MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Apa Itu SERP, Konsep, Fungsi, dan Cara Kerjanya

28 Feb  · 
2 min read
 · 
eye 2.893  
SEO & SEM

redcomm

Apakah SERP sama dengan search engine? Ternyata tidak lho. Search engine adalah suatu sistem yang membantu pengguna menemukan informasi di internet. Sedangkan SERP (Search Engine Result Page) adalah halaman hasil pencarian yang ditampilkan oleh search engine setelah pengguna memasukkan kata kunci tertentu. Yuk, cari tahu secara lengkap apa itu SERP, konsep, fungsi, dan cara kerjanya di artikel ini.

Apa Itu SERP?

SERP (Search Engine Result Pages) adalah halaman hasil pencarian setelah Anda mengetikkan kueri di kotak pencarian yang ada di search engine, seperti Google,  Yahoo, Bing, dan sebagainya.

Umumnya yang tampil pada halaman hasil pencarian berupa daftar link atau URL dari halaman website yang relevan dengan pencarian atau kata kunci dari audiens. Misalnya halaman dari suatu website, video, gambar, atau artikel terkait dengan kata kunci yang dicari.

Bahkan jika Anda melakukan optimasi dengan baik pada setiap halaman situs milik Anda, ada kemungkinan konten Anda muncul sebagai snippet, sitelink, featured snippet, video snippet, dan tampil dalam fitur SERP lainnya yang berpotensi mendatangkan lebih banyak user masuk ke web Anda.

Bagaimana Konsep Search Engine Result Page (SERP)?

Konsep SERP berdasarkan pada banyaknya kunjungan ke artikel atau situs dari halaman pencarian. Artinya, saat audiens berhasil menemukan konten situs Anda di halaman pencarian bisa dikatakan bahwa konten tersebut telah memenuhi kaidah dan standar SEO.

Dengan kata lain, semakin tinggi peringkat artikel atau situs Anda pada SERP, semakin besar kemungkinan audiens mengunjungi situs maupun halaman artikel pada web Anda. 

Bagaimana jika konten Anda tidak masuk pada halaman pertama SERP? Anda dapat menggunakan layanan iklan berbayar, seperti Google Ads. Namun, konten organik masih menjadi favorit mesin pencari, termasuk Google.

Apa Fungsi dari SERP?

1. Bagi Pengguna Internet

Bagi pengguna internet, mereka akan memilih mengunjungi situs yang berada pada halaman pertama hasil pencarian. Sangat jarang audiens mengunjungi situs yang baru muncul di lebih dari 5 halaman pencarian. Ini berkaitan dengan tingkat kepercayaan dan kualitas situs berdasarkan penilaian Google.

2. Bagi Pemilik Website

Ketika website tidak berada pada minimal halaman 3 mesin pencari, bisa dikatakan website belum memiliki authority atau tingkat kepercayaan yang baik berdasarkan penilaian Google maupun audiens. Itu sebabnya, pemilik web harus berupaya untuk melakukan optimasi situsnya sesuai dengan standar Google dan menerapkan teknik SEO dengan baik. 

Singkatnya, SERP bagi pemilik website menjadi acuan dan indikator untuk melakukan optimasi. Misalnya dengan memastikan keyword telah relevan dengan pencarian user, on page SEO, dan off page SEO telah Anda terapkan dengan baik, dan sebagainya. 

Cara Kerja SERP

1. Pengguna Memasukkan Kueri

Anda hanya perlu memasukkan kata kunci tertentu pada kotak yang terdapat di mesin pencarian, contohnya Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya.

2. Google Melakukan Analisis Keyword

Setelah kueri diketik di kotak pencarian, Google sebagai mesin pencari akan mengidentifikasi dan memilih konten yang paling sesuai dan relevan dengan pencarian Anda.

3. Analisis Database Google

Setelah itu, Google akan mencari berbagai informasi yang ada dalam database miliknya. Umumnya, ada jutaan informasi yang tersedia di dalam database dan yang muncul pada halaman pertama pencarian hanya konten yang paling sesuai dengan kueri. 

4. Analisis Konten dan Website yang Relevan

Google akan menganalisis konten maupun artikel yang ada pada situs di dalam database dan memilih yang paling valid dengan kata kunci atau kueri yang Anda masukkan ke kotak pencarian.

5. Pertimbangan Google dalam Menampilkan Hasil Pencarian

Sebelum hasil pencarian Anda atau pengguna lain ditampilkan, Google akan terlebih dahulu mempertimbangkan banyak hal, seperti lokasi, riwayat pencarian, hingga memilah konten yang aman dan bisa dipercaya.

6. Algoritma Google

Cara kerja SERP yang selanjutnya adalah menyerahkannya pada algoritma Google. Pada tahap ini, halaman-halaman yang ditampilkan hanya yang sesuai dengan ketentuan algoritma Google yang paling baru.

7. Google SERP Menampilkan Halaman Pencarian

Setelah semua tahap selesai dilakukan, maka Google SERP akan menampilkan berbagai informasi yang paling baik dan informatif bagi pengguna.


Anda sudah tahu apa itu SERP, fungsi, sekaligus cara kerjanya. Sekarang cari tahu juga yuk: Search Engine dan SERP Sama Tidak? 

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER