Salah satu kunci pemasaran digital adalah Conversion Rate Optimization, atau yang biasa disingkat CRO. Memperhatikan keberadaan dan manfaat CRO sangat penting untuk Anda lakukan, mengingat CRO akan membantu situs bisnis bekerja lebih efektif dalam  meningkatkan profit. Dengan penggunaan CRO yang tepat, peluang terciptanya konversi menjadi semakin besar, baik dalam bentuk pengunjung yang berubah menjadi pelanggan, peningkatan brand awareness, juga terjadinya transaksi pembelian.

 

Apa Itu CRO?

Conversion Rate Optimization (CRO) adalah sebuah proses untuk mengubah (conversion) pengunjung situs menjadi pelanggan Anda. Caranya, dengan mendesain elemen-elemen tertentu dari halaman situs untuk membuat pengunjung yang tadinya pasif, akhirnya mengambil tindakan tertentu. Pengunjung jadi lebih terlibat dengan konten dan melakukan pembelian.

 

CRO sangat penting bagi bisnis digital untuk menjalankan strategi marketing atau pemasaran. Selain meningkatkan traffic ke website, CRO diperlukan agar traffic bisa dikonversi menjadi leads untuk penjualan.

 

Untuk melakukan CRO, Anda perlu mengetahui apa yang orang cari saat mengunjungi situs Anda. Kemudian, Anda harus memodifikasi elemen-elemen dalam situs untuk memberikan apa yang diinginkan pengunjung. Metode CRO dapat meningkatkan Key Performance Indicator (KPI) situs Anda melalui interaksi pengunjung yang semakin aktif.

 

Elemen-elemen Conversion Rate Optimization

  1. Desain

Desain situs yang berfokus pada CRO tidak hanya cantik, tetapi juga mudah digunakan. Misalnya, pengunjung dapat membeli produk dengan mudah di situs Anda. Landing page juga sudah terhubung dengan halaman produk, sehingga pengunjung bisa langsung melihat foto dan spesifikasi produk, melihat ketersediaan barang, lalu melakukan pembelian.

 

Usahakan untuk membuat desain situs yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Sediakan fitur jawab cepat apabila ada pengunjung yang ingin bertanya sesuatu terkait ketersediaan suatu produk, detail dan manfaat produk, dan sebagainya. Pada umumnya, pengunjung akan senang apabila dilayani dengan cepat.

 

 

  1. Copywriting

Copywriting berhubungan dengan keberadaan konten yang menarik dan persuasif. Konten dalam situs Anda harus mudah dibaca, menarik perhatian, dan dapat meyakinkan pengunjung mengenai keunggulan dan manfaat membeli produk Anda. Bangun kepercayaan pengunjung dengan teknik copywriting di situs Anda.

 

  1. Analytics

Untuk membuat desain dan konten situs yang sesuai dengan target pasar yang spesifik, Anda dapat menggunakan berbagai alat analytics, seperti Google analytics untuk melihat apa yang pengunjung lakukan di situs Anda, waktu mereka berada di dalam situs, dan topik-topik apa saja yang menarik minat mereka. Dari data analytics juga bisa diketahui apakah pengunjung situs hanya sekadar membandingkan produk Anda dengan kompetitor, atau berencana membeli, namun masih menimbang-nimbang kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian. 

 

  1. Psikologi Pengunjung

Anda perlu memahami psikologi pengunjung situs untuk melakukan pemasaran yang efektif. Ketahui pula apa yang bisa meyakinkan pengunjung bahwa produk Anda lebih baik daripada kompetitor. Pola konsumsi pengunjung juga bisa dilihat menggunakan analytics tools.

 

 

Alasan CRO Penting Diterapkan Pebisnis Online

  1. Website Lebih Interaktif

Tidak peduli seberapa menarik website dan konten Anda, suatu bisnis tidak bisa bergantung pada traffic ke situs saja. Anda memerlukan interaksi aktif pengunjung supaya mereka lebih tertarik.

 

Untuk membuat situs yang interaktif, Anda bisa menggunakan jasa digital agency Indonesia. Tim dari digital agency akan siap membantu Anda mengoptimalkan kinerja website bisnis, melakukan perancangan tampilan yang lebih interaktif, membantu mendesain internet marketing campaign, dan sebagainya. Anda jadi tak perlu repot lagi untuk melakukannya sendiri. 

 

  1. Target Pasar yang Spesifik

Sama seperti metode pemasaran lainnya, CRO tidak bisa ditargetkan pada sembarang pengunjung. Tidak semua pengunjung pula bisa serta merta menjadi pelanggan. Anda harus menargetkan pengunjung yang benar-benar menjadi target pasar Anda. Selain membuat website yang interaktif, strategi CRO juga dapat membantu Anda mengidentifikasi target pasar yang lebih spesifik.

 

 

  1. Bisnis Lebih Unggul

CRO akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda karena Anda telah memperhatikan kebutuhan mereka. Pelanggan yang puas cenderung merekomendasikan produk Anda kepada keluarga, teman-teman, dan kenalan mereka. Meskipun Conversion Rate Optimization merupakan cara pemasaran yang efektif, pemasaran dari mulut ke mulut tetap merupakan strategi marketing paling ampuh.

 

Demikian uraian singkat mengapa CRO penting untuk diterapkan oleh pebisnis online dalam menarik pengunjung menjadi loyal customer