MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Panduan Praktis Mengoptimalkan Email Marketing Beserta Metrics Pentingnya

 · 
3 min read
 · 
eye 540  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Email marketing semakin penting untuk menghubungi pelanggan saat ini, mengingatkan mereka tentang bisnismu, dan memberi nilai bahkan ketika mereka tidak berbelanja. 

Sekarang, data first-party semakin penting, dan email marketing menawarkan strategi terpadu yang solid dalam upaya pemasaranmu.

Seperti halnya dalam semua aspek pemasaran bisnismu, termasuk pelacakan ROI dari kampanye media sosial Anda, mengukur kesuksesan email marketing penting untuk perbaikan yang berkelanjutan.

Gunakan metrik berikut untuk menilai kesuksesan dan kesehatan upaya email marketing. Bandingkan datamu dan berusaha untuk memperbaiki bulan demi bulan hingga kamu menguasainya sepenuhnya.

Clickthrough rate

Apakah kamu lebih suka mengukur efektivitas posting yang dipromosikan di Facebook berdasarkan jumlah likes atau berdasarkan berapa banyak orang yang mengklik untuk mengunjungi situs web kamu?

Clickthrough rate bisa menjadi metrik email marketing berharga untuk melacak jika kamu melakukan pengujian A/B pada garis subjek atau membandingkan kinerja buletin-mu setiap minggu. 

Tetapi jika kamu benar-benar ingin menilai bagaimana penerima berinteraksi dan terlibat dengan setiap email yang kamu kirim, dan apakah mereka mengonversi atau tidak, maka tingkat klik adalah metrik yang tepat. 

Tingkat klik dapat memberikan pemahaman rinci tentang berapa banyak pelanggan yang terlibat dengan kontenmu dan jenis konten yang menarik minat mereka, apakah itu tulisan blog atau penawaran produk. 

Ini adalah wawasan yang benar-benar dapat membantu kamu menyesuaikan dan mengoptimalkan upaya email marketing.

Aktivitas subscriber

Penting untuk melacak pertumbuhan dan penurunan subscriber-mu. Pertumbuhan subscriber penting karena memperluas jangkauan dan memaksimalkan kemungkinan pelanggan berinteraksi dengan email kamu. 

Jika kamu mengalami lebih banyak pelanggan yang keluar daripada yang diinginkan, kamu dapat menganalisis faktor-faktor ini serta memastikan bahwa:

  • Daftar pelangganmu di-segmentasi dengan benar untuk memastikan kamu menargetkan pengguna dengan konten email yang paling relevan.
  • Data pelangganmu secara rutin dibersihkan untuk memastikan email yang lama atau tidak akurat.
  • Kampanye re-engagement dilakukan untuk peluang yang tidak memenuhi syarat yang lebih mungkin untuk keluar
  • Informasi tentang kinerja daftar pelangganmu dapat diakses melalui Email Service Provider.

Bounce rate 

Metrik email marketing klasik, tingkat pentalan adalah persentase email yang tidak dapat dikirimkan kepada pelanggan dan dikembalikan ke Email Service Provider. 

Tetapi tahukah kamu bahwa ada dua jenis pentalan yang harus dipantau?

  • Hard bounce: Pesan yang ditolak secara permanen karena alamat email yang tidak valid atau karena server penerima telah memblokir server-mu.
  • Soft bounce: Pesan yang ditolak sementara karena kotak masuk penerima penuh, server tidak berfungsi, atau email melebihi batas ukuran yang ditetapkan oleh penerima atau Email Service Provider.

Kamu harus segera menghapus hard bounce email dari daftar pelanggan, atau berisiko merusak reputasi pengirim, karena email-mu mungkin memicu filter spam

Juga, periksa apakah hard bounce-mu berasal dari domain yang sama. Jika iya, itu mungkin berarti bahwa ISP tertentu atau server perusahaan memblokir kamu, sesuatu yang dapat kamu selesaikan dengan sopan dan dengan mudah. 

Email forward atau share rate 

Metrik email marketing lain yang berguna untuk dilacak adalah tingkat penerusan atau bagikan email

Wawasan ini akan menunjukkan persentase audiens atau penerima yang terdorong untuk berbagi konten email-mu dengan teman mereka.

Metrik pemasaran ini akan memberikan pengukuran yang solid tentang seberapa berharga dan menghibur konten email kamu bagi segmen tertentu dari audiens. 

Jika kamu melihat lonjakan tajam dalam tingkat forward atau share email-mu, kamu akan mendapatkan wawasan yang diperlukan untuk membuat komunikasi di masa depan dalam format atau gaya yang sama.

Biasanya, tingkat penerusan email dihitung dengan membagi jumlah penerusan atau berbagi dengan jumlah total email yang dikirim atau dikirimkan selama periode waktu tertentu, tetapi sebagian besar alat pemasaran email akan menghitung ini untuk kamu.

Engagement 

Tingkat pemahaman yang dapat kamu peroleh dari menganalisis bagaimana pelanggan berinteraksi dengan email-mu jauh lebih rinci dan bermakna daripada apakah mereka membukanya pada awalnya. 

Jika seorang penerima berinteraksi dengan email-mu, maka dapat yakin bahwa kamu sedang menuju ke arah pencapaian tujuan email marketing

Dalam content marketing, kita dapat mengukur berapa lama seorang pengguna menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan konten pada halaman web tertentu menggunakan Google Analytics

Dalam email marketing, panjang keterlibatan dengan konten email sama penting, dan semakin lama seorang pelanggan menghabiskan waktu membaca email kamu, semakin baik. 

Jenis wawasan seperti ini akan memungkinkan kamu menyesuaikan konten email-mu untuk menjamin keterlibatan maksimum.

Tingkatkan kinerja email marketing

Sekarang kamu tahu metrik email marketing mana yang harus dilacak untuk pertumbuhan dan keberhasilan yang berkelanjutan, mari kita lihat beberapa cara konkret untuk meningkatkan kinerja kamu.

  • Rutin membersihkan data pelanggan. Ini memastikan data tersebut up-to-date dan akurat. Hindari pentalan email yang menjengkelkan jika memungkinkan. Tetap terinformasi tentang masalah privasi data bagi pemasar.
  • Buat konten yang ringkas dan menggugah. Berpikir tentang audiens target kamu dan apa yang mereka inginkan atau butuhkan. Cobalah untuk melibatkan mereka dengan cara yang memberikan nilai, dan jangan lupakan personalisasi. 
  • Hindari spam. Berpikir tentang penggunaan pemformatan, bahasa, lampiran, dan gambar-mu. Jangan terlalu banyak kapitalisasi tanda seru. 
  • Segmenkan daftar pelanggan. Ini membuat kamu yakin bahwa kamu menargetkan audiens dengan cara yang relevan dan efisien untuk memaksimalkan keterlibatan.
  • Melakukan pengujian. Dari pengujian split pada garis subjek, tombol CTA, dan elemen desain hingga pengukuran berbagi dan klik, analitik memberi kamu platform untuk mencapai tujuan dan menyempurnakan kinerja-mu. 
  • Gunakan metrik email marketing yang relevan. Ini untuk menguji kinerja garis subjek dan teks preheader kamu. Gunakanlah marketing action word dan menggunakan emoji akan membantu membuat garis subjek-mu lebih menarik.


Email marketing menjadi salah satu cara terefektif dalam meningkatkan pemasaran. Ketahuilah beberapa Tips Menggunakan Email Marketing untuk Bisnis Anda.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER