3. Kombinasikan Promosi Offline dan Promosi Online
Tujuan dari promosi di media sosial bisa untuk mempengaruhi dan mendorong pelanggan melakukan pembelian produk secara online.
Namun di saat yang sama, Anda bisa mengkombinasikan antara promosi online dengan kunjungan ke toko offline untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih baik sekaligus merasakan layanan ekslusif yang Anda tawarkan.
Contoh, Anda melakukan promosi suatu produk di akun media sosial bisnis. Di dalam promosi tersebut juga disebutkan bahwa ada promosi potongan harga tertentu dan hadiah menarik tambahan bagi pelanggan yang melakukan pembelian di toko terdekat pada hari dan jam yang ditentukan.
Dengan cara ini, pelanggan yang tertarik akan berusaha mendapatkan penawaran menarik tersebut dengan berkunjung ke toko offline.
Jangan lupa, lakukan konversi dalam bentuk lain, misalnya meminta pelanggan yang datang ke toko untuk menjadi member atau mengisi data pelanggan. Kelak, data tersebut bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi lain yang jauh lebih menarik.
4. Dapatkan Review Positif
Kekuatan review produk di media sosial sangat besar dampaknya untuk bisnis yang ingin membangun kredibilitas online.
Ada cukup banyak survei yang telah dilakukan dan menemukan fakta bahwa hampir 90 persen konsumen akan mencari dan membaca review terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian produk.
Ketika banyak ulasan atau review pelanggan bernada positif dan mengatakan produk Anda bagus, maka besar kemungkinan pelanggan akan membeli produk Anda. Sebaliknya, review negatif sangat berbahaya dan bisa membuat minat orang terhadap produk Anda jadi berkurang.
Seperti halnya rekomendasi dari mulut ke mulut, begitu pula cara kerja review dari pelanggan yang pernah membeli dan menggunakan produk.
Oleh karena itu, doronglah pelanggan yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk Anda untuk memberi tanggapan atau review positif, baik di media sosial atau dalam bentuk komentar di media sosial bisnis dan website Anda.
Sementara jika ada review negatif, tanggapilah dengan profesional atau tawarkan pengganti untuk menebus kekecewaan pelanggan, entah dalam bentuk pengembalian dana, pemberian voucher diskon, atau penggantian produk.
5. Gunakan Visual yang Menarik
Foto, gambar, atau tampilan visual lainnya bisa meningkatkan ketertarikan calon pelanggan pada iklan yang Anda tayangkan di media sosial, bahkan bisa memperbesar potensi pelanggan melakukan pembelian.
Untuk itu, buatlah konten promosi dan iklan menggunakan kombinasi foto atau gambar berkualitas bagus. Sesekali, boleh juga menayangkan video yang unik. Jangan lupa, sertai dengan keterangan produk yang detail pada caption.