MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Rahasia Pemasaran Melalui Media Sosial

05 Jan  · 
2 min read
 · 
eye 3.978  
Social Media

redcomm

Di era digital seperti saat ini, hampir semua orang menggunakan media sosial untuk berinteraksi, mendapatkan hiburan, mencari informasi, hingga berbelanja. Maka sangat sayang kalau Anda tidak memanfaatkannya untuk kegiatan promosi dan pemasaran. Pelajari rahasia sukses pemasaran di media sosial dalam artikel Redcomm Knowledge kali ini.

7 Tips Promosi dan Pemasaran di Media Sosial

Media sosial adalah alat pemasaran yang sempurna untuk memperluas jangkauan pelanggan secara organik. Untuk mencapai hal tersebut, Anda perlu menerapkan strategi social media marketing yang tepat sasaran. Berikut tipsnya: 

1. Kenali Kebutuhan Target Audiens

Agar promosi dan pemasaran di media sosial memberi hasil maksimal, Anda perlu mengenali kebutuhan target audiens dengan baik. Untuk itu, cari tahu dulu siapa target audiens yang mau Anda bidik, minat dan kebutuhan utama mereka.

Selain itu, analisis juga data demografi audiens, daya beli, termasuk perilaku online mereka dalam berinteraksi dan berbelanja.

Dengan memahami kebutuhan serta preferensi audiens, Anda bisa menyesuaikan konten dan pesan pemasaran yang lebih relevan, menarik, dan sesuai dengan apa yang audiens butuhkan.

2. Gunakan Dinamika Facebook Ads

Anda bisa memanfaatkan dinamika Facebook ads. Caranya, tautkan akun media sosial bisnis langsung ke halaman produk, baik di akun itu sendiri, di website resmi milik brand, atau ke e-commerce

Memanfaatkan dinamika Facebook ads ini memungkinkan Anda berkreasi dalam menyusun dan menerapkan konsep iklan yang lebih kreatif berdasarkan segmentasi pasar yang disesuaikan dengan produk atau layanan bisnis.

3. Kombinasikan Promosi Offline dan Promosi Online

Tujuan dari promosi di media sosial bisa untuk mempengaruhi dan mendorong pelanggan melakukan pembelian produk secara online

Namun di saat yang sama, Anda bisa mengkombinasikan antara promosi online dengan kunjungan ke toko offline untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih baik sekaligus merasakan layanan ekslusif yang Anda tawarkan. 

Contoh, Anda melakukan promosi suatu produk di akun media sosial bisnis. Di dalam promosi tersebut juga disebutkan bahwa ada promosi potongan harga tertentu dan hadiah menarik tambahan bagi pelanggan yang melakukan pembelian di toko terdekat pada hari dan jam yang ditentukan. 

Dengan cara ini, pelanggan yang tertarik akan berusaha mendapatkan penawaran menarik tersebut dengan berkunjung ke toko offline.

Jangan lupa, lakukan konversi dalam bentuk lain, misalnya meminta pelanggan yang datang ke toko untuk menjadi member atau mengisi data pelanggan. Kelak, data tersebut bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi lain yang jauh lebih menarik.

4. Dapatkan Review Positif

Kekuatan review produk di media sosial sangat besar dampaknya untuk bisnis yang ingin membangun kredibilitas online

Ada cukup banyak survei yang telah dilakukan dan menemukan fakta bahwa hampir 90 persen konsumen akan mencari dan membaca review terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian produk.

Ketika banyak ulasan atau review pelanggan bernada positif dan mengatakan produk Anda bagus, maka besar kemungkinan pelanggan akan membeli produk Anda. Sebaliknya, review negatif sangat berbahaya dan bisa membuat minat orang terhadap produk Anda jadi berkurang.

Seperti halnya rekomendasi dari mulut ke mulut, begitu pula cara kerja review dari pelanggan yang pernah membeli dan menggunakan produk. 

Oleh karena itu, doronglah pelanggan yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk Anda untuk memberi tanggapan atau review positif, baik di media sosial atau dalam bentuk komentar di media sosial bisnis dan website Anda.

Sementara jika ada review negatif, tanggapilah dengan profesional atau tawarkan pengganti untuk menebus kekecewaan pelanggan, entah dalam bentuk pengembalian dana, pemberian voucher diskon, atau penggantian produk.

5. Gunakan Visual yang Menarik

Foto, gambar, atau tampilan visual lainnya bisa meningkatkan ketertarikan calon pelanggan pada iklan yang Anda tayangkan di media sosial, bahkan bisa memperbesar potensi pelanggan melakukan pembelian.

Untuk itu, buatlah konten promosi dan iklan menggunakan kombinasi foto atau gambar berkualitas bagus. Sesekali, boleh juga menayangkan video yang unik. Jangan lupa, sertai dengan keterangan produk yang detail pada caption.

6. Pilih Platform Sesuai Target Audiens

Ada banyak platform media sosial yang dapat Anda gunakan untuk kepentingan promosi dan pemasaran, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, hingga TikTok. 

Anda tidak harus menggunakan semua platform media sosial, namun pilihlah platform yang paling banyak digunakan oleh target audiens dan yang sesuai dengan value produk Anda. 

Terlalu banyak menggunakan platform media sosial hanya akan berdampak pada kurangnya fokus dalam pengelolaan dan produksi konten yang berkualitas.

7. Konsisten Posting Konten Berkualitas

Memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan engagement pada akhirnya bergantung pada konsistensi dan kualitas konten yang Anda posting. Untuk itu, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Postinglah pada waktu terbaik, yaitu sekitar pukul 8:00 hingga 9:00 pagi. Pada jam istirahat kerja sekitar pukul 13:00 hingga 14:00. Kalau ingin posting sore hari, maka lakukan di jam 16:00 hingga 19:00.
  • Buatlah jadwal posting dan kalender konten media sosial. Jadwal ini akan membantu Anda untuk menayangkan konten secara teratur dan konsisten. Dengan cara ini, Anda dapat membangun ekspektasi dan keterlibatan mereka. 
  • Jangan hanya berfokus pada kuantitas posting, tetapi juga perhatikan kualitasnya. Pastikan konten yang Anda bagikan relevan, menarik, dan bermanfaat bagi audiens. 
  • Jika masih belum memiliki pengalaman, Anda bisa berkonsultasi dengan tim digital agency profesional, seperti digital agency Jakarta, atau digital marketing agency Indonesia. 


Nah, Anda sudah paham rahasia sukses pemasaran di media sosial. Terapkan semua cara di atas, kemudian lakukan analisis hasilnya untuk tahu apakah cara tersebut sudah memberi dampak positif atau belum. Jika belum, tak ada salahnya, Anda juga menerapkan Cara Memulai Social Media Marketing untuk UKM atau Panduan Lengkap Social Media Marketing Terbaru.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER