Apakah SERP sama dengan search engine? Ternyata tidak lho. Search engine adalah suatu sistem yang membantu pengguna menemukan informasi di internet. Sedangkan SERP (Search Engine Result Page) adalah halaman hasil pencarian yang ditampilkan oleh search engine setelah pengguna memasukkan kata kunci tertentu. Yuk, cari tahu secara lengkap apa itu SERP, konsep, fungsi, dan cara kerjanya di artikel ini.
Apa Itu SERP?
SERP (Search Engine Result Pages) adalah halaman hasil pencarian setelah Anda mengetikkan kueri di kotak pencarian yang ada di search engine, seperti Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya.
Umumnya yang tampil pada halaman hasil pencarian berupa daftar link atau URL dari halaman website yang relevan dengan pencarian atau kata kunci dari audiens. Misalnya halaman dari suatu website, video, gambar, atau artikel terkait dengan kata kunci yang dicari.
Bahkan jika Anda melakukan optimasi dengan baik pada setiap halaman situs milik Anda, ada kemungkinan konten Anda muncul sebagai snippet, sitelink, featured snippet, video snippet, dan tampil dalam fitur SERP lainnya yang berpotensi mendatangkan lebih banyak user masuk ke web Anda.
Bagaimana Konsep Search Engine Result Page (SERP)?
Konsep SERP berdasarkan pada banyaknya kunjungan ke artikel atau situs dari halaman pencarian. Artinya, saat audiens berhasil menemukan konten situs Anda di halaman pencarian bisa dikatakan bahwa konten tersebut telah memenuhi kaidah dan standar SEO.
Dengan kata lain, semakin tinggi peringkat artikel atau situs Anda pada SERP, semakin besar kemungkinan audiens mengunjungi situs maupun halaman artikel pada web Anda.
Bagaimana jika konten Anda tidak masuk pada halaman pertama SERP? Anda dapat menggunakan layanan iklan berbayar, seperti Google Ads. Namun, konten organik masih menjadi favorit mesin pencari, termasuk Google.