Copywriting merupakan suatu teknis penulisan yang akan disusun oleh seorang penulis untuk mempromosikan suatu brand dengan tujuan menarik perhatian, meningkatkan minat untuk membaca, dan upaya mendorong pembacanya melakukan suatu tindakan yang disarankan penulis. Penyusunan tulisan dalam teknik ini memerlukan banyak sekali pertimbangan dan kreativitas. Alhasil, konten tulisan di dalamnya benar-benar efektif bisa menarik minat dari calon pelanggan. Namun, tidak semua orang paham dengan tata cara penulisan yang baik dan terstruktur. Untuk itu, Anda perlu mengenal formula AIDA untuk membuat copywriting yang memikat.

 

Copywriting dengan Formula AIDA

AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Keempat komponen ini mampu mengubah halaman kosong menjadi tulisan atau konten yang berkesan, menarik minat, bahkan membuat orang lain menjadi terpengaruh setelah membaca tulisan atau konten tersebut. Berikut cara menerapkan formula AIDA dalam pembuatan konten copywriting

 

 

  1. Attention

Menurut salah satu penelitian yang pernah dilakukan SilverPop pada tahun 2013, menemukan fakta bahwa orang-orang akan merasa tertarik akan suatu konten hanya dalam waktu 8 detik saja. Artinya, jika Anda sebagai pembuatan konten tidak mampu membuat calon pelanggan tertarik dengan konten Anda selama 8 detik pertama, maka konten itu bisa dianggap gagal menyampaikan pesan kepada target pasar.

 

Tiga elemen yang bisa dijadikan faktor untuk menarik perhatian adalah judul, gambar, dan kalimat pembuka. Tipsnya, Anda perlu menyajikan buyer personal terkait bisnis yang Anda iklankan, memberikan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi calon pelanggan, dan membuat mereka merasa dan berpikir, “Ini yang sedang saya cari!”

 

  1. Interest

Tidak hanya perhatian, Anda juga perlu membuat pembaca konten Anda jadi tertarik dengan iklan yang Anda tayangkan. Beberapa elemen yang harus dioptimalkan untuk mencapai interest dari calon pelanggan, antara lain adanya informasi, fakta, studi kasus, data statistik, kondisi ideal, serta alasan mengapa konsumen percaya kalau mereka memerlukan apa yang Anda tampilkan pada konten tersebut.

 

Beberapa kalimat yang bisa dijadikan contoh untuk membangkitkan minat, misalnya: 

    • Mampu menurunkan berat badan hingga 10 kg dalam kurang dari 2 minggu.
    • Berhasil tampil menarik dan glowing dalam satu minggu pemakaian rutin. 
    • Tampak flawless hanya dengan sentuhan foundation dan concealer ini.

 

 

  1. Desire

Komponen desire hampir mirip dengan interest. Hanya saja pada tahap ini, Anda harus bisa membuat calon pelanggan benar-benar menginginkan produk yang sedang Anda tawarkan. Salah satu tipsnya, menyebutkan beberapa manfaat dari produk unggulan Anda, seperti: diperkaya dengan vitamin B kompleks dan meningkatkan metabolisme tubuh.

 

Tips lain yang bisa diterapkan, Anda perlu memancing emosi dari pelanggan, namun memberikan solusi setelahnya. Salah satu contoh kalimat yang bisa diterapkan, misalnya: “Diet ketat biasanya membuat Anda tidak akan mendapatkan hasil secara maksimal. Untungnya, ada suplemen X yang bisa membakar lemak hanya dalam waktu sehari saja.”

 

  1. Action

Anda perlu mengajak calon pelanggan untuk mengambil suatu tindakan agar membeli produk yang sedang Anda tawarkan dalam konten copywriting Anda. Tidak hanya itu saja, pelanggan juga bisa diajak berkontribusi dengan membuat akun, melakukan pengunduhan, mendaftar, menelpon, atau mengisi kuesioner.

 

Anda hanya perlu berpikir kreatif untuk menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan oleh calon pelanggan, sehingga mereka mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut. Pengisian kuesioner pun tidak masalah, asalkan pertanyaan di dalamnya bisa membuat tertarik akan produk dari brand Anda.

 

 

  1. Persuasif

Setelah menerapkan formula AIDA pada 4 langkah sebelumnya, maka selanjutnya Anda perlu menggabungkan keempat formula di atas agar berhasil menarik perhatian, membuat pelanggan merasa memerlukan produk tersebut, dan akhirnya melakukan pembelian. Hal ini biasa disebut dengan langkah persuasif dari kegiatan promosi demi membujuk banyak orang untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan dalam konten copywriting.  

 

Anda harus menyusun rencana dengan cara mengurutkan keempat komponen AIDA tersebut agar pembuatan iklan menjadi lebih terstruktur dan terencana. Jangan lupakan untuk menentukan target pasar dan kompetitor demi mendapatkan hasil maksimal dan optimal kedepannya. 

 

Formula AIDA memang seringkali digunakan banyak pengiklan dalam membuat copywriting. Hal ini berkaitan dengan pentingnya suatu content bagi calon pelanggan. Usahakan berhasil membuat mereka tertarik melakukan pembelian atau bahkan menjadi konsumen tetap dari brand Anda.