knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Email Marketing dan Teknik SEO, Mana yang Lebih Efektif dalam Penerapan Digital Marketing?

19 Aug  · 
3 min read
 · 
eye 5.612  
Digital Marketing

Email Marketing Dan Teknik Seo Mana Yang Lebih Efektif Dalam Penerapan Digital Marketing

Menjangkau konsumen bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi konsumen dari generasi milenial yang sangat selektif dalam melakukan pembelian suatu produk, jasa, maupun layanan bisnis. 

Mereka cenderung mencari tahu lebih banyak tentang produk yang diinginkan melalui internet, sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Dengan kebiasaan konsumen seperti itu, mau tidak mau Anda sebagai pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis ke pasar yang lebih luas harus mulai mempromosikan produk di internet.

Tidak hanya sekadar mempromosikan produk atau jasa, Anda juga perlu memahami digital marketing dan menerapkan strategi yang tepat untuk menjangkau konsumen.

Ada dua strategi yang umum digunakan dalam penerapan strategi digital marketing, yaitu email marketing dan teknik SEO. Nah, manakah di antara kedua strategi ini yang paling efektif? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah salah satu metode strategi digital marketing menggunakan email untuk menarik perhatian calon pelanggan dan mendorong mereka melakukan tindakan yang Anda inginkan, bisa untuk melakukan konversi tertentu atau langsung melakukan pembelian.

Meskipun termasuk strategi yang sudah ada sejak lama, namun strategi email marketing masih relevan bahkan populer hingga saat ini. 

Sebab, pengguna internet dan media sosial dari seluruh dunia pasti memiliki email. Nah, email marketing menawarkan kemudahan, hemat waktu, dan hemat biaya, jika digunakan sebagai media promosi produk secara berkelanjutan.

Cara Kerja Email Marketing

Cara kerja email marketing adalah dengan melakukan penawaran maupun promosi kepada calon pelanggan melalui pengiriman email.

1. Memilih Jenis Email Marketing

Ada beragam jenis email marketing yang bisa Anda coba, mulai dari pengiriman press release hingga newsletter personality

Memanfaatkan newsletter memungkinkan pelanggan untuk selalu mendapatkan update terbaru dari suatu situs yang mempromosikan produk maupun layanan bisnis Anda.

2. Mengumpulkan Data Target Audiens

Agar dapat mengirimkan email newsletter, Anda perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Caranya, Anda perlu mendorong pengunjung website atau pengikut Anda di media sosial untuk memasukkan alamat email aktif, kemudian menekan tombol subscribe

Setelah mendapatkan data email dari target pelanggan, Anda tinggal menghubungkan email pelanggan ke website bisnis. 

Jadi setiap ada pembaharuan di situs web bisnis, secara otomatis pembaharuan itu juga akan terkirim ke alamat email yang telah terdaftar di dalam sistem. 

3. Tambahkan Call to Action

Tidak hanya itu, dengan email marketing, kesempatan Anda untuk lebih dekat dengan calon konsumen lebih terbuka lebar karena pendekatannya lebih personal dibandingkan dengan cara promosi lain. 

Anda juga dapat mengundang pelanggan untuk melakukan Call to Action (CTA) di bagian tersendiri di dalam email marketing yang Anda kirimkan. Untuk itu, coba terapkan beberapa jenis CTA di dalam email serta Contoh CTA yang Efektif Mendorong Terjadinya Klik.

Kekurangan Newsletter yang Perlu Anda Tahu

Dari sekian banyak strategi email marketing, memang pengiriman newsletter menjadi salah satu strategi yang bisa memberi dampak besar bagi bisnis. 

Namun, jangan senang dulu. Sebab, cara promosi produk menggunakan newsletter ternyata memiliki kekurangan, yaitu kalau Anda terlalu sering mengirimkannya bisa saja email Anda masuk ke folder spam sehingga tidak terbaca oleh pelanggan. 

Selain itu, Anda harus memiliki database alamat email yang banyak dan berkualitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pengertian SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah serangkaian teknik dan strategi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web bisnis di halaman hasil mesin pencari atau Search Engine Results Page (SERP) seperti Google.

Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan jumlah dan kualitas lalu lintas organik (tanpa iklan berbayar) yang mengarah ke situs web bisnis Anda.

Ada 3 jenis SEO yang umum digunakan, yaitu:

  • SEO On Page adalah kegiatan mengoptimasi elemen-elemen di dalam situs web, seperti penggunaan kata kunci, optimasi konten, image/gambar, struktur URL, loading page, dll.
  • SEO Off Page adalah kegiatan melakukan optimasi yang Anda lakukan di luar situs web untuk meningkatkan peringkat situs di SERP. Kegiatannya bisa berupa mendapatkan backlink berkualitas dari situs web lain, membangun reputasi online, berkomunitas, dan sebagainya.
  • SEO Teknis adalah kegiatan SEO yang berfokus pada aspek teknis dari situs web yang mempengaruhi kinerja mesin pencari, antara lain struktur kode HTML yang bersih, penggunaan sitemap dan file robots.txt, memastikan semua halaman di dalam website bisa terindeks, dll.

Cara Memanfaatkan SEO dalam Strategi Digital Marketing

Untuk bisa menerapkan strategi SEO yang tepat, Anda perlu memahami jenis SEO yang mau Anda gunakan, apakah SEO On Page, Off Page, atau melakukan perbaikan teknis SEO terlebih dahulu.

Dari ketiga jenis SEO tersebut, Anda tidak bisa hanya memilih salah satu saja karena ketiganya saling berkaitan dan memiliki pengaruh besar pada kinerja situs web bisnis Anda di mesin pencari

Memang sulit kalau Anda belum paham. Namun jangan khawatir, Anda bisa bekerja sama dengan penyedia jasa SEO profesional, berkonsultasi dengan digital agency Indonesia seperti Redcomm, atau langsung mempekerjakan SEO Specialist.

Ketika Anda berhasil menerapkan strategi SEO yang benar dan tepat, maka performa situs web bisnis akan jadi lebih baik. Lalu website bisnis Anda jadi lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Ini bagus untuk meningkatkan traffic pengunjung melalui Click Through Rate (CTR). Bahkan tak menutup kemungkinan, pelanggan sekaligus melakukan klik Call to Action (CTA) dan akhirnya membeli produk melalui landing page

SEO Marketing termasuk strategi promosi produk jangka panjang dan tak berbatas waktu yang bisa diterapkan tanpa biaya. Pengunjung bisa datang kapan saja untuk melihat produk yang Anda miliki. 

Sayangnya, untuk mendapatkan hasil dari teknik SEO ini memerlukan waktu yang tidak sebentar dan prosesnya tak instan. Banyak hal-hal teknis yang harus Anda perhatikan dan perbarui. 

Anda juga harus terus mengikuti perkembangan algoritma pada mesin pencari agar tak kalah bersaing dengan kompetitor.

 

Dari ulasan di atas, Anda bisa melihat kalau email marketing dan teknik SEO adalah dua strategi yang berbeda, namun akan saling mendukung untuk memberi hasil yang lebih baik bagi bisnis Anda.  

Penggunaan yang tepat bahkan memungkinkan Anda untuk memaksimalkan ROI bisnis, meningkatkan angka penjual, dan mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Nah, jika masih membutuhkan informasi terkait email marketing maupun SEO, Anda bisa membacanya di artikel lain yang sudah tersedia di Redcomm Knowledge.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER