk dipilih mesin pencari untuk ditampilkan di halaman hasil pencarian.

5. Retrieval

Retrieval adalah proses ketika search engine menemukan halaman website yang relevan dengan permintaan audiens. 

Hanya saja, setiap search engine, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya, memiliki algoritma yang berbeda, sehingga kadang dengan kata kunci yang sama hasil pencarian yang ditampilkan berbeda.

6. Memahami Algoritma

Algoritma adalah sistem yang mengatur hasil pencarian yang akan tampil pada hasil pencarian, setelah pengguna mengetikan kata kunci di kolom pencarian. 

Algoritma seringkali mengalami perubahan. Mau tak mau, Anda sebagai pemilik website perlu melakukan pembaharuan website secara berkesinambungan sesuai dengan algoritma yang berlaku di mesin pencari.

7. Ranking 

Ranking adalah urutan penempatan suatu halaman website dalam halaman hasil pencarian di search engine

Dalam prosesnya, mesin pencari akan mengevaluasi dan membandingkan konten halaman website dengan konten dari halaman situs lain yang memiliki relevansi dengan kata kunci yang dicari pengguna. 

Setelah itu, mesin pencari akan menentukan urutan penempatan halaman website dalam halaman hasil pencarian.

Ada berbagai faktor yang biasanya mesin pencari gunakan dalam menentukan ranking, seperti kualitas dan relevansi konten, kecepatan loading situs, struktur website, otoritas domain, tautan atau backlink yang berkualitas dari web lain, penggunaan meta tag yang relevan, dan faktor-faktor lain yang berkaitan dengan pengalaman pengguna.

Jika ingin situs web mendapatkan posisi terbaik pada hasil pencarian, pastikan Anda memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhi posisi atau ranking yang sudah ditentukan mesin pencari.


Setelah mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi cara kerja search engine, Anda juga perlu tahu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan posisi page one di mesin pencari. Ulasan lengkapnya bisa Anda baca di sini: Tips Ampuh Mendapatkan Posisi di Search Engine.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER