knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Menerapkan Social Media Marketing di Reddit, Twitch dan Quora

07 Nov  · 
3 min read
 · 
eye 4.626  
Digital Marketing

Menerapkan Social Media Marketing Di Reddit Twitch Dan Quora

Ketika membicarakan tentang marketing sosial media, pasti yang akan langsung terlintas di benak adalah platform raksasa, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Hal ini wajar karena pengguna platform tersebut sangat banyak, sehingga banyak tim marketing yang langsung berpindah ke sana untuk mempromosikan brand masing-masing. 

Lalu, bagaimana dengan platform lain yang mungkin kurang familiar, namun memiliki user yang lebih spesifik interest-nya?

Peluang Pemasaran di Reddit, Twitch, dan Quora

Seharusnya penerapan social media marketing tidak hanya terbatas pada platform besar saja. Ada peluang besar di platform seperti Reddit, Twitch, dan Quora yang ternyata kurang dimanfaatkan oleh banyak pemasar. 

Bagaimana peluang pemasaran di platform seperti Reddit, Twitch, dan Quora? Pertanyaan ini sering muncul setiap pertemuan tim marketing yang membahas pemasaran di media sosial

Walaupun beberapa platform bisa saja kurang populer di antara para marketer, namun ketiga platform tersebut ternyata worth it untuk dicoba. 

Hal ini karena ketiganya memiliki karakteristik unik yang memungkinkan Anda menjangkau audiens secara lebih spesifik 

Namun, apakah brand atau marketer bisa sukses saat menggunakan platform dengan niche tertentu untuk campaign marketing? Bagaimana hasilnya?

Apakah cara tersebut dapat membangun komunitas, berinteraksi dengan audiens, dan mengiklankan brand? Yuk, lanjutkan membaca artikelnya sampai selesai.

Mengapa Perlu Mempertimbangkan Reddit, Twitch, dan Quora Sebagai Media Pemasaran?

Reddit, Twitch, dan Quora adalah tiga platform yang mungkin masih kurang populer di antara para marketer. Namun ketiganya sebenarnya sangat menjanjikan. 

Sebab, penggunanya adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan pada suatu topik yang spesifik, sehingga lebih mudah menentukan marketing campaign yang lebih mendetail dan tepat sasaran.

Selain itu, baik Reddit, Twitch, maupun Quora memiliki basis pengguna yang sangat aktif dan cenderung membentuk komunitas yang kuat. 

Berdasarkan survei yang dilakukan socialmediatoday.com ditemukan beberapa hasil yang menarik mengenai ketiga platform ini, yaitu:

1. Jumlah Brand yang Sudah Menggunakan

Dibandingkan dengan major platform lainnya, apakah brand Anda aktif dalam Reddit, Twitch dan Quora? 

Jawaban untuk pertanyaan survei tersebut ternyata, 70% menjawab tidak dan 30% menjawab ya. Dari jawaban ini seharusnya sudah terlihat kalau ketiga platform ini sudah mulai dilirik oleh para marketer sebagai media marketing yang baru.

2. Platform yang Paling Memungkinkan untuk Social Media Marketing

Dari ketiga platform dengan niche spesifik ini (Reddit, Twitch, dan Quora) mana yang paling memungkinkan untuk digunakan dalam social media marketing

Koresponden menjawab 37% Reddit, 35% Twitch, dan 29% sisanya menjawab Quora. Wajar, mengingat Reddit tidak sekecil yang dibayangkan karena sudah memiliki ratusan juta pengguna. 

Hanya saja, jika dibandingkan dengan Facebook dengan dua miliar lebih pengguna, tentu Anda bisa paham mengapa Reddit disebut lebih kecil, bukan?

Mengenal Platform Reddit, Twitch, dan Quora

Mulai tertarik bermigrasi ke salah satu dari ketiga platform tersebut? Sebaiknya Anda berkenalan dulu dengan ketiganya. 

Berikut penjelasan singkat mengapa Reddit, Twitch dan Quora bisa menjadi platform yang tepat untuk menerapkan social media marketing.

1. Reddit

Reddit adalah tempat di mana komunitas yang penuh semangat beraksi. Dengan lebih dari 57 juta pengguna aktif harian pada tahun 2023, Reddit menjadi salah satu platform diskusi terbesar di dunia. 

Sekitar 82% pengguna mengatakan mereka percaya pada informasi yang ditemukan di Reddit dibandingkan platform lain.

Ya, Reddit memang belum memiliki pengguna berjumlah miliaran layaknya Instagram, Facebook atau TikTok. 

Akan tetapi, ada keunikan yang membuatnya tampak lebih istimewa dibanding media sosial besar lainnya. Salah satunya, engagement antar komunitas di dalamnya sangat tinggi. 

Kurang lebih sebanyak 430 juta pengguna tersebar dalam kurang lebih 130 ribu komunitas hobi. Orang-orang akan memilih Reddit untuk melakukan explore dan menemukan topik serta komunitas yang menarik bagi mereka.

Apabila target pasar Anda memiliki ketertarikan yang unik, maka dianjurkan untuk mengeksplorasi Reddit dan lihatlah siapa tahu di sana sudah ada komunitas yang satu niche dengan produk maupun brand Anda. 

Dalam komunitas tersebut, brand Anda bisa bergabung dan berperan aktif. Bahkan, Anda juga bisa memasang iklan di Reddit ads, sehingga memudahkan menjangkau target market yang Anda inginkan.

2. Twitch

Pecinta game pasti tahu situs populer yang satu ini. Twitch dikenal sebagai platform di mana penggunanya akan melakukan live streaming serta merupakan komunitas online. 

Mayoritas dari komunitas yang ada di Twitch adalah orang yang tertarik pada dunia game, dunia hiburan, olahraga, dan juga musik.

Saat ini, Twitch memiliki lebih dari 140 juta pengguna aktif bulanan, dan rata-rata pengguna menghabiskan 95 menit per hari di platform ini.

Tentunya, Twitch sangat layak Anda pertimbangkan sebagai platform yang memungkinkan Anda membangun interaksi secara langsung melalui live streaming.

Platform ini bahkan mengklaim diri mereka sendiri sebagai influencer marketing berbasis platform. 

Artinya, Anda akan sangat mudah menemukan influencer yang sesuai dengan kebutuhan Anda, serta menjalin kerja sama dengan mereka untuk mempromosikan brand

Bisa dikatakan, Twitch merupakan platform raksasa untuk komunitas e-sport yang mana dewasa ini begitu populer di tengah masyarakat, khususnya para remaja. 

Jadi apabila target audiens brand Anda adalah para gamers, maka tak perlu ragu lagi untuk mengeksplorasi platform yang satu ini.

3. Quora

Pada dasarnya, Quora ini kurang lebih mirip dengan Reddit, di mana para penggunanya saling berkomunikasi lewat chat atau kolom komentar yang terbuka. 

Hanya saja, yang menjadi perbedaan adalah tidak menekankan pada komunitas-komunitas seperti Reddit. 

Platform ini memberikan ruang untuk para penggunanya mengajukan pertanyaan tentang apapun, juga mendapatkan jawaban dari para pengguna lainnya.

Menurut data internal, lebih dari 300 juta pengguna aktif bulanan menggunakan Quora untuk mencari jawaban atas pertanyaan mereka.

Lalu ada 54% di antaranya memiliki penghasilan di atas rata-rata. Otomatis, platform bernama Quora ini sangat ideal untuk menjangkau target audiens dari kalangan profesional dan pengambil keputusan.

Lalu kalau dibandingkan dengan kedua platform lain, Quora bisa dibilang ruang terbaik untuk teknik marketing klasik, yakni B2B, atau brands to brands

Bahkan di sana banyak brand yang mencantumkan B2B marketing guide dalam situs bisnis mereka. Untuk Anda yang masih bingung dengan hal ini, bisa langsung menuju Quora untuk mendapatkan jawabannya.

 

Satu hal yang sama dari ketiga platform yang telah disebutkan di atas adalah Anda tetap memerlukan riset sebelumnya. 

Pastikan Anda mengetahui target pasar yang sedang dicari dan sesuaikan dengan perilaku para pengguna ketiga platform tersebut. Kemudian buatlah digital campaign yang sesuai.

Anda juga bisa mengajak digital marketing agency Jakarta seperti Redcomm untuk menyelenggarakan campaign yang tepat sasaran di dunia digital. 

Misalnya menyelenggarakan kampanye berbasis strategi digital marketing, pengelolaan ads, kerja sama dengan influencer atau KOL management, dan sebagainya. Yuk, langsung saja hubungi Kontak Redcomm untuk mendiskusikan hal ini lebih lanjut.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER