Ada banyak model bisnis yang diterapkan dalam dunia e-commerce, salah satunya adalah affiliate marketing. Tetapi apakah benar kalau affiliate marketing merupakan model bisnis di dunia e-commerce yang cukup menjanjikan? 

 

Pengertian Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah model bisnis dengan menerapkan sistem pemberian komisi atas jasa seseorang, yang telah membantu memasarkan produk atau jasa dari suatu perusahaan penyelenggara. Pemberian komisi baru dilakukan jika orang tersebut berhasil memasarkan produk atau jasa Anda dalam jumlah tertentu.

 

Singkatnya, Anda sebagai pemilik perusahaan hanya perlu mencari orang-orang yang mau bekerja sama memasarkan produk atau jasa Anda dengan menerapkan affiliate marketing ini atau kerja sama pemasaran dan penjualan dalam bentuk pemberian komisi untuk jumlah yang telah disepakati bersama.

 

 

Affiliate Marketing: Model Bisnis di Dunia e-Commerce yang Cukup Menjanjikan

Umumnya, penerapan affiliate marketing melibatkan setidaknya tiga pihak, yaitu pemilik usaha, affiliate marketer atau pengiklan, dan konsumen. Ketiganya akan mendapatkan manfaat tertentu selama kegiatan pemasaran ini dilakukan. Lantas apa saja manfaatnya?

 

  1. Proses Mudah dan Modal Kecil

Jika Anda sebagai pemilik perusahaan yang ingin menerapkan affiliate marketing, yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah menyiapkan berbagai ketentuan yang nantinya menjadi pokok perjanjian kerja sama antara Anda dengan affiliate marketer. Proses kerja sama seperti ini jauh lebih mudah dan murah. Hanya dengan bermodalkan lembar perjanjian kerja sama, Anda bisa mendapatkan orang-orang yang siap membantu menjual dan memasarkan produk perusahaan Anda. 

 

Modal yang Anda butuhkan dalam penerapan affiliate marketing juga tidak banyak. Anda hanya butuh perangkat komputer, laptop, atau gadget, yang terhubung ke internet. Peralatan tersebut akan membantu Anda menyebarkan iklan rekrut affiliate marketer. Di saat yang sama, Anda juga bisa sekaligus memasang iklan terkait model bisnis ini dengan menyertakan iklan produk dan brand Anda. Promosi model seperti ini jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya memasang iklan di media cetak atau media elektronik lainnya. 

 

 

  1. Mampu Menjual Semua Produk

Pihak affiliate bisa saja menjual berbagai jenis produk asalkan mampu mempromosikannya dengan baik, bahkan bisa menjadi toko grosir yang menjual berbagai jenis barang secara lengkap kalau sudah menjadi rekan bisnis perusahaan besar. Hal ini membuat seorang pengiklan dapat memperoleh keuntungan lebih banyak dengan pemasaran segala macam barang ataupun jasa dari suatu perusahaan

.

  1. Tidak Repot Gaji Karyawan

Sebagai seorang affiliate, Anda dapat bekerja seorang diri tanpa harus memiliki karyawan sehingga Anda tidak perlu pula menyediakan dana untuk membayar gaji karyawan. Ini jelas sangat menguntungkan bagi Anda yang menerapkan model bisnis affiliate marketing ini. Keuntungan bisnis akan menjadi beberapa kali lipat lebih besar dibandingkan kalau Anda menjalankan bisnis dengan cara konvensional yang melibatkan banyak karyawan penjualan. 

 

  1. Keuntungan Jangka Panjang

Salah satu metode pemasaran afiliasi ini adalah menggunakan dunia digital di mana iklan dipasang dengan menyertakan link dengan target langsung ke halaman penjualan. Jika konversi dalam bentuk penjualan terjadi, pengiklan bisa langsung menikmati keuntungan. Selanjutnya, iklan yang terpasang di internet bisa mendatangkan konversi berkali-kali sehingga keuntungan jangka panjang pun bisa Anda dapatkan. 

 

 

Di saat yang sama, selain sebagai pemilik usaha yang menerapkan model bisnis ini, Anda juga bisa menjadi pengiklan untuk bisnis lain asalkan Anda bisa menyediakan wadah, entah berupa website atau media sosial yang telah dilengkapi dengan link affiliate

 

Anda bisa memperoleh banyak keuntungan, baik sebagai penyelenggara program affiliate marketing atau sebagai yang ikut dalam program ini. Pilihan apa pun yang Anda ambil, perhitungkan segalanya dengan matang. Affiliate marketing bisa jadi salah satu model bisnis yang menjanjikan di masa sekarang.