Apakah SERP sama dengan search engine? Ternyata tidak lho. Mesin pencari atau search engine adalah sistem yang membantu pengguna menemukan informasi di internet.
Apakah SERP sama dengan search engine? Ternyata tidak lho. Mesin pencari atau search engine adalah sistem yang membantu pengguna menemukan informasi di internet.
Sedangkan Search Engine Result Page atau SERP adalah halaman hasil pencarian yang ditampilkan oleh search engine setelah pengguna memasukkan kata kunci tertentu.
Yuk, cari tahu secara lengkap apa itu SERP, konsep, fungsi, dan cara kerjanya di artikel ini.
Search Engine Result Pages atau SERP adalah halaman hasil pencarian setelah Anda mengetikkan kueri (kata kunci) di kotak pencarian yang ada di search engine, seperti Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya.
Nah, hasil pencarian tersebut akan dimunculkan Google berupa daftar situs berikut link yang bisa Anda klik. Hanya konten berkualitas yang relevan dengan pencarian yang akan muncul di halaman ini.
Bentuk kontennya bisa halaman website, landing page yang menampilkan produk atau layanan bisnis, video, gambar, postingan dari media sosial, hingga artikel yang memuat kata kunci yang digunakan.
Ini artinya, situs web atau konten yang Anda optimasi dengan baik, memiliki potensi besar untuk muncul di halaman hasil pencarian ini.
Bahkan ada kemungkinan konten Anda muncul sebagai featured snippet, sitelink, video snippet, Google discover, atau tampil dalam fitur SERP lainnya.
Kalau hal ini yang terjadi, sudah bisa dipastikan brand awareness bisnis Anda mengalami peningkatan dan bisa mendatangkan lebih banyak user masuk ke web Anda.
Konsep SERP berdasarkan pada banyaknya kunjungan ke artikel atau situs dari halaman pencarian.
Saat audiens berhasil menemukan konten situs Anda di halaman pencarian, bisa dikatakan konten tersebut telah memenuhi kaidah dan standar SEO.
Dengan kata lain, semakin tinggi peringkat artikel atau situs Anda di halaman hasil pencarian, semakin besar kemungkinan audiens mengunjungi situs maupun halaman artikel pada web Anda.
Bagaimana jika konten Anda tidak masuk pada halaman pertama SERP? Anda dapat menggunakan layanan iklan berbayar Google Ads. Namun, konten organik masih menjadi favorit mesin pencari, termasuk Google.
Bagi pengguna internet, mereka akan memilih mengunjungi situs yang berada pada halaman pertama hasil pencarian.
Sangat jarang audiens mengunjungi situs yang berada di lebih dari 5 halaman pencarian. Ini berkaitan dengan tingkat kepercayaan dan kualitas situs berdasarkan penilaian Google.
Ketika website tidak berada pada minimal halaman 3 mesin pencari, bisa dikatakan website belum memiliki authority atau tingkat kepercayaan yang baik berdasarkan penilaian Google maupun audiens.
Itu sebabnya, Anda sebagai pemilik web harus berupaya melakukan optimasi situs sesuai dengan standar Google dan menerapkan teknik SEO untuk meraih top rank Google.
Singkatnya, SERP bagi pemilik website menjadi acuan dan indikator untuk melakukan optimasi. Misalnya dengan memastikan keyword telah relevan dengan pencarian user, on page SEO, dan off page SEO telah Anda terapkan dengan baik, dan sebagainya.
Anda hanya perlu memasukkan kata kunci tertentu pada kotak yang terdapat di mesin pencarian, contohnya Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya.
Setelah kueri diketik di kotak pencarian, Google sebagai mesin pencari akan mengidentifikasi dan memilih konten yang paling sesuai dan relevan dengan pencarian Anda.
Setelah itu, Google akan mencari berbagai informasi yang ada dalam database miliknya.
Ada jutaan informasi yang tersedia di dalam database dan yang muncul pada halaman pertama pencarian hanya konten yang paling sesuai dengan kueri.
Setelah menemukan bermacam data di database yang sudah Google kumpulkan dari hasil crawling dan Google indexing, Google akan menganalisis konten dan situs.
Nah, ketika ada audiens yang melakukan pencarian, tentunya konten dan situs yang paling valid dengan kata kunci atau kueri yang audiens gunakan, yang akan muncul pada halaman pencarian atau SERP.
Sebelum hasil pencarian Anda atau pengguna lain ditampilkan, Google akan terlebih dahulu mempertimbangkan banyak hal.
Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan Gooogle untuk menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dan berkualitas bagi pengguna internet, antara lain:
Cara kerja SERP yang selanjutnya adalah menyerahkannya pada algoritma Google.
Pada tahap ini, halaman-halaman yang ditampilkan hanya yang sesuai dengan ketentuan algoritma Google yang paling baru.
Setelah semua tahap selesai dilakukan, maka Google SERP akan menampilkan berbagai informasi yang paling baik dan informatif bagi pengguna.
Anda sudah tahu apa itu SERP, fungsi, sekaligus cara kerjanya. Sekarang cari tahu juga yuk: Search Engine dan SERP Sama Tidak?
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC