Salah satu kunci pemasaran digital adalah Conversion Rate Optimization, atau yang biasa disingkat CRO.
Salah satu kunci pemasaran digital adalah Conversion Rate Optimization, atau yang biasa disingkat CRO.
Memperhatikan keberadaan dan manfaat CRO sangat penting untuk Anda lakukan, mengingat CRO akan membantu situs bisnis bekerja lebih efektif dalam meningkatkan profit.
Dengan penggunaan CRO yang tepat, peluang terciptanya konversi menjadi semakin besar, baik dalam bentuk pengunjung yang berubah menjadi pelanggan, peningkatan brand awareness, juga terjadinya transaksi pembelian.
Conversion Rate Optimization (CRO) adalah proses mengubah (conversion) pengunjung situs menjadi pelanggan Anda.
Caranya dengan mendesain elemen-elemen tertentu pada halaman situs untuk membuat pengunjung yang tadinya pasif, akhirnya mengambil tindakan tertentu. Pengunjung jadi lebih terlibat dengan konten dan melakukan pembelian.
CRO sangat penting bagi bisnis digital untuk menjalankan strategi marketing atau pemasaran. Selain meningkatkan traffic dan page view website bisnis, CRO diperlukan agar traffic bisa dikonversi menjadi leads untuk penjualan.
Untuk melakukan CRO, Anda perlu mengetahui apa yang orang cari saat mengunjungi situs Anda.
Kemudian, Anda harus memodifikasi elemen-elemen dalam situs untuk memberikan apa yang diinginkan pengunjung.
Metode CRO dapat meningkatkan Key Performance Indicator (KPI) situs melalui interaksi pengunjung yang semakin aktif.
Desain situs yang berfokus pada CRO tidak hanya cantik, tetapi juga mudah digunakan. Misalnya, pengunjung dapat membeli produk dengan mudah di situs Anda.
Landing page juga sudah terhubung dengan halaman produk, sehingga pengunjung bisa langsung melihat foto dan spesifikasi produk, melihat ketersediaan barang, lalu melakukan pembelian.
Usahakan untuk membuat desain situs yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Misalnya dengan menyediakan fitur jawab cepat.
Fitur tersebut akan sangat membantu saat ada pengunjung yang ingin bertanya sesuatu terkait ketersediaan suatu produk, detail, dan manfaat produk, dan sebagainya.
Pada umumnya, pengunjung akan senang apabila dilayani dengan cepat.
Copywriting berhubungan dengan keberadaan konten yang menarik dan persuasif. Konten dalam situs Anda harus mudah dibaca, menarik perhatian, dan dapat meyakinkan pengunjung mengenai keunggulan dan manfaat membeli produk Anda.
Di saat yang sama, bangun kepercayaan pengunjung dengan formula AIDA dalam teknik copywriting, sehingga audiens target terdorong untuk mencari tahu lebih banyak atas penawaran yang Anda berikan.
Untuk membuat desain dan konten situs yang sesuai dengan target pasar yang spesifik, Anda dapat menggunakan berbagai alat analytics, seperti:
Dari data analytics, Anda juga bisa mengetahui, apakah pengunjung situs hanya sekadar membandingkan produk Anda dengan kompetitor.
Bisa pula mereka sudah berencana melakukan pembelian, namun masih menimbang-nimbang kapan waktu yang tepat karena menyesuaikan dengan ketersediaan dana yang mereka miliki.
Anda perlu memahami psikologi pengunjung situs untuk melakukan pemasaran yang efektif. Termasuk hal apa yang bisa meyakinkan mereka kalau produk Anda lebih baik dari produk pesaing.
Pola konsumsi pengunjung juga bisa dilihat menggunakan analytics tools, misalnya dari Google Analytics, Google Search Console, atau tools analitik lainnya.
Tidak peduli seberapa menarik website dan konten Anda, suatu bisnis tidak bisa bergantung pada traffic ke situs saja.
Anda memerlukan interaksi aktif pengunjung supaya mereka lebih tertarik. Nah, untuk membangun interaksi, Anda bisa menggunakan jasa digital agency Indonesia.
Tim dari digital agency akan siap membantu Anda mengoptimalkan kinerja website bisnis, hingga melakukan perancangan tampilan yang lebih interaktif.
Bahkan tim kami juga dapat membantu mendesain internet marketing campaign, dan sebagainya. Anda jadi tak perlu repot lagi untuk melakukannya sendiri.
Untuk itu, langsung hubungi Kontak Redcomm dan kita bisa mendiskusikan lebih lanjut kebutuhan Anda
Sama seperti metode pemasaran lainnya, CRO tidak bisa ditargetkan pada sembarang pengunjung. Sebab, tidak semua pengunjung bisa serta merta menjadi pelanggan.
Anda harus menargetkan pengunjung yang benar-benar menjadi target pasar Anda. Oleh karena itu, strategi CRO yang Anda terapkan di website bisnis akan memudahkan Anda mengidentifikasi target pasar yang lebih spesifik.
CRO akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis karena Anda telah memperhatikan kebutuhan mereka.
Pelanggan yang puas cenderung merekomendasikan produk Anda kepada keluarga, teman-teman, dan kenalan mereka.
Meskipun Conversion Rate Optimization merupakan cara pemasaran yang efektif, pemasaran dari mulut ke mulut tetap merupakan strategi marketing paling ampuh.
Anda sudah tahu elemen Conversion Rate Optimization (CRO) dan alasan penting bisnis menerapkan CRO. Selanjutnya, Dapatkan Lebih Banyak Closing Penjualan dengan Conversion Rate Optimization!
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC