Menjangkau konsumen bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi konsumen dari generasi milenial yang sangat selektif dalam melakukan pembelian suatu produk. Mereka cenderung mencari tahu lebih banyak tentang produk yang diinginkan melalui internet, sebelum memutuskan untuk membelinya. Maka dari itu, Anda sebagai pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis ke pasar yang lebih luas harus mulai mempromosikan produk di internet.

 

Tidak hanya sekadar mempromosikan produk atau jasa, Anda juga perlu memahami digital marketing dan menerapkan strategi digital marketing yang tepat untuk produk maupun jasa tersebut. Dua di antara beberapa strategi pemasaran digital yang populer saat ini adalah email marketing dan teknik SEO.

 

 

Email Marketing dan Teknik SEO, Mana yang Lebih Efektif dalam Digital Marketing?

Mungkin Anda bertanya-tanya, antara email marketing dan teknik SEO, manakah yang lebih efektif untuk digunakan dalam digital marketing campaign. Sebelum menarik kesimpulan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan keduanya. 

 

Pengertian Email Marketing dan Cara Kerjanya

Email marketing merupakan salah satu metode pemasaran dunia digital yang sudah ada sejak lama, namun masih relevan bahkan populer hingga saat ini. Sebab, pengguna internet dan media sosial dari seluruh dunia pasti memerlukan penggunaan email di dalamnya. Nah, email marketing ini menawarkan kemudahan, hemat waktu dan hemat biaya, jika digunakan sebagai media promosi produk secara berkelanjutan.

 

Cara kerja email marketing adalah dengan melakukan penawaran maupun promosi kepada calon pelanggan melalui pengiriman email. Ada beragam email marketing yang bisa Anda coba, mulai dari pengiriman press release hingga newsletter. Newsletter memungkinkan pelanggan untuk selalu mendapatkan update terbaru dari suatu situs yang mempromosikan produknya.

 

 

Agar dapat mengirimkan newsletter, Anda perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Caranya, Anda perlu mendorong pengunjung website atau pengikut Anda di media sosial untuk memasukkan alamat email aktif, kemudian menekan tombol subscribe. Ketika alamat email tersebut telah terhubung dengan suatu web yang melakukan promosi, maka setiap ada pembaharuan di website tersebut, secara otomatis pembaharuan itu juga akan terkirim ke alamat email yang telah terdaftar di dalam sistem. 

 

Tidak hanya itu, dengan email marketing, kesempatan Anda untuk lebih dekat dengan pelanggan ataupun calon konsumen lebih terbuka lebar karena pendekatannya lebih personal dibandingkan dengan cara promosi lain. Anda juga dapat mengundang pelanggan untuk melakukan Call to Action (CTA) di bagian tersendiri di dalam email marketing yang Anda kirimkan. 

 

Namun, jangan senang dulu. Sebab, cara promosi produk menggunakan newsletter ternyata memiliki kekurangan. Kekurangan dari metode online marketing services yang satu ini adalah bisa saja pesan yang Anda kirimkan masuk ke folder spam sehingga tidak terbaca oleh pelanggan. Selain itu, Anda pun harus memiliki database alamat email yang banyak dan berkualitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

 

Cara Teknik SEO Marketing Bekerja

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu strategi agar website atau blog bisa tampil di halaman pertama search engine. Untuk mendapatkan SEO yang tepat, Anda perlu menetapkan kata kunci yang dibidik, menempatkan backlink berkualitas, memiliki konten yang mumpuni, dan masih banyak lagi syarat serta ketentuan lainnya. 

 

 

Dengan menggunakan teknik SEO, pelanggan jadi lebih mudah menemukan situs atau informasi tentang produk Anda. Ini bagus untuk meningkatkan traffic pengunjung melalui Click Through Rate (CTR). Dan tak menutup kemungkinan, pelanggan sekaligus melakukan Call to Action (CTA) dengan membeli produk melalui landing page

 

SEO Marketing termasuk strategi promosi produk jangka panjang dan tak berbatas waktu yang bisa diterapkan tanpa biaya. Pengunjung bisa datang kapan saja untuk melihat produk yang Anda miliki. Sayangnya, untuk mendapatkan hasil dari teknik SEO ini memerlukan waktu yang tidak sebentar dan prosesnya tak instan. Banyak hal-hal teknis yang harus selalu diperhatikan dan diperbaharui. Anda juga harus terus mengikuti perkembangan algoritma pada mesin pencari agar tak kalah bersaing dengan kompetitor.

 

Dari ulasan di atas, dapat diketahui bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam digital marketing. Memang, jika perhatikan lebih dalam, email marketing jauh lebih efektif untuk melakukan promosi dengan biaya lebih terjangkau dan cepat. Namun, jika Anda menggunakan keduanya untuk mempromosikan produk atau bisnis Anda, tentunya akan jauh lebih efektif lagi untuk memaksimalkan ROI Anda.